GEJALA DIABETES MELITUS

GEJALA DIABETES MELITUS

 

 

Gejala Diabetes mellitus – Diabetes melitus atau sering juga di sebut penyakit kencing manis ( gula darah ) yang  merupakan jenis penyakit pada metabolik yang  dapat di sebabkan oleh banyak faktor berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, di mana ketika tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah, sehingga gula yang biasanya diangkut menuju sel – sel tubuh yang digunakan sebagai sumber energi justru malah tercecer dalam aliran darah.

Diabetes melitus juga dapat di sebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin. penyakit diabetes melitus jenis penyakit yang tidak bisa di anggap spele karena penyakit ini sangat berbahaya serta dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh penderita.

GEJALA DIABETES MELITUS

GEJALA DIABETES MELITUS

Diabetes  adalah penyakit yang mempengaruhi gula darah, hal ini terjadi karena glukosa ( gula sederhana ) di dalam darah terlalu tinggi. Sehingga tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan benar atau tidak sempurna. Dalam kinerjanya, makanan setelah cenderung membuat glukosa darah meningkat dan akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin.

Insulin bergerak membuat gula ke dalam sel untuk diubah menjadi energi atau sebagai cadangan energi. Namun, jika terlalu banyak glukosa dalam darah sulit untuk membuat insulin bekerja dengan baik. Hal ini dapat terjadi biasanya pada orang yang memiliki usia lebih dari 30 tahun atau lebih tua.

Dengan kurangnya aktivitas yang mengeluarkan energi dapat menjadi pemicu tumbuhnya penyakit mellitus. Kadar gula darah dalam batasan normal adalah antara 70-110mg / liter.

Gejala diabetes awal sulit untuk dideteksi, karena gejala diabetes yang ditimbulkan sering dianggap ringan dan diabaikan. Karena gejala diabetes awal ini sering dianggap biasa, penderita diabetes sering tidak menyadari bahwa dia sudah harus melakukan beberapa perawatan medis. Banyak juga penderita diabetes yang terlambat ditangani sehingga membahayakan kesehatan bagian tubuh lain.

Penting bagi semua orang untuk tahu gejala diabetes awal, tidak hanya bagi Anda yang berisiko tinggi, tetapi juga Anda yang merasa sehat – sehat saja dan tidak ada bakat diabetes. Jangan jadikan usia muda sebagao patokan untuk waspada, karena semakin banyak penderita diabetes berusia muda bahkan remaja.

Gejala diabetes melitus yang sering  di rasakan pada penderita, diantaranya :

  • Buang air yang berlebih terutama pada malam hari

Gejala diabetes ini disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah tidak bisa ditoleransi oleh ginjal, dan agar urin yang dikeluarkan tak terlalu pekat, ginjal harus menarik sejumlah banyak air dari dalam tubuh.

  • Merasa mudah haus serta banyak minum yang berlebih

Tanpa sebab yang jelas, Anda merasa sangat haus sepanjang hari dan ingin minum. Gejala diabetes ini terjadi karena tubuh kehilangan air akibat poliuria dan membutuhkan kembali pasokan cairan tubuh.

  • Merasa mudah lapar serta banyak makan yang berlebih
  • Sering merasa ngantuk serta mudah lelah

Mengapa lelah? Insulin Anda bermasalah sehingga sel tubuh Anda tak bisa menyerap gula dengan baik. Mau tidak mau tubuh Anda kekurangan energi, dan saat gejala diabetes ini terjadi otak akan merespon Anda kurang makan.

  • Dapat mengalami penelihatan yang tidak jelas atau pengelihatan menjadi kabur
  • Mengalami gangguan pada koordinasi pada anggota tubuh
  • Mengalami penurunan berat badan yang sangat derastis
  • Sering merasakan kesemutan serta gata-gatal pada bagian tangan dan kaki
  • Jumlah urine yang dikeluarkan lebih banyak,
  • Lambat penyembuhan ketika terluka/tergores,
  • Mudah terkena infeksi terutama pada kulit.
  • Kelebihan gula darah di atas 160-180 mg / dl, membuat urin dicampur dengan gula.
  • Ketika gula darah berada dalam tekanan yang lebih tinggi akan terjadi poliuri
  • mual dan pusing,
  • Kurangnya daya tahan tubuh karena terlalu banyak berolahraga yang dilakukan secara tidak teratur
  • Perubahan perilaku seperti mudah tersinggung. Penyebabnya karena penderita diabetes tipe 1 sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil sehingga tidak dapat tidur nyenyak.

Apabila Anda mengalami beberapa gejala diabetes tersebut, ada baiknya Anda melakukan pengecekan untuk mengetahui kadar gula darah. Demikianlah artikel mengenai gejala diabetes melitus. Semoga artikel gejala diabetes melitus ini bermanfaat untuk anda…

GEJALA DIABETES MELITUS

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*