Diabetes Melitus Usia Muda

Diabetes Melitus Usia Muda

 

Diabetes Melitus Usia MudaDiabetes Melitus – Kini diabetes melitus dapat menyerang semua umur, termasuk orang dewasa muda. Gaya hidup yang tidak teratur seperti pola makan dan berkurangnya aktivitas fisik dianggap sebagai pemicu utama. Namun, jika seseorang didiagnosis dengan pradiabetes dan tetap aktif secara fisik, mempertahankan gaya hidup rendah stres serta mengikuti diet yang seimbang, hal itu akan membantu mencegah atau menunda diagnosis diabetes tipe 2.

Dahulu, penyakit diabetes melitus lebih banyak menyerang usia lanjut yang sel-sel tubuhnya mulai menua. Kini, perubahan gaya hidup dan pola makan membuat penyakit ini bergeser mulai menyasar kaum muda. Sebagai informasi, Indonesia merupakan negara ke-4 dengan jumlah penderita diabetes melitus terbesar di dunia. Berdasarkan laporan International Diabetes Federation, jumlah pasien diabetes melitus di dunia akan meningkat dari 240 juta jiwa pada tahun 2007 menjadi sekitar 380 juta jiwa pada tahun 2025. Menurut CDC, setiap tahunnya terdapat lebih dari 13.000 anak muda yang didiagnosa diabetes melitus tipe 1. Dan diabetes tipe 2 yang biasa ditemukan saat usia dewasa (> 40 tahun), insidennya mulai meningkat pada usia anak dan remaja. Menurut laporan kasus di Amerika terdapat 8 – 46% kasus diabetes tipe 2 dari seluruh kasus baru diabetes melitus yang dirujuk ke pusat perawatan anak.

Mengapa insiden penyakit diabetes melitus tipe 2 meningkat pada anak muda? Hal ini terutama disebabkan oleh perubahan gaya hidup yaitu kurangnya aktivitas dan obesitas. Obesitas inilah yang nantinya menyebabkan sel-sel di tubuh kita menjadi tidak sensitif lagi terhadap insulin dan akhirnya dapat menyebabkan diabetes. Selain itu riwayat diabetes tipe 2 pada keluarga, pubertas, perempuan, dan pertumbuhan janin yang terhambat juga merupakan faktor risiko yang meningkatkan insiden terjadinya diabetes tipe 2. Biasanya diabetes tipe 2 didiagnosa pada umur 10-19 tahun.

Beberapa Penyebab Diabetes Di Usia Muda Adalah :

Gorengan

Salah satu makanan yang bisa meningkatkan risiko terkena diabetes adalah gorengan, tentunya anda semua pernah makanan gorengan karena gorengan merupakan cemilan yang paling banyak di sukai banyak orang terutama anak muda. Penyebab diabetes di usia muda adalah karena sering mengkomsumsi gorengan dan selain bisa meningkatkan risiko diabetes melitus terlalu banyak makan gorengan bisa membuat seseorang terkena kolestrol.

Suka Ngemil

Kebiasaan yang sering dilakukan anak muda jaman sekarang adalah mengemil, cemilan seperti keripik kentang, biskuit, kue yang manis dan lainnya sangat di sukai anak-anak muda apalagi pada saat nonton televisi tidak lengkap rasanya bila tanpa cemilan yang bisa di makan, dan kebiasaan mengemil yang sering dilakukan merupakan penyebab yang bisa membuat anda terkena penyakit diabetes melitus.

Teh Manis

Dalam segelas teh manis bisa mengandung 300 kalori dan bila anda sering minum teh manis setiap harinya anda bisa bayangkan berapa jumlah kalori yang anda dapat dari minum satu gelas teh manis setiap hari, teh manis apalagi dengan di tambah es batu memang sangat segar untuk di minum pada siang hari saat cuaca panas, tetapi anda harus mengetahui bahwa mengkomsumsi teh manis secara berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan bisa menyebabkan penyakit diabetes melitus apalagi anda bila anda sering mengkomsumsi makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan.

Jarang Gerak

Kebanyakan dari anak muda jaman sekarang sangat malas untuk melakukan gerak, padahal dengan banyak bergerak bisa membantu membakar lemak di tubuh. Dan salah satu penyebab diabetes ndi usia muda adalah karena seseorang jarang bergerak dan melakukan olahraga.

Sering Merokok Dan Minum Bersoda

Nah, kebiasaan yang banyak di lakukan anak muda saat ini adalah merokok. Merokok sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh selain bisa menyebabkan penyakit diabetes merokok juga bisa menyebabkan penyakit-penyakit yang lainnya apalagi bila di barengi dengan mengkomsumsi minuman yang bersoda, selain bisa membuat gemuk anda juga mempunyai risiko yang tinggi untuk terkena penyakit diabetes melitus.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Di Usia Muda :

  • Hindari makanan yang berlemak tinggi.
  • Kontrol asupan gula yang masuk kedalam tubuh.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.
  • Lakukan olahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu.
  • Perbanyak mengkomsumsi air putih dan kurangi teh manis.
  • Makan-makanan yang berserat dan sehat seperti buah dan sayuran.
  • Istirahat yang cukup dan hindari stres yang berlebihan.

Diabetes Melitus Usia Muda

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*