Fakta Tentang Diabetes Tipe 1

Fakta Tentang Diabetes Tipe 1

Fakta Tentang Diabetes Tipe 1

Fakta Tentang Diabetes Tipe 1

Fakta Tentang Diabetes Tipe 1 – Diabetes adalah penyakit gula yang berbahaya. Bahkan penyakit ini diklaim lebih berbahaya dibandingkan dengan HIV/AIDS. Ketika seseorang terkena diabetes, seluruh hidupnya akan berubah dan tak bisa menjadi ‘normal’ kembali. Mereka harus selalu waspada dengan kemungkinan gula darah yang melonjak serta berhati-hati jika terjadi luka pada tubuh.

Diabetes terdiri atas 2 jenis yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Meski keduanya sama-sama bisa diobati menggunakan obat-obatan dan insulin, namun diabetes tipe-1 diketahui lebih berbahaya dibandingkan diabetes tipe 2. Berikut adalah beberapa fakta penting yang wajib diketahui seputar diabetes tipe 1, seperti dilansir oleh Mag for Woman.

Penelitian terbaru di Taiwan menunjukkan bahwa infeksi enterovirus dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 1. Penelitian nasional di Taiwan telah menghasilkan bukti yang menghubungkan infeksi enterovirus dengan perkembangan diabetes tipe 1 pada anak-anak muda dari usia 18.

Para peneliti melihat data dari sistem asuransi kesehatan nasional Taiwan dari 2000-2007 dan menemukan total 570.133 anak menderita infeksi enterovirus selama waktu itu. Data menunjukkan insiden keseluruhan diabetes tipe 1 lebih tinggi pada remaja yang telah terinfeksi oleh enterovirus, untuk rasio tingkat kejadian 1,48 dari kalangan anak-anak yang terinfeksi.

 

Gejala Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 dapat menimbulkan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Sering merasa haus
  • Sering merasa lapar, khususnya setelah makan
  • Mulut kering
  • Mual hingga muntah
  • Hilangnya berat badan tanpa alasan yang jelas
  • Kelelahan (fatigue)
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Luka atau infeksi pada kulit dan saluran kemih
  • Bernapas dengan cepat, dan
  • Sakit perut

 

Fakta Tentang Diabetes Tipe 1

Banyak orang yang masih suka menyamakan antara diabetes tipe 1 dengan diabetes tipe 2. Berikut di bawah ini merupakan fakta tentang diabetes tipe 1 adapun penjelasannya antara lain :

 

  1. Diabetes tipe-1 adalah penyakit auto-imun

Tak banyak yang mengetahui fakta tentang diabetes tipe 1 yang merupakan penyakit auto-imun. Dalam kasus diabetes tipe-1, pankreas gagal memproduksi insulin, hormon yang membantu tubuh mendapatkan energi dari makanan yang dikonsumsi. Pankreas gagal memproduksi insulin karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel beta. Tak ada obat untuk penyakit ini dan kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh faktor lingkungan dan genetik tak seperti diabetes tipe-2 yang bisa disebabkan oleh gaya hidup dan diet.

 

  1. Semua orang berisiko terkena diabetes tipe-1

Fakta tentang diabetes tipe 1 yang berikutnya karena diet dan gaya hidup tak berkaitan dengan penyakit diabetes tipe-1, jadi penyakit ini bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang tua. Jika seseorang didiagnosis memiliki diabetes tipe-1, dia akan bergantung pada insulin seumur hidupnya baik dengan cara injeksi atau dipompa ke tubuh. Terlambat melakukan injeksi insulin bisa berujung pada kematian.

 

  1. Penyakit yang sulit dirawat

Diabetes dianggap lebih berbahaya daripada HIV/AIDS karena perawatannya yang tak mudah dan akan mengubah hidup pasien selamanya. Fakta tentang diabetes tipe 1 ini memang benar adanya, karena pasien diabetes tipe 1 akan mengalami ketergantungan pada injeksi insulin. Bergantung pada masing-masing orangnya, dosis insulin yang dibutuhkan oleh pasien bisa sangat tinggi. Terkadang insulin harus dipompakan selama sehari atau diinjeksikan berkali-kali selama sehari. Hal semacam ini tak boleh dilewatkan atau bisa menyebabkan akibat yang fatal. – Fakta Tentang Diabetes Tipe 1

 

  1. Gejalanya mirip diabetes tipe 2

Fakta tentang diabetes tipe 1 terakhir diabetes tipe 1 ini memiliki tanda yang hampir sama dengan diabetes tipe 2, misalkan rasa haus yang berlebihan, cepat lelah, sering buang air kecil, peningkatan nafsu makan, perubahan pada kesehatan mata, adanya gula dalam urine, napas yang berbau seperti aroma buah, dan kesulitan bernapas.

 

Ada beberapa mitos yang beredar seputar diabetes tipe 1 seperti hanya anak-anak yang bisa mengalaminya dan injeksi insulin bisa menyembuhkan diabetes tipe 1. Hal ini tidak benar, fakta tentang diabetes tipe 1 berbicara bahwa penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan tak bisa disembuhkan dengan injeksi insulin. Suntikan insulin hanya akan membantu mengontrol tingkat gula darah dan memasok insulin pada tubuh pasien diabetes tipe 1. – Fakta Tentang Diabetes Tipe 1

 

 

Fakta Tentang Diabetes Tipe 1

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*