Diabetes Melitus Dan Insipidus

Diabetes Melitus Dan Insipidus

 

Diabetes Melitus Dan Insipidus

Diabetes Melitus – Diabetes merupakan penyakit yang berhubungan dengan kadar gula dalam darah, dimana kadarnya terlalu tinggi. Secara alami gula atau glukosa berasal dari makanan yang Anda makan setiap harinya, sedangkan insulin adalah sebuah hormon yang berperan aktif untuk membantu glukosa masuk ke dalam sel untuk menciptakan energi.

Diabetes Insipidus

Diabetes Insipidus dikenal sebagai penyakit sering kencing atau beser. Penyebab diabetes insipidus terjadi karena tubuh kekurangan hormon Antidiuretic hormone (ADH). Hormon ini berfungsi menstimulus ginjal agar dapat menyerap air lebih banyak daripada cairan yang dibuang tubuh melalui urine. Nah karena penderita diabetes insipidus kekurangan ADH maka si penderita akan sering buang air kecil dengan kuantitas yang tidak normal. Penderita diabetes tipe ini disarankan untuk banyak minum air agar tidak mengalami dehidrasi.

Diabetes Melitus

Pengertian diabetes melitus adalah penyakit karena kelebihan kadar gula dalam darah. Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit kencing manis. Penyebab diabetes melitus adalah kekurangan produksi hormon insulin yang dapat mengubah glukosa menjadi glikogen dalam darah. Akibatnya terjadi penumpukan glukosa dalam darah dalam konsentrasi tinggi.

Selain karena faktor keturunan, penyebab diabetes yang kini banyak terjadi di masyarakat karena pola hidup yang tidak sehat. Untuk itu senantiasa lakukan gaya hidup sehat dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula, minuman manis, dan makanan cepat saji (junk food). Rutin berolah raga sehingga anda terhindar dari penyakit diabet. Demikian artikel kesehatan ini, semoga pembaca dapat memahami perbedaan diabetes melitus dan diabetes insipidus.

Cara mengobati diabetes melitus secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan sayuran yang sering kita masak atau bisa juga sebagi lalapan dan dengan rempah-rempah yang mungkin sudah ada di kebun dekat rumah. Berikut ini adalah beberapa tanaman tradisional yang dapat anda gunakan sebagai cara mengobati diabetes alami, yaitu :

Ginseng

Cara mengobati diabetes melitus dengan tanaman ginseng. Tanaman ginseng sudah tidak asing lagi ditelingan masyarakat Indonesia. Ginseng mempunyai manfaat penuh bagi kesehatan manusia. Ginseng berguna untuk kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol jahat LDL , melancarkan peredaran darah dan ternyata dapat membantu mengobati penyakit diabetes secara alami dan aman.

Buncis

Cara mengobati diabetes melitus adalah dengan banyak mengkonsumsi buncis. Karena tanaman ini dapat menurunkan kadar gula dalam darah hingga batas normal karena zat-zat yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan produksi insulin. Insulin adalah suatu hormon yang dihasilkan secara alami oleh tubuh kita dari organ tubuh yang dinamakan pankreas yang fungsinya menurunkan kadar gula dalam darah, sebaiknya sering-seringlah mengkonsumsi buncis.

Mengkudu

Khasiat mengkudu dapat memperbaiki reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik cara mengobati diabetes melitus dengan mengkudu yaitu ambil 2 buah mengkudu yang sudah matang lalu parut dan peras dengan kain yang bersih dan minumlah sarinya.

Buah Ceri

Cara mengobati diabetes melitus dengan buah ceri. Buah ceri memiliki banyak khasiat dan manfaat diantaranya yaitu antioksidan, untuk mengatur kadar gula darah, sehingga dapat membantu mengobati penyakit diabetes melitus.

Kayu Manis

Cara mengobati diabetes melitus dengan kayu manis. Masih berkaitan dengan bumbu dapur. Meskipun namanya kayu manis, ternyata kayu ini dapat membuat sel-sel lemak lebih mudah dicerna oleh tubuh dan mempermudah insulin untuk mengkonversi glukosa menjadi energi. Kayu manis juga di percaya dapat menghambat pembentukan radikal bebas yang dapat berbahaya bagi ketahanan tubuh.

Lidah Buaya

Selain di percaya dapat menyuburkan rambut, lidah buaya ternyata bermanfaat sebagai cara mengobati diabetes melitus. Getah bening yang terkandung di dalamnya ternyata dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Tidak heran jika lidah buaya banyak di manfaatkan masyarakat sebagai bahan obat-obatan lainnya.

Diabetes Melitus Dan Insipidus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*