Gejala Diabetes Tipe 2

Gejala Diabetes Tipe 2

Gejala Diabetes Tipe 2

Gejala Diabetes Tipe 2 – Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi. Sel-sel dalam tubuh manusia membutuhkan energi dari gula (glukosa) untuk bisa berfungsi dengan normal. Yang biasanya mengendalikan gula dalam darah adalah hormon insulin. Jika tubuh kekurangan insulin atau muncul resistansi terhadap insulin pada sel-sel tubuh, kadar zat gula (glukosa) darah akan meningkat drastis. Inilah yang memicu dan menjadi penyebab penyakit diabetes (diabetes melitus).

Diabetes memiliki dua jenis utama, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Jenis diabetes yang paling umum terjadi adalah diabetes tipe 2. Sekitar 80% pengidap diabetes di Indonesia menderita tipe ini. Diabetes tipe 2 terjadi karena penurunan produksi insulin dalam tubuh sehingga fungsinya tidak maksimal atau tubuh mulai menjadi kurang peka terhadap insulin. Reaksi ini dikenal dengan istilah resistansi terhadap insulin.

Jenis ini biasanya menyerang orang-orang berusia di atas 40 tahun. Tetapi usia pengidapnya akhir-akhir ini bertambah muda. Diabetes tipe 2 juga lebih sering dialami oleh etnis Asia dibanding etnis lain.

Gejala diabetes bervariasi dan ada beberapa yang sama antara gejala diabetes tipe 1 dan Gejala Diabetes Tipe 2. Di antaranya:

  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  • Sering merasa haus dan sering kelelahan.
  • Berkurangnya massa otot.
  • Turunnya berat badan.

Gejala Diabetes Tipe 2 yang lain adalah:

  • Gejala Diabetes Tipe 2 terdapat rasa gatal serta infeksi ragi di sekitar vagina atau penis.
  • Gejala Diabetes Tipe 2 pandangan menjadi kabur akibat lensa mata yang kering.
  • Gejala Diabetes Tipe 2 terdapat infeksi pada kulit.

 

Tingkat keparahan gejala yang di alami tiap penderita berbeda-beda. Selain itu, tidak semua orang mengalami gejala-gejala di atas. Gejala Diabetes Tipe 2 awalnya cenderung ringan. Oleh sebab itu banyak penderitanya yang sering tidak menyadari penyakit yang mereka idap selama bertahun-tahun.

Diagnosis dan pengobatan diabetes secara dini dapat mengurangi risiko komplikasi. Konsultasikanlah kepada dokter secepatnya jika Anda mengalami Gejala Diabetes Tipe 2.

 

Kadar Gula darah yang Terlalu Tinggi (Hiperglikemia)

Gejala Diabetes Tipe 2 disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dari pankreas atau sel-sel tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin. Sebagai hasilnya, kadar gula darah dapat meningkat drastis.

Kadar gula darah yang terlalu tinggi (hiperglikemia) dapat terjadi karena beberapa sebab seperti terlalu banyak makan, turunnya kondisi kesehatan, atau kurangnya dosis obat yang diberikan. Gejala utama hiperglikemia antara lain:

  • Mulut kering
  • Merasa sangat haus
  • Mengantuk
  • Pandangan kabur
  • Sering buang air kecil
  • Pusing

 

Penderita diabetes tipe 2 sebaiknya menjaga kesehatan dengan cermat. Melalui sebuah pemantauan kesehatan, proses pengobatan yang dijalani penderita akan lebih lancar, sekaligus dapat meminimalisasi risiko komplikasi. Langkah-langkah berikut ini juga bisa membantu bagi penderita diabetes.

  • Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang.
  • Teratur dalam berolahraga.
  • Membatasi konsumsi minuman keras.
  • Berhenti merokok.

 

Langkah-langkah Pengobatan Diabetes Tipe 2

Meski diabetes tidak bisa disembuhkan, diagnosis dini sangat penting agar diabetes dapat segera ditangani. Pendeteksian dini memungkinkan kadar gula darah penderita diabetes untuk dikendalikan.

Tujuan pengobatan diabetes adalah untuk mempertahankan keseimbangan kadar zat gula darah dan mengendalikan gejala untuk mencegah komplikasi yang mungkin terjadi. Mengubah gaya hidup juga bisa mengendalikan gejala-gejala diabetes tipe 2, misalnya dengan menerapkan pola makan sehat.

Tetapi jenis diabetes ini adalah penyakit yang progresif. Karena itu penderita diabetes tipe 2 biasanya akan membutuhkan obat-obatan untuk menjaga keseimbangan kadar zat gula darahnya. Proses pengobatan umumnya diawali dengan obat dalam bentuk tablet yang kemudian bisa diikuti dengan terapi suntikan, misalnya insulin.

 

Gejala Diabetes Tipe 2

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*