Diabetes Melitus Pencegahannya

Diabetes Melitus Pencegahannya

Diabetes MelitusDiabetes melitus adalah penyakit berupa kelainan metabolik yang mengakibatkan tubuh tidak mampu mengendalikan kadar glukosa dalam darah, sehingga kadar glukosa darah mengalami peningkatan (hiperglikemia) secara berkepanjangan (kronik). Kadar glukosa darah tersebut meningkat akibat dari ketidakmampuan organ tubuh (pankreas) untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup, atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang telah dihasilkan oleh pankreas secara efektif.

Diabetes Melitus Pencegahannya

Penyebab terjadinya diabetes melitus

Makan yang berlebihan menyebabkan gula dan lemak dalam tubuh menumupuk secara berlebihan. Kondisi tersebut menyebabkan kelenajr pankreas terpaksa harus bekerja keras memproduksi hormon isnulin untuk mengolah gula yang masuk. Jika suatu saat pankreas tidak mampu memenuhi kebutuhan hormon insulin yang terus bertambah, maka kelebihan gula tidak dapat terolah lagi dan akan masuk ke dalam darah serta urine (air kencing). Data statistik di Amerika menunjukkan bahwa 70% dari total penderita diabetes melitus, merupakan orang yang memiliki berat berlebih (obessitas).

Pada saat tubuh melakukan aktivitas/gerakan, maka sejumlah gula ajan dibakar untuk dijadikan tenaga gerak. Sehingga jumlah gula dalam tubuh akan berkurang dan dnegan demikian kebutuhan akan hormon insulin juga berkurang.

Pada saat hamil, untuk memenuhi kebutuhan pertumbuahn janinnya, seorang ibu secara naluri akan menambah jumlah konsumsi makanannya, sehingga umumnya berat badan dan ibu hamil akan naik sekitar 7-10 kg. Pada saat penambahan jumlah konsumsi makanan tersebut terjadi, jika ternyata produksi inuslin kurang mencukupi, maka akan timbul gejala penyakit diabetes mellitus.

Malasnya melakukan aktivitas fisik. Melakukan aktivitas disamping bekerja di kantor atau melakoni pekerjaan sehari-hari ternyata tidak selalu membuahkan hasil atau membantu mengurangi kadar gula darah. Aktivitas pendukung lainnya juga diperlukan untuk membantu mengendalikan kadar gula darah misalnya dengan olahraga ringan yang dapat dilakukan setidaknya 1 minggu sekali. Dengan melakukan olahraga kita dapat mengurangi risiko penyebab diabetes melitus.

Cara pencegahan penyakit diabetes melitus

Pencegahan Primer

Pencegahan penyakit diabetes melitus secara primer ini dilakukan dengan tujuan untuk tahap awal pencegahan terjadinya diabetes. Salah satunya selalu memperhatikan faktor-faktor yang dapat menyebabkan penyakit diabetes baik secara genetik ataupun karena faktor lingkungan. Adapun cara pencegahan primer diantaranya selalu menjaga pola makan sehari-hari, selalu melakukan olahraga secara teratur, tidur yang cukup,dan menghindari obat-obatan yang dapat menimbulkan penyakit diabetes.

Cara pencegahan sekunder

Cara pencegahan sekunder ini bertujuan untuk menghambat persebaran penyakit diabetes militus yang sudah ada dalam tubuh mengkoplikasi penyakit yang lain. Dengan pencegahan sekunder ini banyak sekali hal yang harus dilakukan salah satunya melakukan pendeteksi dini pada penderita diabetes melitus. Setelah didapatkan hasil untuk memperkuat diagnosa dari perkembangan penyakit diabetes melitus maka yang harus Anda lakukan untuk tahap pencegahan sekunder ini adalah sebagai berikut :

  • Sering melakukan pengetesan kadar gula darah dalam tubuh
  • Selalu menjaga berat badan supaya stabil, jika sudah memiliki berat badan yang lebih maka usahakan untuk menurunkannya. Baca juga artikel ini Makanan Yang Harus Dihindari Saat Diet
  • Selalu melakukan olahraga secara teratur sesuai dengan kemampuan fisik Anda

Cara pencegahan tersier

Jika sudah dalam tahap ini maka bisa dibilang penyakit diabetes melitus tersebut telah parah dan telanjur mengoplikasi penyakit yang lainnya, maka dari itu Anda harus melakukan pencegahan tersier diantaranya sebagai berikut :

  • Mencegah dari resiko terkana gagal ginjal kronik yang menyerang pembulu darah
  • Mencegah terjadinya luka apapun yang dapat memperparah keadaan fisik, karena jika sesorang yang memiliki penyakit diabetes jika memiliki
  • luka cenderung sangat sulit untuk disembuhkan
  • Mencegah resiko terkena peyakit stroke.

Diabetes Melitus Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*