Gejala Diabetes Tipe 1

Gejala Diabetes Tipe 1

Gejala DiabetesGejala diabetes melitus tipe 1 pada tahap awal terkadang sulit untuk diketahui oleh pada penderita, terutama jika penderita yang usianya masih muda seperti anak-anak, namun demikian berikut ini sekilas mengenai gejala yang umum diderita pengidap penyakit diabetes melitus tipe satu. Gejala diabetes tahap awal yang sering sekali dialami penderita diabetes melitus tipe 1 adalah sering merasa kelelahan secara berlebihan meskipun tubuh tidak digunakan bekerja berat. Hal ini biasanya disebabkan oleh insulin yang tidak mampu memproduksi energi pada tubuh, sehingga tubuh jadi lemah.

Gejala diabetes lain yang sering timbul adalah mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) yang berlebihan, hal ini diakibatkan oleh tubuh yang terlalu banyak membuang cairan sehingga mengalami dehidrasi. Pada kasus lainnya penderita diabetes melitus tipe 1 ini merasakan peningkatan buang air kecil, kemudian mengalami sakit perut, mual atau muntah, pandangan kabur, mengalami luka yang tidak kunjung sembuh. Selain itu gejala diabetes melitus tipe 1 juga biasanya mengalami penurunan berat badan meskipun penderita makan dalam porsi banyak. Gejala diabetes lainnya penderita mengalami denyut jantung yang cepat dan tekanan darah berkurang biasanya di bawah sekitar 90 / 60.

Gejala Diabetes Tipe 1

Gejala Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 dapat menimbulkan gejala- gejala diabetes sebagai berikut:

  • Sering merasa haus gejala diabetes
  • Sering merasa lapar, khususnya setelah makan
  • Mulut kering gejala diabetes
  • Mual hingga muntah gejala diabetes
  • Hilangnya berat badan tanpa alasan yang jelas
  • Kelelahan (fatigue) gejala diabetes
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Luka atau infeksi pada kulit dan saluran kemih
  • Bernapas dengan cepat, dan
  • Sakit perut gejala diabetes

Mengobati Diabetes Melitus Tipe 1

Diagnosis diabetes melitus sejak dini sangat penting agar pengobatan bisa segera dilakukan. Dengan pendeteksian dini, kadar gula darah penderita diabetes bisa dikendalikan. Pengobatan diabetes bertujuan untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah dan mengendalikan gejala untuk mencegah komplikasi yang mungkin terjadi.

Tubuh penderita diabetes tipe 1 tidak memproduksi insulin lagi sehingga mereka harus menerima suplai insulin dari luar tubuh secara rutin. Mereka juga dituntut untuk belajar menyesuaikan suplai insulin dengan makanan yang dikonsumsi, kadar gula darah, dan aktivitas yang dilakukan. Proses penyesuaian ini harus dilakukan secara bertahap. Beberapa jenis insulin yang bisa digunakan, di antaranya:

  • Insulin kerja panjang yang dapat bertahan satu hari.
  • Insulin kerja singkat yang dapat bertahan maksimal delapan jam.
  • Insulin kerja cepat yang tidak bertahan lama, tapi bereaksi cepat.

Mencegah penyakit diabetes

Di bawah ini ada beberapa upaya yang bisa atau bahkan harus Anda lakukan untuk Mencegah Diabetes :

Pola hidup sehat

Mencegah penyakit diabetes dengan terapkan pola hidup sehat. Buatlah hidup Anda teratur dan terjadwal didalam menjalankan aktivitas kehidupan. Ketidak teraturan dalam pola hidup akan sengat mempengaruhi kerja berbagai organ dan kelenjar.

Ubah menjadi pola makan yang baik dan sehat

Mencegah penyakit Diabetes selanjutnya adalah dengan menJaga diri Anda dari masuknya asupan makanan yang tidak sehat dan beresiko terhadap kesehatan dalam jangka panjang seperti makanan dengan tinggi lemak, makan yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan

Jaga kondisi mental spiritual Anda

Cara Mencegah penyakit diabetes selanjutnya adalah dengan menJauh dari kondisi stres yang berkepanjangan, jauhi dari sikap suka marah, dan selalu menjalin hubungan dengan Tuhan dengan berbagai Ibadah dalam agama. Kondisi mental spiritual sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

Melakukan aktivitas fisik secara rutin

Latihan fisik dapat membantu tubuh meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang membantu kadar gula darah tetap normal. Jadi, berolahraga dengan latihan aerobik dan latihan ketahanan 3-4 kali seminggu secara teratur akan membantu kita mencegah penyakit diabetes. Hal ini bisa dilakukan dengan olahraga, pekerjaan yang penuh dengan aktifitas fisik seperti berbelanja ke pasar dengan jalan kaki dan lain sebagainya

Menjaga berat badan pada batas ideal

Mencegah penyakit diabetes dengan menjaga berat badan. Obesitas memiliki faktor resiko yang sangat tinggi untuk seseorang terserang berbagai penyakit berat seperti jantung koroner, kanker, dibetes melitus, dan penyakit berat lainnya. Sebanyak 80% diabetes mengalami kelebihan berat badan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan orang dewasa yang kegemukan, mengurangi risiko diabetes mereka sebesar 16 persen untuk setiap kilogram berat badan yang hilang. Jadi, upayakan berat badanmu dalam kisaran normal, ya. Coba deh cek berat badanmu di BMI Calculator ini.

Tidak merokok dan minuman beralkohol

Selain terkait dengan diabetes, merokok juga bisa memicu penyakit jantung dan kanker paru-paru. Merokok dapat menurunkan kemampuan tubuh kita untuk memanfaatkan hormon pengatur kadar gula darah.

Gejala Diabetes Tipe 1

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*