Faktor Resiko Penyakit Diabetes

Faktor Resiko Penyakit Diabetes

 

Faktor Resiko Penyakit Diabetes – PFaktor Resiko Penyakit Diabetesenyakit diabetes atau kencing manis adalah penyakit yang paling umum diderita masyarakat luas. Ada banyak penyebab penyakit diabetes melitus, mulai dari faktor keturunan hingga faktor gaya hidup. Penyebab penyakit ini juga bisa dilandaskan pada tipenya. Tiap jenis memiliki pemicu yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sebenarnya, ada tiga tipe diabetes mellitus, yakni DM tipe 1, DM tipe 2, dan diabetes gestasional. Namun, tipe 1 dan tipe 2 adalah yang paling sering terjadi, sedangkan tipe 3 hanya terjadi pada wanita hamil dan tidak semua wanita hamil mengalami masalah ini.

Faktor Resiko Penyakit Diabetes ini ada dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor yang dapat dimodifikasi dan faktor resiko yang tidak dapat dimodifikasi. Dibawah ini adalah penjelasan apa saja yang termasuk dalam Faktor Resiko Penyakit Diabetes.

Faktor Resiko Penyakit Diabetes yang dapat dimodifikasi diantaranya yaitu :

  • Obesitas (kegemukan)

Analisis yang dilakukan di Jakarta melihat adanya korelasi yang bermakna antara obesitas dengan kadar gula darah. Obesitas secara tersendiri tidak sampai menimbulkan diabetes, walaupun hal ini jelas dapat menaikkan kadar gula darah seseorang.

Mekanisme hubungan antara obesitas sebagai Faktor Resiko Penyakit Diabetes, sampai saat ini masih belum diketahui secara jelas benar. Yang sudah diketahui adalah bahwasannya diabetes melitus mempunyai etiologi multifaktorial dengan obesitas sebagai salah satu faktornya.

  • Merokok

Faktor Resiko Penyakit Diabetes yang dapat dimodifikasi kedua yaitu merokok. Merokok merupakan salah satu masalah kesehatanFaktor Resiko Penyakit Diabetes masyarakat di Indonesia karena merokok dapat menimbulkan kematian. Bila pada tahun 2000 hampir 4 juta orang meninggal akibat merokok, maka pada tahun 2010 akan meningkat menjadi 7 dari 10 orang yang akan meninggal karena merokok.

Di Indonesia, 70% penduduknya adalah perokok aktif. Dilihat dari sisi rumah tangga, 57 persennya memiliki anggota yang merokok yang hampir semuanya merokok di dalam rumah ketika bersama anggota keluarga lainnya. Artinya, hampir semua orang di Indonesia ini merupakan perokok pasif.

  • Stressor

Stres memang faktor yang dapat membuat seseorang menjadi rentan dan lemah, bukan hanya secara mental tetapi juga fisik. Penelitian terbaru membuktikan komponen kecemasan, depresi dan gangguan tidur malam hari adalah Faktor Resiko Penyakit Diabetes khususnya di kalangan pria.

Para ahli dari Karolinska Institute Swedia menemukan, pria yang memiliki tingkat stres psikologisnya tinggi tercatat memiliki risiko dua kali lipat menderita diabetes tipe-2 dibandingkan mereka yang tingkat stres psikologisnya rendah.

  • Hipertensi

Hipertensi juga merupakan Faktor Resiko Penyakit Diabetes yang dapat dimodifikasi. Di Amerika telah meneliti hubungan antara tekanan darah dengan diabetes tipe 2 dan menemukan bahwa wanita yang memiliki tekanan darah tinggi berisiko 3 kali terkena diabetes dibandingkan dengan wanita yang memiliki tekanan darah rendah. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa wanita yang memiliki hipertensi, berisiko 3 kali lipat menjadi diabetes dibandingkan dengan wanita yang memiliki tekanan darah optimal.

 

Faktor Resiko Penyakit Diabetes yang tidak dapat dimodifikasi diantaranya yaitu :

  • Umur di atas 45 tahun keatas
  • Faktor keturunan
  • Ras
  • Riwayat menderita diabetes gestasional
  • Mempunyai riwayat melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4,5 kg
  • Jenis kelamin

 

Demikian tadi sahabat sedikit mengenai Faktor Resiko Penyakit Diabetes dan semoga bisa berguna serta memberikan manfaat.

Dengan kita lebih mengenal akan faktor-faktor yang meningkatkan resiko diabetes melitus ini kita diharapkan lebih waspada dan berhati-hati terhadap penyakit ini dan tentunya pencegahan akan selalu lebih baik daripada pengobatan.

 

Faktor Resiko Penyakit Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*