Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita

Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita

Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita

Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita – Faktor resiko diabetes melitus harus disadari oleh setiap orang. Setiap orang yang mempunyai faktor risiko tersebut harus cepat tanggap untuk melakukan pencegahan sedini mungkin.

Sebaiknya, seseorang tidak berfokus pada gejala yang mungkin diidap. Beberapa kasus diabetes tidak menunjukan gejala. Ketika penyakit tidak menunjukkan gejala, maka yang terjadi adalah penyakit yang sudah terlanjur parah dan sulit diatasi. Berikut adalah Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita :

 

  1. Umur dan etnis

Dengan semakin bertambahnya usia, semakin besar pula Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita. Hal ini terutama terjadi jika seseorang itu lebih dari 40 tahun (untuk orang kulit putih), dan lebih dari 25 tahun (untuk kulit hitam, Asia Selatan, dan beberapa kelompok etnis minoritas). Menurut penelitian di Inggris, orang kulit hitam dan orang-orang Asia Selatan memiliki risiko 5 kali lebih tinggi menderita diabetes tipe-2 dibanding orang kulit putih.

Sedangkan ras yang beresiko lebih besar terkena diabetes tipe 1 adalah bangsa Finlandia. Jumlah penderita mencapai 40% dari total populasi. Beberapa negara lain juga beresiko terkena diabetes tipe 1 yakni Denmark, Swedia, Irlandia, Norwegia dan Skotlandia. Beberapa negara tersebut mempunyai penderita diabetes tipe 1 sebesar 20% dari total populasi.

 

  1. Riwayat diabetes dalam keluarga

Jika seseorang memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes, maka risikonya menjadi lebih besar. Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita akan semakin besar untuk menderita diabetes tipe-2 adalah keluarga dekat seperti ayah atau ibu.

 

  1. Berat badan dan jarang berolahragaFaktor Risiko Diabetes Pada Wanita

4/5 orang dengan diabetes tipe-2 mengalami kelebihan berat badan. Semakin berlebih berat badan seseorang, maka risikonya akan semakin besar. Risiko tertinggi dimiliki oleh orang yang kelebihan berat badan dan tidak aktif secara fisik atau jarang berolahraga.

 

  1. Masalah jantung dan stroke

Seorang wanita yang menderita stroke  dan masalah pada jantung memiliki Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita yang lebih besar. Hal ini juga terjadi bagi orang-orang yang menderita hipertensi (tekanan darah tinggi), atau sudah mengalami serangan jantung.

 

  1. Gestational diabetes

Seorang wanita yang mengalami diabetes sementara selama kehamilan (gestational diabetes) memilliki Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita di kemudian hari. Wanita yang melahirkan bayi besar mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi juga.

 

  1. Impaired fasting glycaemia (IFG) – Impaired glucose tolerance (IGT)

Seseorang yang telah didiagnosis memiliki IFG dan IGT tapi tidak memiliki diabetes, memiliki Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita di kemudian hari. Orang dengan IFG atau IGT memiliki tingkat gula darah yang lebih tinggi dibanding orang normal. Untuk mencegah diabetes, sangat penting untuk mengonsumsi diet sehat yang seimbang, menjaga berat badan, serta rutin berolahraga.

 

  1. Masalah kesehatan mental parah

Hasil penelitian menunjukkan wanita dengan masalah kesehatan mental berat, misalnya depresi berat, memiliki Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita.

 

  1. Metabolic Syndrome

Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita lainnya juga bisa akibat dari metabolic syndrome yang merupakan suatu kondisi medis dimana mempunyai tekanan darah berlebih, trigliserida berlebih, kolesterol berlebih dan lingkar pinggang berlebih. Pada metabolic syndrome, tekanan darah di atas 160/90mmHg, kolesterol HDL (baik) kurang dari 40mg/dl, trigliserida darah lebih dari 150mg/dl, lingkar pinggang dari 120 cm dan 88cm wanita.

 

  1. Infeksi

Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita yang terakhir yaitu infeksi bisa saja terjadi dan menyerang pankreas. Ketika pankreas terganggu atau rusak, maka akan menyebabkan produksi insulin terganggu. Selain itu, infeksi itu akan memproduksi sebuah hormon yang sifatnya bertolak belakang dengan insulin. Hormon (counter-insulin) ini menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Jika pankreas sudah rusak dan tidak lagi mampu memproduksi insulin, maka tubuh akan membutuhkan suntikan insulin.

 

 

 

Faktor Risiko Diabetes Pada Wanita

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*