Diabetes Mellitus Tipe 1

Diabetes Mellitus Tipe 1

 

Diabetes Mellitus -Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 1 merupakan penyakit autoimun dimana sistem pertahanan tubuh menyerang dan merusak sel-sel yang memproduksi hormon insulin sehingga pankreas tidak dapat memproduksi hormon tersebut. Padahal insulin dibutuhkan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah dengan cara membantu glukosa masuk ke sel-sel tubuh sehingga dapat digunakan sebagai energi untuk beraktivitas.

Proses autoimun dapat terjadi berkaitan dengan kerusakan gen tertentu yang dapat diturunkan dari orangtua kepada anak, namun ini hanya 10% dari kasus DM 1. Kerusakan gen juga dapat terjadi spontan akibat infeksi, polusi, radiasi, atau konsumsi obat.

Diabetes Mellitus Tipe 1

Apa saja Tipe Diabetes Mellitus ?

Jenis utama penyakit ini adalah diabetes mellitus tipe 1 dan tipe 2. Penderita diabetes tipe 1 sangat bergantung pada insulin. Tipe ini juga terkadang dikenal dengan istilah diabetes ‘remaja’ karena umumnya menyerang pasien di bawah usia 40 tahun terutama pada masa remaja.

Organ pankreas dalam tubuh penderita diabetes mellitus tipe 1 tidak memproduksi insulin sehingga penderita harus menerima suntikan insulin tiap hari. Insulin sangat penting karena berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan kerusakan serius pada organ-organ tubuh.

Selain suntikan insulin, penderita diabetes mellitus tipe 1 juga harus menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang. Misalnya dengan pola makan yang sehat, teratur berolahraga, dan tes darah secara rutin.

Tanda Gejala Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1

Diabetes mellitus tipe 1 dapat menimbulkan gejala-gejala sebagai berikut:

Sering Buang Air Kecil

Hal ini terjadi karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa dalam sirkulasi darah. Anak jadi lebih sering buang air kecil dan dalam jumlah yang besar. Mengompol juga bisa menjadi gejala adanya diabetes, terutama jika sebelumnya anak tak pernah mengompol.

Sering Haus dan Banyak Minum

Karena banyak cairan yang dikeluarkan, anak menjadi gampang haus.

Berat Badan Menurun

Tubuh tidak lagi bisa memproses glukosa untuk energi dan mulai memecah otot dan cadangan lemak untuk menghasilkan energi bagi sel-sel yang lapar. Karenanya meski nafsu makan anak normal tetapi berat badannya sulit naik.

Mudah lelah

Tampak kelelahan karena tubuhnya tidak mampu memproses glukosa untuk energi.

Penyebab Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 1

Faktor keturunan atau genetika.

Maksudnya adalah jika salah satu atau kedua orang tua menderita diabetes, maka si anak akan beresiko terkena diabetes.

Yaitu tubuh alergi terhadap salah satu jaringan atau jenis selnya sendiri dan dalam hal ini yang ada dalam pankreas. Tubuh kehilangan kemampuan untuk membentuk insulin karena sistem kekebalan tubuh telah menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin.

Virus atau Zat kimia.

Virus bisa menyebabkan kerusakan pada pulau sel (kelompok-kelompok sel) dalam pankreas tempat insulin dibuat.

Semakin banyak pulau sel yang rusak, maka akan semakin besar kemungkinan seseorang menderita diabetes.

Komplikasi pada Diabetes Melitus Tipe 1

Jika tidak dikontrol dengan baik, diabetes mellitus tipe 1 dapat menimbulkan beberapa komplikasi yang lebih serius, seperti:

Kerusakan Saraf

Kerusakan saraf mengakibatkan gangguan pada sistem sirkulasi darah, khususnya di daerah kaki. Kondisi ini akan menyebabkan luka gores kecil di kaki dengan cepat berubah menjadi luka yang parah dan infeksi. Pada kasus yang serius, kaki yang mengalami infeksi harus segera diamputasi agar luka tidak terus menyebar.

Kerusakan Retina

Sebagian besar penderita diabetes mellitus tipe 1 akan memiliki masalah pada mata. Resiko tersebut akan semakin meningkat setelah 15 tahun menderita diabetes tipe ini. Menjaga level glukosa tetap normal akan menurunkan resiko kerusakan retina.

Kerusakan Ginjal

Penderita diabetes mellitus tipe 1 memiliki resiko mengalami kerusakan ginjal. Resiko ini akan terus meningkat seiring dengan waktu, khususnya setelah menderita diabetes selama 15-25 tahun. Komplikasi ini dapat mengakibatkan kondisi yang lebih serius seperti gagal ginjal atau serangan jantung.

Banyak penderita diabetes mellitus tipe 1 tetap dapat hidup panjang dan sehat. Kuncinya adalah dengan menjaga kadar glukosa dalam darah tetap berada pada level yang normal. Kondisi tersebut dapat dicapai dengan mengatur pola makan/diet yang sehat, pola hidup sehat, olahraga, dan terapi insulin. Penderita diabetes tipe 1 harus mendapatkan injeksi insulin secara teratur, karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara normal.

Penderita diabetes mellitus harus mengecek kadar gula darah darahnya secara teratur, sehingga dapat menentukan pola makan, olahraga dan jumlah insulin yang dibutuhkan oleh penderita diabetes mellitus tipe 1.

Diabetes Mellitus Tipe 1

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*