Diabetes Melitus Apa Itu ?

Diabetes Melitus Apa Itu ?

 

Diabetes Melitus -Sepertinya diabetes semakin popular di masa sekarang ini. Penderita diabetes pun semakin hari semakin meningkat bukan saja di Indonesia tapi di seluruh dunia. Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Klasifikasi atau jenis diabetes ada bermacam-macam, tetapi di Indonesia yang paling banyak ditemukan adalah DM tipe 2. Jenis diabetes yang lain ialah DM tipe 1; diabetes kehamian/gestasional (DMG) dan diabetes tipe lain. Ada juga kelompok individu lain dengan toleransi glukosa abnormal tetapi kadar glukosanya belum memenuhi syarat masuk ke dalam kelompok diabetes mellitus, disebut toleransi glukosa terganggu (TGT).

Sebenarnya penyakit diabetes tidaklah menakutkan bila diketahui lebih awal. Kesulitan diagnosis timbul karena kadang-kadang dia dating tenang dan bila dibiarkan akan menghanyutkan pasien ke dalam komplikasi fatal. Oleh karena itu, mengenal tanda-tanda awal penyakit diabetes ini menjadi sangat penting.

Diabetes Melitus Apa Itu ?

Penyakit Diabetes Melitus Dan Ciri Cirinya

Berikut merupakan gejala atau ciri-ciri orang terkena penyakit diabetes melitus yang paling umum terjadi :

  • Banyak kencing (polyuria) terutama pada malam hari.
  • Gampang Haus dan banyak minum (polydipsia).
  • Mudah lapar dan banyak makan (polyphagia).
  • Mudah lelah dan sering mengantuk.
  • Umumnya penderita diabetes akan mengalami gangguan pada penglihatan.
  • Sering pusing dan mual.
  • Apabila terjadi luka pada kulit, sukar untuk kering atau disembuhkan. bahkan ada yang sampai pembusukan.
  • Koordinasi gerak anggota tubuh terganggu.
  • Berat badan yang terus turun.
  • Umumnya terjadi pembengkakan pada kaki penderita penyakit diabetes melitus.
  • Sering merasa gatal-gatal pada permukaan kulit.
  • Sering mengalami kesemutan di beberapa bagian tubuh terutama pada bagian lengan dan kaki.
  • Bagi penderita wanita mengalami penyakit keputihan yang tak kunjung sembuh.
  • Pria dewasa mengalami disfungsi ereksi.

Gejala atau ciri diatas merupakan sebagian gejala yang umum terjadi, jadi ada baiknya untuk dikonsultasikan pada dokter ahli atau cek laboratorium untuk lebih meyakinkan.

Mencegah Penyakit Diabetes Melitus

Salah satu solusi bagi penderita penyakit diabetes melitus yaitu mencegah penyakit diabetes melitus sebagai berikut :

  1. Kurangi minuman manis

Mencegah penyakit diabetes melitus dengan mengurangi minum manis. Minuman yang mengandung zat pemanis adalah sumber gula yang tak terlihat, yang bisa membuat gula darah dalam tubuh meningkat, sehingga dampak dan resiko terkena diabetes akan semakin besar jika Anda sering meminum minuman ini.

  1. Kurangi atau hindari menkonsumsi kopi

Minum kopi juga ada manfaatnya untuk tubuh kita, tapi jika diminum terlalu berlebihan apalagi menggunakan tambahan gula yang banyak dapat memicu meningkatkan gula darah di dalam tubuh. Bagi anda yang menderita diabetes, sangat dianjurkan untuk meninggalkan kebiasaan minum kopi.

  1. Pertahankan berat badan yang sehat

Mencegah penyakit diabetes melitus dengan menjaga berat badan. Sebagian besar orang yang didiagnosis diabetes (biasanya tipe 2) memiliki berat badan lebih. Kelebihan berat dan lemak tubuh akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes basah.

  1. Istirahat Yang cukup

Cukup tidur merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh Anda. selain untuk menjaga kebugaran tubuh, tidur selama 6 jam pada malam hari bisa membantu mencegah penyakit diabetes melitus, sebab jika Anda kurang istirahat akan membuat hormon kortisol di dalam tubuh semakin meningkat, sehingga insulin semakin meningkat dan gula dara menjadi tidak seimbang.

  1. Mengonsumsi buah dan sayuran

Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah, karena sayuran memiliki nutrisi yang lengkap untuk tubuh, serta sangat berkhasiat untuk menurunkan dan mencegah diabetes melitus atau gula darah.

  1. Makanlah diet yang seimbang, rendah lemak dan gula

Mencegah diabetes melitus dengan diet seimbang. Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi ataupun menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga penting untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi.

  1. Rajin berolah raga

Mencegah diabetes melitus dengan berolahraga. Olah raga merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh kita, dengan olah raga berat badan Anda akan tetap stabil selain itu olah raga juga mampu menurunkan kadar gula di dalam darah serta dapat membuat insulin lebih sensitivitas. Karena salah satu faktor penyebab munculnya diabetes juga karena kegemukan badan. jadi berolah raga minimal 20 menit sekali dalam sehari untuk menjaga gula darah tetap normal.

 

Diabetes Melitus Apa Itu ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*