Diabetes Melitus Pada Wanita

Diabetes Melitus Pada Wanita

 

Diabetes Melitus Pada Wanita

Diabetes melitus atau gula darah adalah penyakit yang berbahaya karena bisa menyebabkan penderitanya mengalami stroke bahkan bisa berisiko terhadap nyawa penderita diabetes, gejala diabetes melitus pada wanita sebenarnya sama saja dengan pria dan beberapa gejala diabetes pada wanita sering muncul akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman dengan rasa sakit yang di timbulkan.

Tentunya anda sering mendengar bahwa penderita diabetes melitus yang terkena luka maka luka tersebut akan sulit kering dan sembuh bahwa penderita diabetes yang harus di amputasi karena luka tersebut menjadi busuk dan harus di amputasi agar tidak menyebar ke daerah yang lainnya, banyak orang yang belum mengetahui cara menyembuhkan penyakit diabetes padahal saat ini banyak sekali berbagai macam obat yang di produksi dan di pasarkan di luar untuk mengatasi sakit diabetes tersebut. Diabetes melitus menjadi dua tipe yaitu tipe pertama dimana penderita tidak bisa memproduksi insulin dan harus di suntik agar tetap bertahan masyarakat mengenalnya dengan diabetes kering dan diabetes tipe kedua dimana penderitanya masih bisa memproduksi insulin tetapi sangat berisiko terhadap serangan stroke dan di kenal dengan diabetes basah.

Diabetes melitus tidak mengenal usia karena dari yang muda sampai tua bisa mengalami penyakit tersebut, jika banyak orang yang berpendapat bahwa penyakit diabetes hanya di alami oleh orang-orang yang lanjut usia maka pendapat tersebut salah karena banyak orang-orang yang masih berusia muda sudah mengalami beberapa gejala diabetes. Saat ini banyak masyarakat yang sering mengeluh tentang penyakit diabetes karena penyakit ini memang cukup membuat penderitanya menjadi tersiksa bahkan jumlah dari penderita diabetes selalu meningkat setiap tahunnya dan bukan hanya di Indonesia tetapi di negara lain juga mengalami hal sama, gejala diabetes pada wanita dan pria bisa dialami secara terus-menerus dan menyiksa penderita maka dari itu seseorang yang menderita diabetes atau gula darah harus mendapatkan pengobatan yang tepat untuk mengatasinya.

Namun sebelum membahas mengenai ciri-ciri gejala penyakit diabetes melitus pada wanita, ada baiknya jika anda memahami ciri umum mengenai penyakit diabeter yang dapat terjadi pada setiap orang. Berikut adalah beberapa kemungkinan gejala yang dapat dialami ketika mengalami peningkatan kadar gula darah, seperti berikut:

  • Peningkatan rasa haus di setiap waktu.
  • Meningkatkan keinginan untuk makan.
  • Sering buang air kecil.
  • Seringkali merasa kelelahan.
  • Berat badan naik turun tanpa sebab.
  • Sering merasa mual atau muntah-muntah.
  • Mulut terasa kering.
  • Kulit terasa gatal.
  • Berkurangnya kemampuan melihat.
  • Jika terjadi luka, maka proses penyembuhannya berlangsung lama.

Agar Anda tak mengira-ngira apakah terkena penyakit diabetes melitus atau tidak, sebaiknya simak paparan mengenai gejala penyakit diabetes melitus pada wanita. Inilah 6 gejala penyakit diabetes melitus pada wanita:

Infeksi vagina

Infeksi vagina yang bisa terjadi pada wanita yaitu keluarnya cairan putih yang berbau tidak enak, vagina berwarna merah, cairan yang keluar berwarna abu-abu kehijauan, serta vagina terasa gatal, nyeri, atau panas. Jika hal itu terjadi pada Anda, maka merupakan indikasi adanya infeksi vagina.

Infeksi jamur

Candida albicans adalah jenis jamur yang menyebabkan gangguan kulit bagi penderita diabetes. Wanita cenderung terinfeksi di vagina. Jamur ini menyebabkan gatal, kemerahan bisul, dan ketak. Infeksi jamur yang paling umum adalah kadas, kurap, dan kutu air.

Depresi

Depresi atau stres juga bisa memicu munculnya penyakit diabetes melitus. Tingkat depresi yang tinggi akan mempengaruhi kadar gula darah dan metabolisme insulin. Jika Anda sering mengalami depresi atau stres, maka risiko terkena diabetes juga akan semakin besar.

Mengalami gangguan hormonal

Gangguan hormonal atau polycystic ovarian syndrom biasanya terjadi pada masa produktif wanita. Biasanya akan diikuti dengan pertumbuhan kista dalam rahim wanita.

Peningkatan kadar HDL kolesterol

HDL kolesterol atau high density lipoprotein cholesterol ini termasuk kolesterol baik yang membantu wanita melindungi dari penyakit jantung. Namun bagi wanita yang mengalami diabetes, kolesterol lipoprotein atau HDL kolesterolnya berkedapatan rendah.

Itulah gejala bagi wanita yang mengalami penyakit diabetes melitus. Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut, maka alangkah baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, sang dokter akan mengetahui apakah Anda menderita penyakit diabetes atau terkena penyakit lain.

Diabetes Melitus Pada Wanita

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*