Cara Mengatasi Diabetes

Cara Mengatasi Diabetes

Cara Mengatasi Diabetes

Diabetes memang bukan penyakit yang bisa disembuhkan. Namun bukan berarti Anda jadi merasa putus asa. Jika Anda memiliki diabetes, bukan berarti Anda tidak bisa lagi tertawa bersama teman-teman atau keluarga. Anda masih bisa menonton film di setiap hari minggu atau pergi ke suatu tempat yang menyenangkan tanpa rasa khawatir. Kuncinya hanya satu, Anda hanya perlu menjaga tingkat gula darah Anda. Apa yang bisa Anda lakukan sehari-hari sebagai cara mengatasi diabetes ?

 

Bagaimana Cara Mengatasi Diabetes Sehari-hari?

Awalnya mungkin akan terasa sulit ketika dokter mengatakan bahwa Anda memiliki diabetes. Anda akan merasa dipusingkan oleh pengobatan dan perawatan yang harus Anda lakukan agar gula darah Anda tetap normal.

Tenang saja, Anda tidak sendirian, ada keluarga, teman, tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan ahli gizi yang akan membantu Anda. Bawa satu atau dua anggota keluarga Anda ketika melakukan pemeriksaan secara berkala. Pastikan Anda memahami segala hal yang perlu Anda ketahui tentang cara mengatasi diabetes Anda seperti yang berikut ini:

 

  1. Makan makanan sehat

Sebenarnya, makanan Anda hampir sama dengan semua orang yang tidak memiliki diabetes. Bedanya, makanan Anda lebih diatur dari mereka. Pola makan teratur yang sehat setiap harinya hampir sama dengan terapi nutrisi medis. Makan makanan sehat ini dimaksudkan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi, rendah lemak dan kalori sehingga bisa mengontrol kadar gula darah Anda.

Lalu apa keuntungan untuk diabetesi mengikuti pola makan makanan sehat yang teratur?

Anda bisa menjaga berat badan, menjaga kadar gula darah tetap normal, dan mencegah penyakit jantung yang rentan pada pasien diabetes, terlebih lagi ini bisa cara mengatasi diabetes Anda.

 

  1. Olahraga teratur

Mungkin Anda sudah terlalu sering mendengar dan bahkan merasa bosan jika olahraga baik untuk kesehatan Anda.  Namun, Anda memang tidak boleh meremehkannya, manfaat olahraga teratur untuk diabetesi adalah membantu menjaga berat badan turun, insulin bisa lebih mudah menurunkan gula darah, membantu jantung dan paru-paru bekerja lebih baik dan memberi Anda lebih banyak energi. Cara mengatasi diabetes ini bisa Anda lakukan dengan mudah.

Tidak usah yang terlalu berat Anda bisa mulai berjalan, berenang, bersepeda didekat rumah Anda, mengikuti kelas tari, rajin membersihkan rumah, atau mulai hobi berkebun adalah ide bagus supaya Anda tetap aktif bergerak.

Cobalah berolahraga minimal tiga kali seminggu selama sekitar 30 sampai 45 menit. Jika Anda adalah tipe orang yang jarang olahraga, cobalah 5 sampai 10 menit pada awal olahraga, dari sini nanti Anda bisa meningkatkan waktunya. Jika kadar gula darah Anda kurang dari 100-120, makanlah apel atau segelas susu sebelum Anda berolahraga. Saat Anda sedang berolahraga, bawalah makanan ringan agar gula darah Anda tidak turun.

 

  1. Tes gula darah Anda setiap hari

Pemantauan kadar gula darah secara rutin adalah cara mengatasi diabetes yang utama dan menjaga kadar gula darah Anda tetap normal. Pemeriksaan ini akan memberitahu Anda kadar glukosa darah Anda secara real time atau saat itu juga. Sebaiknya Anda memang memiliki alat untuk memeriksa kadar gula darah di rumah.

Tingkat gula darah pada tubuh mengalami perubahan, terutama sebelum dan setelah makan. Tingkat gula darah normal sebelum makan 70-130 mg/dL, sedangkan setelah delapan jam puasa seharusnya kurang dari 100 mg/dL. Kemudian, tingkat gula darah dua jam setelah makan seharusnya kurang dari 180 mg/dL dan menjelang tidur berkisar 100-140 mg/dL.

Jumlah kadar gula darah dapat menggambarkan kondisi kesehatan Anda. Kadar gula darah tinggi dianggap sebagai pertanda bahwa kondisi tubuh Anda sedang tidak sehat. Catat kadar gula darah setiap kali Anda memeriksa kadar gula darah.

 

  1. Pastikan Anda selalu minum obat atau suntik insulin

Meski diabetes tidak bisa disembuhkan, pendeteksian sejak dini memungkinkan kadar gula darah penderita diabetes bisa dikendalikan. Tujuan pengobatan diabetes adalah sebagai cara mengatasi diabetes, memertahankan keseimbangan kadar gula darah dan meminimalisasi risiko komplikasi.

 

 

 

Cara Mengatasi Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*