Dampak Negatif Diabetes

Dampak Negatif Diabetes

 

Dampak Negatif DiabetesDampak Negatif Diabetes – Diabetes merupakan penyakit yang memberikan ancaman yang serius bagi penderitanya. Dahulu penyakit ini diidentikkan dengan orang-orang yang telah memasuki usia lanjut. Namun, akibat pola hidup yang tidak sehat, penyakit diabetes kini bisa menjangkiti semua kalangan tanpa memandang batas usia. Penyakit diabetes sendiri merupakan penyebab kematian nomor 6 di dunia. Bahkan diperkirakan sebanyak 1,3 juta orang meninggal akibat penyakit ini. 4% di antaranya meninggal sebelum usia 70 tahun. Hal tersebut menunjukkan bahwa kasus diabetes dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Karena itulah, untuk mencegah penyakit tersebut, hendaknya kita melakukan tindakan pencegahan sejak dini.

 

Dampak Negatif Diabetes

Meningkatnya kadar gula dalam darah sekaligus akan meningkatkan resiko untuk memiliki penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian, penyakit diabetes yang tidak segera ditangani akan menimbulkan dampak negatif dan juga komplikasi terhadap organ-organ di dalam tubuh penderitanya. Berikut beberapa Dampak Negatif Diabetes dan juga komplikasi akibat menderita penyakit diabetes:

 

  • Pembuluh darah akan mengalami kerusakan. Dampak Negatif Diabetes tersebut sekaligus akan meningkatkan resiko penyakit stroke dan juga penyakit kardiovaskuler lainnya. Kadar gula darah yang terlalu tinggi akan meningkatkan resiko kerusakan pembuluh darah arteri yang dapat memicu gangguan pada jantung.
  • Tingkat kepadatan tulang akan menurun. Dampak Negatif Diabetes kedua juga berakibat pada tingkat kepadatan tulang yang menurun sehingga resiko untuk terkena osteoporosis juga akan meningkat.Dampak Negatif Diabetes
  • Ginjal mudah mengalami kerusakan. Dampak Negatif Diabetes berikutnya yaitu semakin tinggi kadar gula dalam darah maka semakin berat pula kinerja yang harus dilakukan oleh ginjal. Akibatnya, ginjal akan lebih mudah mengalami kerusakan.
  • Kerusakan pembuluh darah mikro pada mata. Diabetes juga memicu kerusakan pembuluh darah mikro pada mata sehingga resiko gangguan penglihatan akan meningkat. Dampak Negatif Diabetes yang parah juga bisa menyebabkan kebutaan.
  • Diabetes akan memicu kerusakan saraf (neuropati). Dampak Negatif Diabetes itulah yang menyebabkan penderita diabetes sering mengalami kesemutan atau bahkan mati rasa pada kaki atau tangannya.
  • Lebih beresiko untuk mengalami infeksi kulit. Dampak Negatif Diabetes tersebut terjadi karena kerusakan jaringan sel kulit pada penderita diabetes tidak mudah disembuhkan. Hal tersebut akan menyebabkan ulkus/gangren yaitu luka yang susah untuk disembuhkan. Pada beberapa kasus, hal tersebut harus diatasi dengan metode amputasi.
  • Sistem kekebalan tubuh juga akan mengalami penurunan. Respon tubuh untuk memperbaiki jaringan yang mengalami kerusakan juga akan terganggu.
  • Kemandulan. Dampak Negatif Diabetes yang lainnya diabetes juga dapat menyebabkan kemandulan. Hal tersebut terjadi karena diabetes akan menyebabkan disfungsi ereksi pada pria.
  • Kadar gula yang terlalu tinggi akan menyebabkan aliran darah ke otak terganggu. Dampak Negatif Diabetes yang bisa ditimbulkan yaitu penderita diabetes akan lebih mudah pikun.
  • Kehilangan organ penting pada tubuh. Salah satu metode penyelesaian untuk mencegah penularan ulkus ke area tubuh yang lain, dokter sering mengambil langkah amputasi. Akibatnya, penderita diabetes akan kehilangan beberapa organ penting pada tubuhnya.

 

Demikian beberapa Dampak Negatif Diabetes sekaligus komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes. Sayangnya, penyakit diabetes tidak memandang usia seseorang dengan kata lain, siapa saja bisa beresiko untuk mengidap penyakit ini. Terutama bagi mereka yang tidak menerapkan pola hidup sehat. Menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolah raga dan juga mengontrol pola asupan makanan. Penuhi kebutuhan istirahat dengan tidur setidaknya 6 sampai 8 jam per hari. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang bisa diderita oleh siapapun tanpa memandang usia. Karena itu, melakukan tindakan pencegahan sejak dini dapat menjadi metode paling efektif jika Anda tidak ingin terkena penyakit yang satu ini.

 

Dampak Negatif Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*