Diabetes Mellitus Tanda Dan Gejala

Diabetes Mellitus Tanda Dan Gejala

 

Diabetes Mellitus Tanda Dan GejalaDiabetes mellitus atau kencing manis merupakan kelainan sistem insulin karena berlebihnya kadar glukosa di dalam darah. Ada dua jenis diabetes, yaitu diabetes mellitus tipe 1 dan tipe 2. Meskipun keduanya masih berhubungan dengan gula darah berlebih, ada perbedaan mendasar yang patut diketahui, mulai dari penyebab, gejala, dan cara pencegahan.

Diabetes tipe 2 lebih banyak diderita oleh orang dewasa dengan awalan usia 35 ke atas. Seiring berjalannya waktu penderita diabetes mellitus tipe 2 tidak melulu kepada orang tua, tetapi anak muda usia 25 bahkan 20 tahuan ke atas pun sudah banyak yang menderita diabetes. Penyebab umum dari diabetes mellitus tipe 2 adalah pola makan yang kurang tepat dan tidak teratur disertai jarangnya aktivitas olahraga.

Gejala diabetes mellitus tipe 2 sulit untuk dikenali sebelum keluar hasil diagnosis. Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah melakukan tes gula darah. Jika positif mengidap diabetes, yang diakui sebagai cara mengobati diabetes biasanya diawali dengan upaya minum obat oral atau obat telan, merubah pola hidup seperti perbanyak olahraga dan makan teratur, diet (mengurangi asupan karbohidrat), dan lewat pengurangan berat badan juga sering terjadi.

Apa saja gejala awal diabetes mellitus yang timbul pada tahap awal seseorang terkena diabetes? Dibawah ini merupakan tanda gejala awal diabetes melitus :

Mudah merasa lelah

Ciri pertama yang sering orang abaikan ketika melakukan aktivitas sehari-hari adalah mudah merasa lelah, jika tubuh mudah terasa lelah itu tandanya ada kemungkinan penyakit yang mengidap dalam tubuh salahsatunya ciri dari tubuh yang mudah terasa lelah ini adalah ciri awal yang sering diremehkan oleh penderita.

Menurunnya berat badan tanpa diketahui penyebabnya

Jika berat badan turun tanpa sebab maka jangan senang dulu, karena berat badan seseorang tidak akan turun secara tiba-tiba jika ia tidak menjaga pola makan dan juga melakukan aktivitas olahraga sehingga menurunkan berat badan. Jika berat badan turun secara tiba-tiba bisa jadi ini adalah ciri awal seseorang terkena penyakit diabetes melitus tipe 1. Berat badan bisa turun tiba-tiba ini disebabkan jika seseorang terkena diabetes melitus maka penggunaan glukosa dalam tubuh tidak berlangsung normal sehingga lemak yang menimbun ini, dijadikan energi oleh tubuh.

Gejala awal diabetes mellitus merasa sering haus

Ketika tubuh merasa sering haus tanpa adanya sebab yang jelas ini bisa saja merupakan gejala awal pada penyakit diabetes mellitus. Penyebab rasa haus ini terjadi akibat tubuh kehilangan banyak air akibat sering buang air terus-menarus (poliuria) sehingga tubuh membutuhkan kembali pasokan cairan.

Warna kulit menjadi gelap

Salah satu gejala awal diabetes mellitus yang mengindikasikan seseorang terkna penyakit diabetes mellitus adalah munculnya bintik-bintik gelap pada bagian kulit, pada kasus biasanya bintik-bintik ini terjadi pada sekitar leher. Penggelapan pada kulit ini terjadi akbiat insulin yang direspon oleh tubuh sehingga banyak menghasilan pigmen.

Penglihatan yang semakin lemah

Jika penglihatan (mata) seseorang semakin kabur, maka penglihatan akan menjadi tidak fokus penyebabnya terjadi karena tingkat glukosa dalam darah meningkat. Kemudian glukosa tersebut akan meningkat disekitar lensa yang pada akhirnya penglihatan akan sering tidak fokus.

Sering Lapar

Ketika tubuh mudah merasa lapar penyebabnya mungkin saja kadar insulin yang ada dalam tubuh. Seseorang dengan keinginan rasa lapar yang banyak ini dalam dunia medis disebut juga polifagia.

Luka pada tubuh yang lama sembuh

Salah satu cara yang mudah untuk mengenali gejala awal diabetes mellitus pada seseorang adalah dengan melihat luka pada tubuh. Tentunya gejala sembuhnya luka dalam waktu yang lama dibandingkan seperti biasanya ini mengindikasikan bahwa mungkin saja seseorang terkena diabetes mellitus.

Cara mencegah penyakit diabetes mellitus tersebut atau meminimalisir resiko terkena penyakit diabetes melitus dengan cara menghindari faktor-faktor diatas serta memperbaiki pola hidup dan pola makan menjadi lebih sehat lagi agar dapat terhindar dari resiko terkena serangan diabetes mellitus, bahkan untuk orang yang memiliki riwayat keluarga penderita penyakit diabetes melitus pun dapat terhindar dari resiko terkena serang diabetes melitus ini, asalkan dapat merubah dan memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat lagi serta rajin berolah raga.

Diabetes Mellitus Tanda Dan Gejala

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*