Diet Diabetes, Bagaimana ?

Diet Diabetes, Bagaimana ?

 

Diet Diabetes – Menu diet diabetes  melitus harus mencakup semua fitur untuk memenuhi kebutuhan gizi lengkap dari pasien diabetes. Harus diingat bahwa kebutuhan makanan semua jenis diabetes  melitus  tidaklah sama. Misalnya, menu diet diabetes  untuk penderita diabetes  melitus usia muda dan menu diet diabetes   untuk diabetes  melitus usia dewasa sangat berbeda. Namun, beberapa faktor pokok pada umumnya  sama  seperti kriteria glukosa minimal dan  jumlah lipid. Pada umumnya  sumber menu diet diabetes  sebagian besar  adalah bebas lemak dan tanpa karbohidrat yang berlebihan. Untuk alasan itu, sayuran segar, buah-buahan dan makanan segar paling penting di berikan dalam menu diet diabetes .

Diet Diabetes, Bagaimana ?

Diet Diabetes, Bagaimana ?

Dibawah ini adalah beberapa tips diet dibetes, yaitu :

  1. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi, karbohidrat kompleks

Karbohidrat meberikan pengaruh besar terhadap kadar gula dalam darah. Bukan berarti penderita diabetes harus menghindari karbohidrat sama sekali, melainkan cermat dalam memilih jenis karbohidrat yang dikonsumsi. Secara umum, dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan berserat tinggi, karena akan lebih lambat diuraikan oleh pencernaan sehingga membantu menjaga level gula darah. Selain itu, karbohidrat kompleks akan memberikan energi lebih bagi tubuh dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

2. Cermat dengan yang ‘manis’

Pola makan untuk diabetes tidak berarti menghindari gula sama sekali. Tips untuk tetap mengkonsumsi makanan yang manis (dengan cermat) adalah dengan mengkonsumsinya saat jam makan (sebagai penutup), dan tidak dikonsumsi sebagai snack di luar jam makan.

3. Memilih konsumsi lemak dengan bijak

Lemak bisa bermanfaat untuk diet, namun juga bisa berbahaya. Beberapa jenis lemak tidak menyehatkan bagi tubuh, dan beberapa jenis lainnya memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

  • Lemak yang baik

Lemak yang terbaik adalah lemak tak jenuh, yang banyak ditemukan pada tumbuhan dan ikan. Sumber utama yang populer adalah minyak olive, kacang-kacangan, kedelai, dan juga alpukat. Selain itu, disarankan untuk mengkonsumsi omega-3 (asam lemak omega-3) yang sangat baik bagi metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan otak dan jantung. Sumber omega-3 yang tinggi dapat ditemukan pada ikan salmon, ikan tuna dan juga biji bunga matahari.

  • Lemak yang tidak-baik

Lemak jenuh ditemukan pada daging merah/mentah, telur, keju, mentega, susu kemasan, es krim dan juga pada banyak makanan ringan (snack).

4. Makan secara teratur dan membuat catatan harian

Makan secara teratur berarti makan 3 kali sehari, serta 2 kali makan ringan (snack) di antara jam makan. Kadar gula darah dan berat badan dalam tubuh akan terkontrol dengan sendirinya jika mendapatkan asupan makanan sehat secara teratur. Yang harus diperhatikan adalah porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi saat jam makan dan snack.

  • Jangan lewatkan sarapan/makan pagi

Mulailah setiap hari dengan sarapan yang sehat. Sarapan setiap hari akan memastikan tubuh memiliki cukup energi untuk beraktifitas, serta membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

  • Makan teratur, dengan porsi secukupnya

Tetaplah makan dengan teratur, namun dengan porsi kecil atau secukupnya. Makan teratur memastikan tubuh tidak kelaparan sehingga porsi makan tetap terjaga setiap saat.

  • Jaga asupan kalori yang tetap

Menjaga asupan kalori yang tetap setiap harinya akan membantu menjaga level gula darah tetap stabil.

  • Buatlah catatan harian

Alasan utama adalah rekaman harian tersebut membantu mengidentifikasi masalah/efek makanan yang dikonsumsi dan membantu dalam proses evaluasi program diet diabetes, karena kita dengan mudah dapat membandingkan jenis makanan, porsi, serta waktu makan dengan keberhasilan program menurunkan berat badan.

Tips diet diabetes di atas sebenarnya berlaku bagi siapa saja yang ingin sehat. Tidak ada yang khusus bagi penderita diabetes selain lebih memperhatikan asupan karbohidrat dan menjaga berat badan tetap normal. Lakukan juga olahraga secara teratur, setidaknya 15-30 menit setiap harinya. Olahraga ringan seperti berjalan, jogging, dan bersepeda pun akan memberikan efek positif bagi tubuh, dan membantu bagi dalam melakukan diet diabetes.

Terimakasih telah membaca artikel mengenai tips diet diabetes. Semoga artikel diet diabetes diatas dapat bermanfaat untuk anda. Selamat Mencoba … 🙂

Diet Diabetes, Bagaimana ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*