Diabetes Insipidus Dan Gejalanya

Diabetes Insipidus Dan Gejalanya

Diabetes Insipidus Dan Gejalanya

Diabetes Insipidus Dan Gejalanya

Diabetes Insipidus –Apa itu diabetes insipidus ? Diabetes insipidus mungkin merupakan istilah yang masih asing terdengar di telinga. Sesuai dengan namanya penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit diabetes. Tidak banyak orang yang mengetahui diabetes insipidus karena penderita penyakit ini cukup jarang. Penyakit diabetes insipidus dapat menyerang siapa saja, namun kasus penyakit diabetes inspidus masih jarang dijumpai. Namun, tentu saja semua orang tidak berharap untuk terserang penyakit ini. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mempelajari penyebab diabetes insipidus.

Gejala-gejala pada penyakit diabetes insipidus hampir sama dengan gejala-gejala yang dijumpai pada penderita diabetes melitus. Diabetes insipidus merupakan penyakit yang membuat si penderita mengeluarkan cairan tubuh terus menerus melalui urin dan selalu merasa haus. Sebenarnya,diabetes insipidus kurang lebih sama dengan diabetes melitus. Apalagi gejala -gejala yang muncul juga hampir sama dengan diabetes melitus. Perbedaan mendasar diabetes melitus dan diabetes insipidus adalah pada kandungan urin yang keluar dari tubuh si penderita.

Kehilangan cairan yang berlebihan juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, yang menunjukkan gejala Diabetes Insipidus sebagai berikut :

  • Kelemahan tanpa penyebab yang jelas
  • Letargi (penurunan kesadaran dan pemusatan perhatian serta kesiapsiagaan)
  • Nyeri otot
  • Perasaan mudah tersinggung

Jenis Diabetes Insipidus

Secara patogenesis diabetes insipidus di bagi atas dua , yaitu,.

  1. Diabetes Insipidus Sentralis ( DIS ) atau neurogenik

Kelainan hipotalumus dan kelenjar pituetary posterior karena familial atau idiopatic. Disebut diabitus insipidus primer. Ada beberapa keadaan yang mengakibatkan diabetes insipidus sentral , termasuk di dalamnya adalah tumor-tumor pada hipotalamus, tumor-tumor besar hipofisis dan menghancurkan nucleus-nukleus hipotalamik, trauma kepala, cedera operasi pada hipotalamus, oklusi pembuluh darah pada intraserebral, dan penyakit-penyakit granuomatosa.

  1. Diabetes Insipidus Nefrogenik ( DIN )

Diabetes Insipidus Nefrogenik ( DIN ) dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu

  • Penyakit ginjal kronik
  • Gangguan elektrolit
  • Obat –obatan
  • Penyakit sickle cell
  • Gangguan diet
  • Tubercolosis

Untuk mengetahui apakah seseorang menderita penyakit diabetes insipidus atau tidak, penderita harus menjalani tes pemeriksaan yang cukup panjang dan berat.Biasanya, seseorang yang diduga terkena penyakit ini akan ditandai dengan mengeluarkan urin yang berlebihan. Tes yang dilakukan untuk mendiagnosis orang yang terkena diabetes insipidus dikenal dengan nama Water Deprivation Test. Di dalam tes tersebut, orang yang diduga terkena diabetes insipidus tidak boleh minum selama beberapa jam sampai berat badan pasien turun lima persen. Tentu saja tes ini cukup sulit untuk dilakukan apalagi harus menahan haus hingga berat badan pasien turun. Jika berat badan turun, tekanan darah juga akan ikut turun dan mengakibatkan denyut jantung meningkat. Jika seseorang tidak minum untuk jangka waktu yang cukup lama , juga biasanya akan mengalami dehidrasi.

Setelah berat badan pasien turun, dokter kemudian akan memberikan hormon antidiurektik yang diberikan dengan cara diinjeksikan, Fungsi hormon ini untuk membuat produksi air kemih terhambat sehingga pasien tidak akan terlalu sering buang air kecil. Pemberian hormon diharapkan mampu mengurangi frekuensi buang air kecil. Jika pasien setelah diberi hormon antidiurektik tersebut tekanan darahnya menjadi normal dan denyut janyungnya juga normal, maka itu pertanda baik karena hormon tersebut berarti bekerja efektik di dalam tubuh untuk menghambat pembentukan air seni sehingga pasien uang menderita penyakit diabetes insipidus tidak terlalu sering buang air kecil lagi.

Diabetes Insipidus Dan Gejalanya

Cegah diabetes insipidus dengan mengonsumsi Super Lutein S-Lutena. Suplemen kesehatan dari Jepang yang terbuat dari buah dan sayur kaya vitamin yang diolah secara modern. S-Lutena sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Jangan ragu untuk memesan sekarang juga. Jangan sampai kehabisan.

Diabetes Insipidus Dan Gejalanya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*