Diabetes Melitus Dan Pengobatannya

Diabetes Melitus Dan Pengobatannya

 

Diabetes Melitus -Diabetes melitus terjadi karena adanya gangguan jumlah dan fungsi insulin di dalam tubuh manusia. Insulin itu sendiri adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas. Insulin dibutuhkan tubuh untuk memecah gula darah dan mengubahnya menjadi energi. Bila tubuh kekurangan insulin, maka tidak ada yang memecah gula darah sehingga gula darah dalam tubuh akan mengalami peningkatan. Maka terjadilah kondisi yang disebut diabetes melitus. Terjadi kondisi diabetes melitus tersebut bisa dipicu oleh beberapa faktor seperti makan berlebih terutama yang mengandung lemak dan kalori tinggi, perilaku pasif seperti malas bergerak dan berolah raga, over weight, faktor genetik, pernah atau sedang menderita penyakit yang memicu munculnya diabetes seperti, hipertensi, peningkatan kadar kolesterol, jantung koroner, dll.

Gejala umum memiliki penyakit diabetes melitus:Diabetes Melitus Dan Pengobatannya

  • cepat terasa lelah,
  • selalu merasa haus,
  • selalu merasa lapar, sehingga sedikit-sedikit mau makan.
  • Sering kencing dan merasa tidak kuat,
  • kadang disertai perasaan mual dan muntah,
  • nyeri-nyeri disekujur tubuh.

Penyakit Diabetes melitus menjadi berbahaya karena bisa berkomplikasi atau menyebabkan beberapa penyakit sekunder yang lebih berbahaya dibanding penyakit Diabetes melitus itu sendiri.

Secara umum ada 2 jenis diabetes melitus, yaitu insulin dependent diabetes melitus biasa disebut dengan tipe 1 dan non-insulin denpendent diabetes melitus biasa disebut dengan tipe 2. Yang tipe 1 biasanya terjadi pada usia muda dan perlu diatasi dengan pemberian injeksi insulin, sementara yang tipe 2 biasa terjadi pada usia >40 tahun dan pengobatannya bisa bukan dengan injeksi insulin. Beberapa wanita cenderung memiliki kadar gula darah yang tinggi selama hamil. Diabetes melitus yang terjadi selama hamil disebut diabetes gestasional dan kondisi ini biasanya membaik setelah melahirkan.

Tips Mencegah Diabetes Melitus Pada Anak

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk mencegah mereka dari serangan diabetes yaitu :

  • Cek kondisi kesehatan anak secara berkala. Dalam hal ini, sebagai orang tua harus mengetahui cek jadwal rutin untuk pengecekan kadar gula darah anak.
  • Kurangi atau bahkan hilangkan asap rokok di lingkungan anak.
  • Pastikan aktivitas fisik secara rutin untuk anak. Anda bisa mengajak anak untuk berolahraga seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berlari. Cukupi olahraga rutin setiap harinya, paling tidak 30 menit.
  • Istirahat yang cukup. Meskipun aktivitas fisik penting, namun istirahat juga harus diperhatikan.
  • Kendalikan stres. Bukan hanya orang dewasa. Stres pada anak juga akan mempengaruhi kesehatan secara umum.
  • Diet sehat. Meskipun anak memiliki ‘warisan’ diabetes, Anda harus mengupayakan agar anak tetap mengonsumsi makanan rendah kalori, dan nutrisi yang seimbang seperti vitamin, mineral, dan juga serat.

Berikut ini adalah beberapa tanaman yang dapat dijadikan obat diabetes melitus :

Fenugreek

Fenugreek merupakan sejenis tanaman biji-bijian yang dapat dijumpaai di Asia dan sering dipergunakan oleh orang India sebagai penyedap masakan. Fenugreek ini mempunyai kemampuan untuk menjaga kadar glukosa dalam darah dan banyak dipergunakan untuk mengobati diabetes.

Fenugreek menurunkan resistensi insulin dan juga mengontrol kadar glukosa darah dengan cara meningkatkan jumlah reseptor insulin didalam sel darah merah. ini akan menaikkan pemanfaatan glukosa pada jaringan perifer hingga dapat mengurangi kadar glukosa didalam darah. Namun begitu tidak boleh dipergunakan oleh yang sedang wanita hamil atau dalam tahap menyusui

Lidah buaya

Lidah buaya banyak dianggap sebagai ‘tanaman penyembuh’. Getah dari lidah buaya dan gelnya sering digunakan secara tradisional untuk menyembuhkan diabetes karena dipercaya dapat membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah puasa dan HbA1c.

Kayu manis

Tumbuhan yang satu ini membuat sel-sel lemak dapat lebih mudah diakses insulin dan meningkatkan konversi glukosa menjadi energi. Selain itu tanaman ini juga menghambat pembentukan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh

Bawang

Secara siginifikan dapat menurunkan gula darah. Ekstrak dari bawang dapat mengurangi kadar gula darah selama toleransi glukosa oral dan intravena. Bawang juga mempengaruhi metabolisme hepatik glukosa dan meningkatkan pelepasan insulin, sehingga dapat mencegah perusakan insulin.

Bawang putih

Bawang putih dianggap sebagai salah satu ramuan terbaik untuk menurunkan gula darah dan perbaikan sel-sel pankreas dan untuk merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin. Ini telah dibuktikan dalam berbagai penelitian, namun sayang sekali masih banyak yang tidak tahu atau tidak memanfaatkannya.

Diabetes Melitus Dan Pengobatannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*