Cara Menyuntik Insulin yang Benar

Cara Menyuntik Insulin yang Benar

Cara Menyuntik Insulin yang Benar

Mempertimbangkan tentang bagaimana cara menyuntik insulin yang benar akan menentukan keberhasilan Anda dalam merawat dan mengelola penyakit diabetes melitus. Secara teori, kesuksesan seorang diabetesi tipe 1 atau 2 dalam mengelola gula darah mereka adalah tergantung dari tingkat pengalaman dalam pengaturan insulin secara benar dan terkontrol, dan ini mungkin membutuhkan waktu untuk belajar.

Insulin ekstra yang disuntikkan harus tepat dosis dan jenis, tepat waktu, pemilihan situs atau lokasi suntik yang tepat, dan teknik serta cara suntik yang benar. Berikut adalah panduan tentang tips dan cara menyuntik insulin yang benar secara mandiri, cepat, tepat dan akurat

 

  1. Siapkan peralatan dan bahan

Cara menyuntik insulin yang benar pertama yaitu persiapan peralatan dan bahan itu meliputi : kapas, alkohol 70%, alat suntik dan insulin. Semua peralatan dan bahan sebaiknya diletakkan dalam satu wadah. Jika Anda berada di rumah, lebih baik memilih sabun anti kuman dan air hangat untuk sterilisasi situs suntik ketimbang Anda menggunakan kapas dan alkohol. Penggunaan alkohol mungkin diperlukan di lain waktu ketika Anda berada di luar rumah.

Untuk dosis insulin, Anda harus mengonsultasikan ke dokter sebab tiap orang berbeda dosisnya. Pilihlah jenis insulin yang akan Anda gunakan dengan meilhat kemasan insulin, apakah jenis insulin reaksi cepat, lambat atau menengah.

Jangan menggunakan insulin yang dingin. Jika Anda mengambil insulin dari kulkas, biarkan hingga 25 – 30 menit ke depan agar insulin mendapat suhu kamar dan hangat. Ini sangat penting karena memengaruhi tingkat penyerapan insulin ke tubuh dan mencegah rasa sakit.

 

  1. Mengambil insulin

Cara menyuntik insulin yang benar kedua yatiu ambil jarum suntik Anda, tentukan target dosis insulin yang akan diambil. Tarik plunger untuk mengambil udara yang disesuaikan atau digambarkan dengan jumlah dosis insulin.

Tujuannya, untuk memudahkan Anda saat mengambil insulin dari wadah. Sebab, kemasan insulin dibuat dengan ruang vakum. Jika Anda tidak mengambil udara, Anda akan kesulitan saat mengambil insulin dari kemasan. Selain itu, cara menyuntik insulin yang benar ini akan mempermudah Anda saat mengambil dosis insulin dengan cepat dan tepat.

Campur insulin agar homogen dengan menggulung-gulungkan wadah dengan telapak tangan. Jangan dikocok. Bersihkan vial tutup kemasan insulin dengan alkohol dan biarkan kering.

Masukkan jarum ke dalam kemasan insulin, tarik plunger untuk mengambil insulin. Saat memasukkan jarum suntik, pastikan wadah insulin dengan posisi terbalik. Teknik ini dilakukan untuk menghindari gelembung udara dan mempercepat pengambilan insulin.

 

  1. Tentukan situs atau lokasi target suntik

Sebenarnya, tak ada tempat atau lokasi khusus terkait situs penyuntikan. Cara menyuntik insulin yang benar Anda boleh menyuntikkan insulin dimana saja. Yang penting, Anda memilih lokasi dimana itu terdapat lemak sub kutan. Akan tetapi, kebanyakan jaringan lemak muncul di lengan bawah, bagian bawah perut, atau pangkal kaki bagian atas. Ketiga situs ini adalah lokasi yang tepat dan mudah dijangkau.

Lokasi penyuntikan harus berputar dan berpindah-pindah dengan diberi jangka waktu hingga 2 minggu. Selain menyakitkan, akan menimbulkan jaringan parut jika Anda menyuntikkan insulin pada area yang sama dalam beberapa waktu.

 

  1. Lakukan menyuntikkan insulin secara tepat

Setelah Anda mengambil insulin dari kemasan, pastikan tak ada gelembung yang muncul di bagian dalam tabung suntik. Jika muncul gelembung, tekan plunger ke arah atas agar gelembung dapat keluar. Jika masih terdapat gelembung namun kecil, ini tidak membahayakan kesehatan Anda ketimbang Anda memaksa untuk mengeluarkan gelembung kecil namun mengurangi dosis insulin.

Cara menyuntik insulin yang benar berikut bersihkan area situs suntik dengan kapas dan alkohol, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan air hangat dan sabun anti kuman. Biarkan kulit Anda mengering sebelum mulai menyuntikkan insulin. Cubit atau jepit area lokasi suntik dengan ibu jari dan jari-jari anda, kemudian tarik ke atas. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko intra muskular (jarum masuk hingga melewati otot).

Cara menyuntik insulin yang benar masukkan perlahan jarum suntik dengan kemiringan tegak lurus atau 90 derajat. Kemiringan jarum suntik 45 derajat hanya untuk orang kurus atau anak-anak. Jangan teralu menekan jarum dengan berlebihan agar jarum tidak masuk ke otot. Masukkan insulin secara perlahan dengan menekan plunger. Jangan melepaskan jepitan tangan Anda sebelum semua dosis insulin masuk ke dalam kulit. Jangan mengubah arah jarum suntik sebelum semua insulin masuk ke jaringan kulit. Ambil waktu hingga 10 detik setelah insulin masuk sebelum Anda melepaskan jepitan.

Setelah selesai, goyangkan area bekas suntikan dengan ujung jari Anda untuk menghindari darah atau insulin yang keluar akibat arus balik.

 

  1. Buang jarum bekas suntikan

Jangan menggunakan kembali jarum bekas. Ini akan menimbulkan sensasi rasa sakit dan kemungkinan resiko infeksi akan muncul jika anda menggunakan jarum bekas kembali. Buanglah jarum di wadah khusus yang aman dan ini disediakan di apotik.

 

 

 

Cara Menyuntik Insulin yang Benar

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*