Faktor Penyebab Diabetes Tipe 2

Faktor Penyebab Diabetes Tipe 2

Faktor Penyebab Diabetes Tipe 2

Faktor Penyebab Diabetes Tipe 2 – Diabetes melitus tipe 2 adalah jenis diabetes yang paling banyak dialami oleh sebagian besar diabetesi. Penyakit diabetes tipe ini juga dikenal sebagai non-insulin-dependent diabetes, di mana tubuh masih dapat memproduksi homon insulin namun kerja hormon insulin terganggu karena tubuh tidak dapat merespons insulin dengan baik.

Umumnya diabetes tipe 2 banyak di derita oleh orang dewasa yang usianya di atas 40 tahun. Tetapi bukan berarti penyakit diabetes tipe 2 ini hanya di derita mereka yang sudah berumur. Seseorang yang baru berusia 20 tahunan juga dapat terserang diabetes melitus tipe 2 ini. Umumnya juga penderita diabetes melitus tipe 2 ini tubuhnya mengalami luka yang susah untuk disembuhkan, bahkan bisa berakhir dengan amputasi di beberapa organ vital. Amputasi dilakukan bukan tanpa tujuan, luka yang sudah membusuk dan terinfeksi sangat mudah untuk menyebar ke organ tubuh lainnya. Untuk menyelamatkan organ tubuh lain agar terhindar dari infeksi dilakukanlah jalan amputasi ini. Faktor penyebab diabetes tipe 2 dapat terjadi akibat beberapa faktor tidak hanya satu, termasuk diantaranya faktor-faktor gaya hidup dan gen. Berikut diuraikan beberapa faktor penyebab diabetes tipe 2, antara lain:

 

  1. Kegemukan, Obesitas, dan Kurang Aktivitas Fisik

Faktor penyebab diabetes tipe 2 pada Anda lebih tinggi jika mengalami kelebihan berat badan, obesitas dan kurang berolahraga atau beraktifitas fisik. Kelebihan berat badan dapat memicu resistensi insulin. Lokasi lemak tubuh juga membuat perbedaan. Lemak perut yang berlebihan bersiko terhadap resistensi insulin, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung dan pembuluh darah. Untuk melihat apakah berat badan Anda menempatkan Anda pada faktor penyebab diabetes tipe 2, cek Body Mass Index (BMI) Anda. Sebagai gambaran, Anda dapat melihat pada Body Mass Index (BMI). Jika perhitungan > 23,0 maka Anda kelebihan berat badan. Dan jika > 24,9 maka Anda mengalami obesitas.

 

  1. Resistensi Insulin

Faktor penyebab diabetes tipe 2 biasanya dimulai dengan resistensi insulin. Suatu kondisi di mana otot, hati, dan lemak sel tidak menggunakan insulin dengan baik. Faktor Penyebab Diabetes Tipe 2Akibatnya, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak insulin untuk membantu glukosa memasuki sel. Pada awalnya, pankreas membuat lebih banyak insulin untuk memenuhi permintaan tubuh. Seiring waktu, pankreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin. Dan pada akhirnya kadar glukosa darah meningkat.

 

  1. Gen dan Riwayat Keluarga

Seperti halnya dalam diabetes tipe 1, gen-gen tertentu dapat membuat Anda juga dapat menjadi faktor penyebab diabetes tipe 2. Penyakit ini cenderung terjadi pada kelompok ras atau etnis tertentu seperti Afrika Amerika, Alaska, Indian Amerika, Amerika Asia, Hispanik, Hawai. Gen juga dapat meningkatkan faktor penyebab diabetes tipe 2 dengan meningkatkan kecenderungan seseorang untuk mengalami kelebihan berat badan ataupun obesitas.

 

  1. Mutasi Genetik

Faktor penyebab diabetes tipe 2 lainnya juga disebabkan oleh mutasi, atau perubahan, dalam sebuah gen tunggal. Perubahan ini biasanya melalui keluarga, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa mutasi gen yang terjadi sendiri. Sebagian besar mutasi gen ini menyebabkan diabetes dengan membuat pankreas kurang mampu membuat insulin. Jenis yang paling umum dari diabetes monogenik adalah diabetes neonatal dan maturity-onset diabetes of the young (MODY). Diabetes neonatal terjadi pada 6 bulan pertama kehidupan. Dokter biasanya mendiagnosa MODY selama masa remaja atau awal masa dewasa. Terkadang penyakit ini tidak didiagnosis sampai di kemudian hari. Cystic fibrosis menghasilkan lendir tebal yang menyebabkan jaringan parut di pankreas. jaringan parut ini dapat menghambat pankreas dalam memproduksi insulin. Hemochromatosis menyebabkan tubuh menyimpan terlalu banyak zat besi. Jika penyakit ini tidak diobati, zat besi dapat merusak pankreas dan organ lainnya.

 

  1. Penyakit Hormonal

Beberapa penyakit hormonal menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak hormon tertentu, yang kadang-kadang menyebabkan resistensi insulin dan diabetes.

  • Sindrom Cushing terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak kortisol (hormon stres).
  • Akromegali terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak hormon pertumbuhan.
  • Hipertiroidisme terjadi ketika kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid.

 

  1. Kerusakan Pankreas

Pankreatitis, kanker pankreas, dan trauma semua bisa membahayakan sel-sel beta atau membuat mereka kurang mampu memproduksi insulin, yang mengakibatkan diabetes. Jika pankreas yang rusak dihapus, faktor penyebab diabetes tipe 2 akan terjadi karena hilangnya sel beta.

 

 

 

Faktor Penyebab Diabetes Tipe 2

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*