Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes

Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes

 

Cara Mengobati Luka Kaki DiabetesCara Mengobati Luka Kaki Diabetes – Karena luka kaki diabetes memang bisa sangat berbahaya. Karena luka kaki diabetes memang bisa sangat berbahaya dan patut untuk diwaspadai, maka ada baiknya anda mencegahnya, namun jika memang sudah terlanjur terkena penyakit luka kaki diabetes, maka perlu untuk perawatan luka diabetes. Oleh karena itu kali ini akan membahas mengenai Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes agar nantinya tidak menyebar dan bisa disembuhkan sedikit demi sedikit. Berikut ini adalah beberapa Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes :

 

  1. Mengontrol luka

Di dalam luka diabetes tentu saja terdapat dua jenis yaitu luka basah dan juga luka kering, di dalam penanganannya sendiri juga berbeda. Jika luka kering, maka sebaiknya dibalut dengan perban agar nantinya tidak terkena debu dan juga air agar bisa lebih cepat kering dan tidak menimbulkan infeksi. Namun jika luka diabetes tersebut basah, maka bisa sedikit diangin-anginkan sebentar agar terkena angin dan segera sembuh. Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes memang sangat penting agar luka tersebut bisa dipantau setiap saat agar nantinya juga tidak menimbulkan infeksi baru dan tidak semakin lebar serta menyebar ke jaringan yang lainnya. Untuk mengontrol luka diabetes sendiri bisa dilakukan sendiri, namun jika Anda belum berpengalaman dan kurang tahu cara atau langkah-langkahnya, maka sebaiknya rutin untuk dibawa ke dokter agar bisa ditangani dengan lebih baik.

  1. Menghentikan pendarahan

Jika luka kaki diabetes melitus tersebut basah dan juga mengalami pendarahan, maka Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes yang baik jika Anda menghentikan pendarahan tersebut dengan cara menekan luka yang menimbulkan darah tersebut dengan kain kasa steril sampai pendarahan tersebut berhenti.

  1. Menggunakan antiseptic

Penggunaan antiseptic ini merupakan Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes yang membantu Anda untuk membersihkan luka diabetes tersebut, karena di dalam luka kaki diabetes tersebut bisa terdapat virus dan bakteri yang bisa menginfeksi jaringan lain. Dengan penggunaan antiseptic nantinya akan bisa mencegah dan menghambat kuman serta virus dan bakteri berkembang dan menyebar ke jaringan yang lainnya.

  1. Membalut luka

Cara Mengobati Luka Kaki DiabetesJika luka kaki diabetes tersebut basah dan juga bernanah, maka harus sering dibersihkan agar nantinya bisa selalu bersih dan tidak terjadi penyebaran infeksi dari kuman dan bakteri. Bersihkan setiap hari dengan rivanol dengan menggunakan kain kasa steril jangan menggunakan kapas. Selain itu taburkan bubuk norit yang halus ke dalam luka tersebut kemudian balut lagi dengan kain kasa dan juga perban agar tertutup dan tidak terkena debu. Yang perlu diperhatikan adalah lakukan hal tersebut dengan rutin dan juga diperiksa setiap hari.

 

Luka kaki diabetes memang memberikan dampak yang sangat berbahaya, jika salah dalam penanganan dan tidak ditangani dengan baik maka bisa diamputasi. Oleh karena itu selain informasi tentang Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes, informasi tentang cara penanganan luka kaki diabetes juga sangat penting untuk diketahui. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes diabetes yang bisa Anda lakukan:

  1. Pada saat akan tidur, ada baiknya jika anda selalu dan rutin mencuci kaki anda dengan air hangat serta membersihkan sela-sela kaki. – Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes
  2. Menggunakan lotion untuk mencegah kaki agar tidak pecah-pecah dan tidak terlalu kering, namun pada sela-sela kaki usahakan untuk tidak menggunakan lotion karena sela-sela kaki merupakan salah satu daerah yang lembab.
  3. Jika ingin bepergian jauh dan menggunakan sepatu dan juga kaos kaki, maka sebaiknya menggunakan bedak terlebih dahulu agar nantinya kaki tidak terlalu lembab.
  4. Di dalam menggunting kuku, sebaiknya dengan lurus, hal tersebut untuk menghindari potongan kuku yang bisa menusuk kulit dan menimbulkan luka.
  5. Selalu menggunakan alas kaki seperti sandal saat bepergian, namun gunakan yang agak longgar jangan yang terlalu pas agar nantinya tetap ada sirkulasi udaranya.
  6. Setiap habis dipakai, maka seringlah mencuci kaos kaki, dan gunakan kaos kaki yang tidak terlalu ketat.   – Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes
  7. Pada saat udara sedang dingin dan juga kaki merasakan dingin, maka sebaiknya anda menggunakan kaos kaki sebagai penghangat.  – Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes
  8. Jangan terlalu lama untuk duduk bersila, hal tersebut karena dapat mengganggu sirkulasi darah dan kadang kala gerak-gerakan kaki agar sirkulasi darah menjadi kembali lancar.  – Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes
  9. Melakukan aktivitas fisik secara rutin dan teratur minimal setengah jam dalam satu hari.  – Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes
  10. Menjalankan pola hidup sehat dengan pola makan yang teratur dan terkontrol, rutin dan teratur berolahraga, menghindari rokok, tidak menkonsumsi gula secara berlebihan dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*