was successfully added to your cart.

Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda

By May 24, 2018 Mengobati Diabetes
Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda

Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda

 

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian. Karena itulah penyakit diabetes disebut juga dengan penyakit mematikan dan ditakuti banyak orang. Penyakit ini bisa menyerang usia berapapun. Sebenarnya semua orang rentan terkena penyakit ini, bahkan bayi di dalam kandungan pun juga berisiko terkena diabetes. Meski berbahaya, diabetes bisa dicegah dengan beberapa cara agar Anda tidak terkena penyakit tersebut.Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda

Diabetes kini mulai menyerang anak muda. Tidak dipungkiri bahwa gaya hidup anak muda saat ini tergolong kurang sehat. Seringnya mengkonsumsi junk food, makanan berlemak, minuman bersoda, dan memiliki aktivitas yang super padat membuat risiko terkena diabetes semakin tinggi. Diabetes yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan komplikasi dan memunculkan berbagai penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan, gagal ginjal, stroke dan lain sebagainya.

 

Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda

 

Umumnya anak muda tidak merasakan adanya gejala diabetes melitus, karena kurang memperhatikan kondisi tubuhnya. Beberapa gejala ringan yang umum dialami penderita diabetes adalah mudah lapar, mudah haus, dan sering buang air kecil. Anak muda perlu mengenali ciri-ciri seseorang terkena diabetes agar dapat terdeteksi secepat mungkin. Bagaimana ciri-cirinya? Berikut ini adalah ciri-ciri diabetes di usia muda:

 

  1. Sering Buang Air Kecil

Penderita diabetes akan mengalami buang air kecil yang lebih sering dari orang normal. Hal ini terjadi karena insulin tidak dapat menyerap banyaknya glukosa, dan ginjal tidak dapat menyaring glukosa untuk kembali ke darah. Ketika hal tersebut terjadi, ginjal akan menghancurkan glukosa dengan cara menarik tambahan air dari darah sehingga kantung kemih akan cepat penuh.

 

  1. Sering Haus

Ciri-ciri diabetes di usia muda yang kedua adalah sering merasakan haus. Kondisi ini disebabkan karena cairan banyak yang terbuang ketika buang air kecil yang terlalu sering. Akibat dari hal tersebut tubuh lebih banyak membutuhkan cairan untuk menukar cairan yang hilang.

 

  1. Sering Lapar

Sering merasakan lapar memang hal yang biasa dialami oleh setiap orang, namun jika sering merasakan lapar secara berlebihan, hal tersebut perlu diwaspadai. Sering merasa lapar atau nafsu makan bertambah secara tidak wajar merupakan ciri-ciri diabetes di usia muda yang mengidap diabetes.

 

  1. Berat Badan Semakin Menurun

Jika mengalami berat badan yang semakin lama semakin menurun, sebaiknya waspada dan segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Menurunnya berat badan secara terus menerus merupakan ciri-ciri diabetes di usia muda yang terkena diabetes. Berat badan semakin berkurang karena pankreas tidak memproduksi insulin, sehingga sel tidak bisa menyerap glukosa. Ketika hal tersebut terjadi maka lemak akan dipecah untuk menghasilkan energi yang akhirnya mengakibatkan berat badan menurun.

 

  1. Mudah Mengantuk

Biasanya penderita diabetes lebih mudah mengantuk. Rasa kantuk akan semakin terasa ketika pagi sampai siang hari antara pukul 10-12 siang. Jika dibuat istirahat, maka diabetes akan semakin parah karena gula darah akan semakin bertambah.

 

  1. Mudah Lelah

Mudah lelah tidak hanya dialami oleh penderita diabetes, namun penderita anemia juga mengalami hal yang sama. Kurangnya glukosa yang bisa diserap oleh sel mengakibatkan kurangnya produksi energi. Hal ini menyebabkan penderita diabetes mudah lelah.

 

  1. Luka Sulit Sembuh

Umumnya penderita diabetes akan mengalami proses penyembuhan luka yang cukup lama. Jika tidak segera mendapat penanganan tepat, maka kondisi akan semakin parah. Luka yang tidak kunjung sembuh akan menyebabkan infeksi dan pada banyak kasus akan berakhir pada amputasi.

 

  1. Penyakit Kulit

Diabetes dapat menimbulkan penyakit kulit seperti kulit bersisik, gatal, dan iritasi. Penyakit kulit ini terjadi karena sirkulasi darah tidak berjalan dengan baik dan kelenjar keringat mengalami disfungsional.

 

  1. Infeksi Jamur

Biasanya infeksi jamur dialami oleh wanita yang mengidap diabetes. Infeksi jamur akan menyerang bagian mulut seperti sariawan dan bagian vagina. Selain itu kondisi tersebut juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

 

  1. Infeksi Gusi

Beberapa penderita diabetes juga akan mengalami infeksi pada gusi yang bisa dilihat pada perubahan warna gusi menjadi merah dan terjadi iritasi serta pembengkakan pada gusi.

 

  1. Pusing dan Mual

Biasanya penderita diabetes akan merasakan pusing yang disertai dengan rasa mual. Jika sering mengalami hal ini, maka Anda harus lebih berhati-hati dan segera memeriksakan diri.

 

  1. Bau Mulut

Tubuh yang mengalami dehidrasi akan membuat mulut menjadi kering. Kekeringan pada mulut akan menyebabkan bau mulut. Selain karena dehidrasi, bau mulut juga disebabkan karena efek proses lemak yang dibakar menjadi energi.

 

  1. Kaki Membengkak

Jika Anda mengalami pembengkakan kaki lebih besar dari ukuran biasanya, sebaiknya hal tersebut patut dicurigai. Namun selain dialami oleh penderita diabetes, pembengkakan pada kaki juga dialami oleh penderita penyakit jantung, jadi diperlukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi kesehatan Anda yang sebenarnya.

 

Agar cepat terdeteksi, tidak perlu menunggu ciri-ciri diabetes di usia muda seperti di atas muncul. Sebaiknya lakukan pemeriksaan sedini mungkin agar cepat mendapatkan penanganan medis. Beberapa ciri-ciri diabetes di usia muda diatas tidak hanya dialami oleh penderita diabetes. Melakukan pemeriksaan adalah cara terbaik untuk memastikan kondisi tubuh Anda secara tepat. Alangkah lebih baik lagi jika kita melakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak terserang penyakit diabetes. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes seperti di bawah ini.

 

 

Demikian pembahasan mengenai ciri-ciri diabetes di usia muda dan pencegahan yang harus dilakukan agar terhindar dari penyakit diabetes. Semoga bermanfaat.

 

 

Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)