Ciri Ciri Penyakit Diabetes Mellitus

Ciri Ciri Penyakit Diabetes Mellitus

Ciri Ciri Penyakit Diabetes Mellitus

Ciri Ciri Penyakit Diabetes Mellitus

Ciri Ciri Penyakit Diabetes Mellitus -Pemahaman yang cukup akan penyakit diabetes, khususnya pemahaman akan ciri-ciri penyakit diabetes sangatlah penting. Hal ini karena nantinya pemahaman tersebut akan berdampak pada menurunnya resiko diabetes. Dengan memahami ciri-ciri penyakit diabetes tentunya akan lebih mudah bagi seseorang untuk melakukan pencegahan terhadap diabetes. Atau bagi yang sudah terlanjur didiagnosa menderita diabetes, penanganan medis dapat segera dilakukan setelah mengenali ciri-ciri penyakit diabetes, maka hendaknya anda segera membenahi diri dengan cara menjadi lebih aktif dalam hal mencari informasi yang mengenai cirri-ciri penyakit diabetes tersebut.

Diabetes melitus atau sering disebut kencing manis bisa diartikan terdapatnya glukosa dalam air kencing seseorang. Hal ini terjadi karena glukosa dalam darah tidak dicerna oleh tubuh karena tubuh kekurangan insulin.

Ciri Ciri Penyakit Diabetes Mellitus

Diabetes melitus merupakan penyakit yang memerlukan upaya penanganan yang tepat dan serius. Jika tidak dilakukan penanganan dengan cermat, dampak dari penyakit diabetes melitus dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit serius lainnya antara lain : jantung, stroke, disfungsi ereksi, gagal ginjal dan kerusakan sistem saraf.

Diabetes mellitus tidak serta merta datang menyerang, namun semuanya dimulai perlahan dengan beragam gejala. Sebelum didiagnosa oleh dokter menderita kencing manis, penderita akan melalui fase normal terlebih dahulu, kemudian ke pra-diabetes baru akhirnya dinyatakan sebagai penderita. Maka dari itu, hendaknya kita mewaspadai jika menemukan ciri ciri penyakit diabetes berikut pada diri kita atau anggota keluarga kita:

Ciri ciri orang yang terkena penyakit diabetes melitus, antara lain :

  • Buang air kecil terlalu sering ciri ciri penyakit diabetes
  • Terserang rasa haus yang berkepanjangan ciri ciri penyakit diabetes
  • Berat badan turun tanpa penyebab yang jelas ciri ciri penyakit diabetes
  • Merasa cepat lelah, lemas dan mengantuk
  • Sering mengalami kesemutan di bagian kaki serta tangan.
  • Pandangan menjadi kabur ciri ciri penyakit diabetes
  • Kulit terasa kering dan gatal ciri ciri penyakit diabetes
  • Sering menderita infeksi pada kulit, gusi serta saluran kencing.
  • Apabila mengalami luka berdarah sulit atau butuh waktu lama untuk bisa sembuh.

Ciri ciri penyakit diabetes melitus lainnya yang dapat diungkapkan adalah tidak adanya pertumbuhan rambut di daerah distal, kuku-kuku yang menebal, lesi-lesi kulit nekrotik yang berukuran kecil dan daerah cekung karena artrofi jaringan subkutan sebagai akibat ulserasi mengarah kepada penyakit arteri kecil yang merupakan ciri khas dari penyakit diabetes melitus. Ciri-ciri dan distribusi lesi yang lambat menyembuh dan riwayat diabetes yang sudah lama mengarah kepada diagnosis tersebut.

Seiring bertambahnya usia dan penyakit diabetes yang terus dijalani dan berkembang. Penyakit diabetes kemudian menunjukkan ciri-ciri penyakit diabetes yang mudah dikenali dan ciri ini sangat ditakuti oleh banyak penderita diabetes.

Ciri ciri penyakit diabetes melitus yang banyak ditakuti oleh para penderita diabetes melitus adalah timbulnya luka tau gangren yang menyebabkan bentuk lesi kulit mudah terpapar infeksi dn menimbulkan luka yang melebar dan terkadang timbul bau busuk yang keluar dari luka dan kemudian darah luka penderita penyakit diabetes melitus ini terlihat tidak biasa yakni merah kehitaman dan luka atau gangren yang ditimbulkan dari penyakit diabetes melitus ini umumnya jumlahnya lebih dari satu dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya yang merupakan jaringan tempat dimana terkumpulnya dan akumulasi dari kadar gula darah atau glukosa yang menumpuk.

Ketika menemukan ciri ciri penyakit diabetes tersebut di atas, maka kita patut waspada. Kebanyakan kasus diabetes yang terjadi merupakan akibat dari ketidaktahuan dan ketidakpedulian penderita akan gejala atau ciri-ciri penyakit diabetes awal tersebut, padahal ketika tanda tersebut sudah muncul kita diwajibkan untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat sebelum semuanya terlambat.

Apabila kita menemukan berbagai ciri ciri penyakit diabetes tersebut, maka hal pertama yang mesti dilakukan adalah mengunjungi dan memeriksakan keadaan kita ke dokter. Kita juga harus mulai untuk merubah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih baik.

Ciri ciri penyakit diabetes lanjutan yang mengakibatkan komplikasi

  • Ganguan Penglihatan

Gangguan penglihatan terjadi akibat masuknya gula ke dalam aliran darah yang menuju kemata. Jika hal ini terjadi pada pembuluh darah yang menuju keretina maka lama kelamaan retina akan rusak.

  • Gangguan Pada Ginjal

Gangguan pada ginjal terjadi karena kerja ginjal terlalu berat. Tugas ginjal sebenarnya hanya menyaring zat-zat makanan dan membuang zat-zat racun dari dalam tubuh dalam bentuk urin.

  • Gangguan Pada Jantung

Gangguan pada jantung terjadi ketika pembuluh darah yang menuju jantung mengalami penyumbatan. Hal ini terjadi karena gula ikut bersama aliran darah.

Ciri Ciri Penyakit Diabetes Mellitus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*