Cara Mengontrol Gula Darah

Cara Mengontrol Gula Darah

Cara Mengontrol Gula Darah

Cara Mengontrol Gula Darah – Banyak penderita diabetes merasa frustrasi ketika mereka mencoba untuk menjaga kadar gula darah di bawah kontrol. Setiap waktu, hari demi hari, gula darah dapat berfluktuasi, tinggi dan rendah, dan kehadirannya sulit untuk dapat diprediksi.

Bahaya terbesar bagi orang dengan diabetes adalah ketika glukosa darah terlalu tinggi, itu juga penting untuk mengambil tindakan bila glukosa darah sangat rendah. Olahraga teratur merupakan bagian penting dari mengelola diabetes Anda. Namun, olahraga saja tidak cukup membantu Anda dalam mengelola gula darah dalam rentang normal. Berikut adalah beberapa cara mengontrol gula darah yang bisa Anda lakukan agar tetap dalam kisaran normal, antara lain:

 

  1. Kenali tubuh Anda sendiri

Cara mengontrol gula darah yang pertama yaitu memperkirakan berapa banyak gula darah Anda akan naik atau turun dalam menanggapi suatu makanan yang akan dimakan itu tidak mudah. Tapi Anda bisa lebih baik memprediksi fluktuasi tersebut dengan menyelidiki bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap suatu makanan. Memonitor asupan makanan Anda, termasuk makanan favorit Anda sendiri, untuk satu atau dua minggu. Jika memungkinkan, periksa gula darah Anda sebelum dan setelah Anda makan. Catat dan simpan log dari hasilnya, tinjau ulang untuk mempelajari ketika gula darah Anda menanggapi sebuah makanan.

 

  1. Kenali gejala hiperglikemia

Cara mengontrol gula darah yang kedua yaitu teratur memantau kadar glukosa darah Anda dapat membantu menentukan periode hiperglikemia, dan belajar untuk mengenali gejala-gejala gula darah tinggi dapat membantu Anda mengambil tindakan lebih cepat. Gejala umum termasuk rasa haus meningkat, mulut kering, sering atau buang air kecil meningkat, pandangan kabur, dan kelelahan.

 

  1. Menghitung karbohidrat

Cara Mengontrol Gula DarahLonjakan glukosa darah kadang-kadang terjadi karena kita makan lebih banyak daripada yang kita rencanakan. Cara mengontrol gula darah untuk mengatasinya, tulis dengan teliti kalori dan asupan karbohidrat selama satu minggu. Kemudian, gunakan log hasil untuk membantu mengidentifikasi makanan apa atau waktu kapan Anda cenderung makan berlebihan. Pelacakan asupan Anda juga dapat membantu Anda mendapatkan pegangan pada ukuran porsi yang benar.

 

  1. Tetap fokus pada asupan serat

Makanan yang menyebabkan gula darah meningkat tajam adalah makanan karbohidrat sederhana atau mengandung gula sederhana karena mereka cepat dicerna. Ini mungkin termasuk roti putih, nasi putih, roti kemasan, makanan olahan, soda manis, dan banyak lagi. Cara mengontrol gula darah untuk menjaga gula darah stabil, hindari makanan ini dan fokus pada makanan tinggi serat seperti sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Serat membutuhkan waktu lebih lama untuk melewati tubuh dan dapat membantu menjaga gula darah normal dan stabil.

 

  1. Keluarkan keringat

Jika kadar glukosa Anda tinggi setelah makan maka cara mengontrol gula darah yang baik yaitu pergi ke luar sebentar untuk jalan sehat mengeluarkan keringat. Bergerak hanya 30 menit setelah makan dapat membantu membakar glukosa ekstra dari makanan. Jika Anda memiliki diabetes tipe 1, perlu diingat bahwa sebelum berolahraga, Anda harus memeriksa urine Anda untuk keton dengan pengujian strip.

Keton adalah bahan kimia tubuh yang dihasilkan dari pembakaran lemak. Jika Anda mendeteksi keton dalam urin, berarti gula darah Anda pada lebih dari 300, jangan berolahraga karena akan membuat lonjakan gula darah yang lebih tinggi

 

  1. Rencanakan esok pagi hari

Jika gula darah Anda cenderung tinggi di pagi hari, Anda tidak sendirian. Perubahan hormonal pada pagi hari secara alami menyebabkan kadar gula darah meningkat. Jika glukosa darah puasa Anda terlalu tinggi, berbicara dengan dokter Anda. Obat Anda mungkin perlu disesuaikan.

 

  1. Perhatikan Insulin Anda

Jika Anda menggunakan insulin, berbicara dengan dokter tentang dosis. Cara mengontrol gula darah tanyakan untuk tahu apakah dosis pra-makan Anda cukup untuk jumlah karbohidrat yang akan Anda makan. Jika masalah tetap muncul meski setelah menyesuaikan obat, diskusikan masalah ini dengan dokter Anda tentang bagaimana menghitung dosis yang tepat dan kapan harus menggunakannya.

 

Demikianlah beberapa cara mengontrol gula darah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan juga untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh Anda. Jika Anda tidak yakin untuk melakukannya sendiri, maka konsultasikanlah dengan dokter terpercaya Anda. Semoga bermanfaat…

 

 

 

Cara Mengontrol Gula Darah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*