Kegiatan Untuk Penderita Diabetes

Kegiatan Untuk Penderita Diabetes

Kegiatan Untuk Penderita Diabetes -Diabetes adalah penyakit yang membutuhkan perawatan seumur hidup. Apabila sampai terjadi komplikasi seperti penyakit jantung ataupun stroke, maka akibatnya bisa fatal.Oleh karena itu, penderita diabet harus selalu mematuhi beberapa hal untuk mengontrol penyakitnya.

Diabetes ditandai dengan munculnya gula dalam urine karena insulin gagal memproses gula darah. Gangguan semacam ini merupakan salah satu hal yang bisa memicu munculnya penyakit jantung, pembuluh darah dan kerusakan ginjal. Jika tidak dikendalikan dengan baik, penyakit diabet ini akan sangat menurunkan kualitas hidup pasien.

Komplikasi yang ditimbulkan diabetes dapat berupa komplikasi akut dan menahun. Disebut akut karena tubuh jadi mudah terkena infeksi dan sukar disembuhkan. Sedangkan komplikasi menahun akan menyebabkan penebalan dan penyempitan pembuluh darah yang berisiko memicu penyakit lainnya.

Kegiatan Untuk Penderita Diabetes

Kegiatan Untuk Penderita Diabetes

Ada beberapa kegiatan untuk penderita diabetes agar penyakitnya dapat terkontrol, antara lain :

  1. Kegiatan Untuk Penderita Diabetes- Hindari makanan manis dan gaya hidup tidakk sehat

Diabetes merupakan penyakit yang dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan. Pasien harus menghindari makanan yang bisa memperburuk diabet, yaitu yang dapat menaikkan kadar gula darah secara drastis seperti makanan manis dan berkalori tinggi. Rokok, alkohol dan makanan berlemak juga harus dihindari karena berisiko memperburuk diabet.

  1. Kegiatan Untuk Penderita Diabetes- Minum obat untuk diabetes

Ada berbagai macam obat diabetes, baik yang ditelan maupun suntikan. Obat yang ditelan biasanya dimulai dengan dosis kecil kemudian dinaikkan bertahap jika perlu. Obat-obatan diabetes yang umum diresepkan adalah metformin, insulin dan sulfonylureas. Penggunaannya harus dikonsultasikan dengan dokter karena memiliki efek samping.

  1. Kegiatan Untuk Penderita Diabetes- Banyak bergerak dan olahraga

Aktivitas fisik perlu untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Olahraga setidaknya dilakukan 3 – 4 kali per minggu, masing-masing 20 sampai dengan 40 menit. Olahraga teratur dapat membantu menormalkan kadar gula darah, menjaga berat badan serta mencegah penyakit jantung.

Waspada bila terkena hipoglikemi. Hipoglikemi adalah risiko yang dapat terjadi sewaktu berolah raga. Kenaikan penyerapan glukosa oleh otot dapat menurunkan gula darah ke tingkat yang sangat rendah (hipoglikemi). Gejala hipoglikemi adalah badan gemetar, jantung berdebar, keringat bertambah, rasa lapar, pusing, lesu, bingung, dan perubahan mood yang cepat. Bila terkena gejala hipoglikemi:

  • Lakukan tes gula darah untuk mengecek.
  • Konsumsi makanan atau minuman manis, misalnya jus atau manisan buah. Hindari makanan yang mengandung lemak karena menghalangi penyerapan glukosa oleh tubuh.
  • Istirahat selama 10 -15 menit dan lakukan pengecekan lagi sebelum melanjutkan latihan. Jangan meneruskan berolah raga bila gula darah di bawah 100 mg/dl.
  • Bila melanjutkan berolah raga, selalu waspada terhadap munculnya kembali gejala hipoglikemi.
  • Setelah selesai berolah raga, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, roti, dan jagung.
  • Lakukan pengetesan glukosa darah 12 jam setelah latihan yang agak berat untuk mengecek adanya hipoglikemi yang muncul setelah latihan (late onset).
  • Berolahragalah dengan gembira. Untuk meningkatkan dan mempertahankan motivasi Anda berolahraga, bergabunglah dengan klub-klub olah raga diabetes yang ada di dekat tempat tinggal Anda.
  1. Kegiatan Untuk Penderita Diabetes- Rajin mengecek gula darah

Salah satu faktor penyebab komplikasi diabetes adalah kadar gula darah yang tak terkontrol, baik terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Kadar gula darah yang terlalu rendah juga berbahaya sebab dapat menyebabkan hilang kesadaran dan berbuntut kematian. Maka dari itu, tak ada salahnya memiliki alat pengukur kadar gula darah yang bisa digunakan di rumah.

Itulah beberapa kegiatan untuk penderita diabetes yang bisa dilakukan bagi penderita diabetes. Dengan memperhatikan kegiatan untuk penderita diabetes tersebut, semoga dapat membantu Anda.

Kegiatan Untuk Penderita Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*