Diabetes Penyebab Stroke

Diabetes Penyebab Stroke

Diabetes Penyebab Stroke

Diabetes Penyebab Stroke -Diabetes mellitus (kencing manis) seringkali menjadi momok bagi masyarakat. Karena selain pengobatannya butuh waktu yang lama dan tidak bisa disembuhkan, juga bisa menyebabkan kematian mendadak. Diabetes mellitus (kencing manis) seringkali menjadi momok bagi masyarakat. Karena selain pengobatannya butuh waktu yang lama dan tidak bisa disembuhkan, juga bisa menyebabkan kematian mendadak. Terutama bila darah penderita diabetes yang mengalir ke otak maupun jantung mengalami pembekuan, mengakibatkan penderita mengalami serangan stroke dan jantung.

Diabetes dapat mengakibatkan masalah pada jantung yang disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Resiko terhadap stroke menjadi dua kali lipat dalam lima tahun sejak seseorang divonis mengidap diabetes mellitus tipe 2. Diabetes menyebabkan terjadinya sirkulasi darah yang buruk sehingga mempengaruhi tekanan darah dan gangguan pada jantung.

Menjengkelkan memang, karena penderita tidak bisa leluasa untuk menikmati makanan sesuai dengan seleranya. Sebab, jika dia melanggar sedikit saja pantangan yagn telah ditentukan oleh Dokter, maka tak pelak lagi kadar gula dalam tubuhnya akan naik jauh diatas normal. Bila hal ini diabaikan terus berlarut, perlahan tapi pasti akan menyerang organ tubuh lainnya.

Menurut Prof DR. Dr. Satyanegara, SpBS, diabetes merupakan penyakit yang sangat jahat dan berbahaya, karena dapat menimbulkan gangguan pada jantung, ginjal, mata, dan bahkan menimbulkan stroke. Oleh karenanya kepada pengidap diabetes diimbau hendaknya melakukan diet secara ketat, dan minum obatnya pun secara teratur. Kadar gula dalam tubuh yang selalu tinggi menyebabkan darah mengental dan menempel pada dinding pembuluh darah, yang semakina lama kian menebal. Pembuluh darah pun menjadi kaku dan tidak elastis lagi, sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik untuk mengalirkan darah.

Jika kondisi ini tidak mendapat penanganan yang intensif niscaya proses penebalan pada dinding pembuluh darah terus berlangsung, yang akhirnya menimbulkan penyumbatan. Pembuluh darah pun mudah menjadi rapuh dan mudah pecah. Bila ini terjadi pada pembuluh darah otak, timbullah stroke.

STROKE

Stroke terjadi sebagai akibat adanya penyumbatan atau pendarahan pada pembuluh darah di otak. Ada dua jenis penyumbatan, yang pertama yaitu emboli yang terjadi karena adanya gumpalan darah yang menyambut pembuluh darah. Gumpalan darah tersebut terbentuk karena kondisi kelep jantung kurang baik.

Sedangkan jenis penyumbatan yang kedua yaitu trombose, terjadi sebagai akibat menebalknya pembuluh darah yang kian lama semakin tebal dan akhirnya menimbulkan sumbatan. Penyebab penyumbatan jenis trombose ini salah satu diantaranya adalah penyakit diabetes. Gejala yang timbul akibat penyumbatan antara lain susah bicara, pusing, penglihatan terganggu, tergantung di mana lokasi penyumbatan itu terjadi. Yang memprihatinkan sekarang ini, pemderita penyakit ini di negeri kita tampak cenderung meningkat, diperkirakan jumlahnya kini berkisar antara 7-10 juta orang.

PENCEGAHAN

Pada penyakit diabetes mellitus, seperti juga pada penyakit lain, usaha pencegahan terdiri dari, pencegahan primer, yaitu mencegah agar tidak timbul penyakit diabetes, pencegahan sekunder, mencegah walaupun sudah terjadi penyakit komplikasinya tidak timbul dan pencegahan tersier, yaiyu usaha mencegah agar tidak terjadi kecacatan lebih lanjut, walaupun sudah terjadi komplikasi.

Mengingat dampak penyakit ini yang begitu berat bagi penderitanya, karena menyerang saraf-saraf tubuh, untuk mencegah terjadinya kecacatan, harus dimulai dengan deteksi dini komplikasi diabetes mellitus, sehingga komplikasi dapat dikelola dnegan baik, di samping pengelolalan untuk mengendalikan kadar glukosa darahnya. Pemeriksaan pemantauan yang diperlukan untuk mencegah komplikasi yang lebih berat lagi, seperti terjadinya serangan stroke pada penderita diabetes mellitus .

Diabetes Penyebab Stroke

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*