Diabetes Melitus Karena Keturunan ?

Diabetes Melitus Karena Keturunan ?

 

Diabetes Melitus -Diabetes atau lebih tepatnya diabetes melitus (DM), atau dalam bahasa sehari-hari disebut kencing manis, adalah suatu penyakit atau gangguan kesehatan yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah sebab tidak dapat digunakan oleh tubuh. Pada orang normal, karbohidrat (berbagai jenis tepung dan gula) yang dimakan akan diubah menjadi glukosa di dalam saluran pencernaan.

Glukosa ini kemudian akan dibawa oleh darah ke seluruh tubuh dan masuk ke dalam sel untuk dimanfaatkan antara lain sebagai bahan baku energi. Masuknya glukosa ke dalam sel berlangsung dengan bantuan insulin, yaitu sejenis hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas. Insulin berperan layaknya kunci yang membuka jalan masuk glukosa ke dalam sel.

Pada penderita diabetes melitus atau DM, gula tidak dapat atau sukar masuk ke dalam sel. Hal ini disebabkan oleh sedikitnya hormon insulin yang diproduksi kelenjar pankreas, atau karena sel tidak dapat memberikan respon yang baik terhadap insulin walaupun insulinnya sendiri sebenarnya cukup jumlahnya. Dalam bahasa ilmiah dikatakan karena kurangnya jumlah atau aktivitas reseptor insulin yang terdapat pada sel.

Akibatnya gula akan menumpuk di dalam darah, tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh dan akhirnya dibuang melalui air seni. Gangguan metabolisme karbohidrat ini menyebabkan tubuh kekurangan energi. Itu sebabnya penderita DM umumnya terlihat lemah, lemas dan tidak bugar. Gejala lain yang umum dirasakan penderita diabetes antara lain sering buang air kecil, mudah lapar, sering haus, penglihatan kabur, koordinasi gerak anggota tubuh terganggu, kesemutan pada tangan atau kaki, dan gatal-gatal yang seringkali sangat mengganggu.

Orang sering menyebutnya dengan penyakit diabetes melitus keturunan karena adanya hubungan genetik sebagai faktor penyebab diabetes melitus. Meskipun diketahui bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan, namun mekanisme kerjanya sendiri cenderung rumit dan sulit untuk diketahui oleh kalangan ahli sekalipun.

Namun sebetulnya, hal lainnya yang tak kalah penting ialah faktor lingkungan yang turut andil dalam keterjangkitan diabetes tersebut. Banyak sekali faktor lingkungan yang dimaksud mulai dari obesitas atau kegemukan, pola makan yang tidak sehat, kurangnya berolahraga, banyak mengonsumsi kalori, lemak, dan minim mengonsumsi makanan berserat seperti buah, sayuran, dan terlalu banyak duduk.

Memiliki ibu atau ayah yang kebetulan menderita diabetes melitus, memang kemungkinan besar menyebabkan Anda juga mengalami diabetes keturunan. Namun, faktor-faktor lingkungan di atas juga berkontribusi besar terhadap terjadinya penyakit ini.

Dan, meskipun orang tua Anda menderita penyakit berbahaya ini tidak lantas kiamat terjadi dan langsung memvonis diri sendiri bahwa Andapun akan terkena diabetes melitus tanpa berusaha untuk menolaknya.

Tidak semua anak yang orang tuanya memiliki riwayat sebagai penderita diabetes melitus, anaknya juga akan menderita diabetes melitus di kemudian hari. Padahal semua orang juga bisa terkena diabetes jika gaya hidupnya mendekati hal-hal yang bisa memicu diabetes sekalipun orang tuanya tidak memiliki riwayat penyakit ini.

Diabetes Melitus Karena Keturunan ?

Namun, ini bukan berarti seseorang yang punya resiko penyakit diabetes melitus tidak bisa menghindari kemunculan penyakit ini, karena penyakit diabetes melitus bisa dicegah. Berikut beberapa tips untuk menghindari penyakit diabetes melitus :

Pola hidup sehat

Berlahraga dengan teratur dan hindari mengkonsumsi makanan-makanan pencetus diabetes.

Kurangi gula

Mengurangi konsumsi gula dari makanan – minuman yang menandung gula, antara lain: es krim, soft drink, jeli, dll. Batasi konsumsi gula dari makanan atau minuman manis agar tidak lebih dari setara 2.5 sendok makan rata gula pasir/hari.

Jaga berat badan.

Perhatikan konsumsi Anda, jangan sampai BBR melampui batas normalnya. Jika BBR telah melampaui 110 %, dianjurkan untuk segera mlakukan diet rendah kalori atau tingkatkan aktivitas fisik, seperti berolahraga secara teratur.

Mengkonsumsi makanan sehat/alami.

konsumsi bahan makanan alami yang kaya serat seperti sayuran hijau, beras putih tumbuk, beras merah, buah-buahan, dll.

Diabetes Melitus Karena Keturunan ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*