Gejala Diabetes Dan Pencegahannya

Gejala Diabetes Dan Pencegahannya

 

 

Gejala Diabetes -Dari hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ahli kedokteran, dikemukan teori baru yang menyatakan bahwa penyakit diabetes mellitus tidak hanya disebabkan oleh faktor keturunan (genetik), tetapi juga dipengaruhi oleh bebeapa faktor lain yang multi-kompleks, antara lain kebiasaan hidup dan lingkungan.

Gejala Diabetes Dan Pencegahannya

Gejala Diabetes Dan Pencegahannya

Gejala Diabetes Melitus

1. Penglihatan Menjadi Tidak Jelas Atau Kabur

Gejala diabetes penglihatan menjadi tidak jelas. Penderita diabetes atau kencing manis akan mengalami pandangan mata yang semakin lama semakin rabun atau tidak jelas itu disebabkan oleh kadar glukosa didalam tubuh menjadi naik dan merusak pembulu darah sehingga membatasi cairan yang masuk kedalam mata yang mengakibatkan pandangan mata menjadi tidak jelas tetapi gejala seperti ini bisa hilang jika kadar gula darah penderita menjadi normal kembali.

2. Nafsu Makan Meningkat Gejala Diabetes

Gejala diabetes yaitu nafsu makan meningkat. Bagi penderita diabetes melitus atau kencing manis biasanya akan sering merasa lapar, makanan yang masuk kedalam tubuh tidak bisa diserap oleh sel tubuh dengan baik bagi penderita diabetes sehingga makanan yang masuk tidak membuat rasa kennyang sepenuhnya jadi penderita diabetes atau kencing manis akan sering merasakan lapar.

3. Merasa Haus Atau Dehidrasi gejala diabetes

Penderita diabetes atau kencing manis biasanya akan merakasan haus setiap saat, dan pastinya penderita akan minum banyak air sehingga setelah penderita merasakan dehidrasi penderita akan sering buang air kecil.

4. Masalah Kulit

Gejala diabetes yang lainnya adalah masalah pada kulit, orang yang menderita penyakit diabetes atau kencing manis biasanya akan mengalami sirkulasi darah yang membuat kulit menjadi iritasi, kering dan gatal.

5. Luka Lama Sembuh gejala diabetes

Biasanya untuk penderita diabetes tipe kedua atau yang sering disebut dengan diabetes basah jika penderita mengalami luka dibagian tubuhnya maka luka tersebut akan lama sembuhnya bahkan bisa menyebar kebagian yang lainya, hal tersebut disebabkan karena sistem kekebalan didalam tubuh penderita diabetes berkurang sehingga memperlambat proses penyembuhan jika terkena luka atau sebagainya.

6. Sering Kesemutan

 

Gejala diabetes ini terjadi karena pembuluh darah yang rusak, sehingga darah yang mengalir di ujung–ujung saraf pun berkurang.

7. Berat badan turun dengan cepat gejala diabetes

Buat penderita diabetes, jangan senang dulu jika berat badan Anda turun dengan cepat. Ini bukan diakibatkan karena diet yang sukses, namun lebih disebabkan karena pankreas mulai rusak. Pankreas memiliki tugas memproduksi insulin yang digunakan mengolah glukosa menjadi sumber energi. Karena pankreas pada penderita diabetes gagal mengolah gula menjadi energi, maka terjadilah resistensi insulin. Tubuh kemudian akan mencari sumber energi alternatif dengan membakar cadangan lemak dalam tubuh. Jika cadangan lemak habis, maka sasaran selanjutnya adalah otot. Akibatnya bobot tubuh akan terus menyusut.

Pencegahan Diabetes Melitus

1. Konsumsi Makanan Sehat

Bila anda ingin menurunkan kadar gula darah yang tinggi anda bisa mulai dengan mengkomsumsi makanan yang bisa menurunkan gula darah didalam tubuh, makanan yang bisa anda komsumsi untuk menurunkan gula darah adalah ikan salmon, bayam, kedelai, apel, pare, havermut dan masih banyak lagi. Makanan tersebut sangat baik untuk dikomsumsi karena bisa menurunkan kadar gula darah.

2. Olahraga Secara Rutin

Kebanyakan dari penderita diabetes adalah orang-orang yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas. Jadi jika anda ingin mengatasi penyakit tersebut anda bisa mulai dengan cara olahraga secara rutin dan mulai menjalami diet sehat agar penyakit tersebut bisa segera sembuh.

3. Istirahat Yang cukup

Cukup tidur merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh Anda. selain untuk menjaga kebugaran tubuh, tidur selama 6 jam pada malam hari bisa membantu mencegah diabetes melitus, sebab jika Anda kurang istirahat akan membuat hormon kortisol di dalam tubuh semakin meningkat, sehingga insulin semakin meningkat dan gula dara menjadi tidak seimbang.

 

Gejala Diabetes Dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*