Diabetes Melitus Dan Cara Mengatasinya

Diabetes Melitus Dan Cara Mengatasinya

 

Diabetes Melitus Dan Cara Mengatasinya

Diabetes melitus adalah suatu penyakit, dimana tubuh penderitanya tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Pada tubuh yang sehat, pankreas melepas hormon insulin yang bertugas mengangkut gula melalui darah ke otot-otot dan jaringan lain untuk memasok energi.

Diabetes melitus merupakan gangguan metabolisme dari distribusi gula oleh tubuh. Penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh yang tak mampu menggunakan insuin secaa efektif, sehingga terjadilah kelebihan gula di dalam darah. Kelebihan gula yang kronis di dalam darah (hiperglikemia) ini menjadi racun bagi tubuh.

Diabetes melitus memiliki dua jenis utama, yaitu diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2. Jenis diabetes melitus yang paling umum terjadi adalah diabetes tipe 2. Sekitar 80% pengidap diabetes melitus di Indonesia menderita tipe ini. Diabetes tipe 2 terjadi karena penurunan produksi insulin dalam tubuh sehingga fungsinya tidak maksimal atau tubuh mulai menjadi kurang peka terhadap insulin. Reaksi ini dikenal dengan istilah resistansi terhadap insulin. Jenis ini biasanya menyerang orang-orang berusia di atas 40 tahun. Tetapi usia pengidapnya akhir-akhir ini bertambah muda. Diabetes tipe 2 juga lebih sering dialami oleh etnis Asia dibanding etnis lain.

Ciri Ciri Diabetes Melitus

Berikut ciri ciri diabetes melitus :

  • Mudah merasa lelah ciri ciri diabetes.
  • Berat badan turun dengan drastis tanpa penyebab yang jelas misalnya melakukan olahraga atau sedang melakukan diet ciri ciri diabetes.
  • Sering merasa haus tanpa sebab yang jelas karena kehilangan cairan yang disebabkan buang air kecil secara terus menerus ciri ciri diabetes.
  • Warna kulit menjadi lebih gelap karena bintik gelap pada kulit yang terjadi hingga daerah sekitar leher karena insulin yang direspons tubuh dan menghasilkan banyak pigmen ciri ciri diabetes.
  • Penglihatan semakin lemah dan kabur karena tingkat gula dalam darah meningkat ciri ciri diabetes.

Bahan-bahan alami dibawah ini cukup efektif untuk mengatur gula darah dalam tubuh. Ingat bahwa kebanyakan penderita diabetes melitus / kencing manis diakibatkan karena kadar gula darah yang berlebih dan tidak terkontrol karena adanya gangguan insulin. Adapun macam-macam bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat alternatif adalah :

  1. Pare

Berutunglah jika anda menjadi penggemar pare, pare merupakan sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh meskipun banyak orang yang tidak menyukainya karena rasanya yang cukup pahit. Tahukah anda bahwa pare mengandung sel-sel penting yang berfungsi untuk merangsang sekresi insulin di pankreas. Pare juga aktif meregenerasi sel-sel aktif yang berguna untuk menurunkan gula darah terlebih bagi penderita diabetes tipe 2. Cara menggunakan pare sebagai obat tradisonal diabetes melitus sebenarnya cukup mudah yauit hanya dengan memblendernya menjadi jus atau dengan memerasnya. Disarankan untuk seperlunya dan tidak usah berlebihan mengonsumsi pare karena bisa membuat perut anda sakit / mual-mual.

  1. Ginseng

Siapa bilang ginseng hanya untuk menambah tenaga saja ? tumbuhan ini memang terkenal memiliki banyak khasiat bagi tubuh, jadi tidak salah kalau banyak ramuan korea atau china yang selalu menggunakan ginseng sebagai bahan dasar pembuatan ramuan tersebut. Ginseng sendiri bermanfaat untuk mencegah diabetes tipe 2 karena sifatnya yang mampu membantu tubuh untuk menjaga kadar gula darah.

  1. Brotowali

Brotowali atau dalam dunia ilmiah dikenal dengan istilah Tinaspora Crispa merupakan salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan pada akar dan batangnya untuk mengontrol kandungan glukosa pada tubuh. Hal ini karena brotowali memiliki senyawa aktif yang disebut dengan Tinokrisposid. Cara menggunakan Brotowali sebagai obat tradisonal cukup dengan pemanfaatan ekstraknya / dengan cara merebus batang dan akarnya menggunakan air secukupnya. Setelah direbus air tersebut bisa diminum untuk mengurangi resiko penyakit diabetes melitus.

  1. Buncis

Tidak salah lagi kalau sayuran ini termasuk salah satu cara alami untuk mengurangi resiko diabetes melitus. Buncis memang banyak manfaat dan saya suka itu. Senyawa yang terkandung pada buncis terbukti meningkatkan produksi insluin yang artinya jika insulin anda terjaga maka anda selangkah lebih maju untuk mengatasi permasalahan diabetes melitus entah itu kering maupun basah / tipe 1 dan tipe 2. Cara penggunaannya cukup buat sayur berbahan buncis, mungkin anda ingin menambahkan bahan lain silahkan, semakin anda tidak merasa berat untuk mengkonsumsi buncis itu lebih baik.

Diabetes Melitus Dan Cara Mengatasinya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*