Diabetes Melitus Dan Pencegahannya

Diabetes Melitus Dan Pencegahannya

 

Diabetes Melitus adalah jenis penyakit yang terjadi karena kelainan gula darah. Di mana hal ini bisa terjadi karena kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi. Sehingga menyebabkan tubuh menjadi kekurangan insulin, atau insulin yang ada dalam tubuh menjadi tidak sempurna. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa makanan yang kita makan sangat erat kaitannya dengan poduksi glukosa darah tersebut. Makanan yang dikonsumsi juga sangat berperan dalam merangsang pankreas memproduksi hormon insulin.

Insulin adalah hormon yang bertugas untuk merubah gula yang ada di dalam sel menjadi sebuah energi yang akan digunakan oleh tubuh, juga sebagai energi cadangan. Ketika glukosa dalam darah tidak mencukupi maka tubuh tidak bisa memproduksi hormon insulin dengan benar. Biasanya ini terjadi pada orang dewasa yang sudah berusia 30 tahunan lebih. Di mana usia seperti itu sudah kurang beraktivitas dan bergerak, sehingga memicu diabetes melitus.

Tips Mencegah Diabetes Melitus

Lakukan Lebih Banyak Kegiatan Fisik

Diabetes Melitus Dan Pencegahannya

Diabetes Melitus Dan Pencegahannya

Ada banyak manfaat berolahraga secara teratur. Latihan olahraga dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh anda terhadap insulin, yang membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal. Dengan meningkatkan olahraga, tubuh menggunakan insulin lebih efisien sampai 70 jam setelah latihan. Jadi, berolahraga 3-4 kali seminggu akan bermanfat pada kebanyakan orang. Perlu dicatat bahwa banyak manfaat olahraga yang independen terhadap penurunan berat badan. Namun bila dikombinasikan dengan penurunan berat badan, keuntungannya meningkat secara substansial.

Dapatkan Banyak Serat

Makanan berserat tidak hanya mengurangi risiko diabetes melitus dengan meningkatkan kontrol gula darah tetapi juga menurunkan resiko penyakit jantung dan juga menjaga berat badan ideal dengan membantu Anda merasa kenyang. Makanan tinggi serat antara lain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan umbi-umbian. Salah satu makanan tinggi serat yang terbukti dapat mengendalikan diabetes adalah dedak padi dan bekatul.

Sarapan sangat penting

Tidak peduli seberapa bencinya Anda pada sarapan, sangat penting untuk sarapan setiap hari. Hal itu membantu mencegah diabetes melitus dan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes melitus. Makan sarapan yang sehat tidak hanya membantu mengontrol nafsu makan, tetapi juga membantu mengontrol konsumsi kalori.

Lakukan pemeriksaan kesehatan.

Diabetes Melitus Dan Pencegahannya

Diabetes Melitus Dan Pencegahannya

Mencegah diabetes melitus dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Setiap orang yang berusia diatas 45 tahun harus memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah setiap 3 tahun sekali. Namun, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia lebih dini.

Kurangi Konsumsi Gula

Konsumsi gula saja tidak terkait dengan pengembangan diabetes melitus tipe 2. Namun, setelah disesuaikan dengan berat badan dan variabel lainnya, tampaknya ada hubungan antara minum-minuman sarat gula. Seseorang yang minum satu atau lebih minuman bergula sehari, memiliki hampir dua kali lipat risiko terkena diabetes melitus dari pada orang yang hanya kadang-kadang atau tidak minum-minuman bergula.

Berhenti Merokok

Diabetes Melitus Dan Pencegahannya

Diabetes Melitus Dan Pencegahannya

Merokok tidak hanya berkontribusi pada penyakit jantung dan menyebabkan kanker paru-paru tetapi juga terkait dengan pengembangan penyakit diabetes melitus. Merokok lebih dari 20 batang sehari dapat meningkatkan risiko diabetes lebih dari tiga kali lipat dibandingkan orang yang tidak merokok. Penyebab pasti untuk hal ini belum diketahui dengan baik. Kemungkinan merokok secara langsung menurunkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin.

Diabetes Melitus Dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*