Makanan Untuk Penderita Diabetes

Makanan Untuk Penderita Diabetes

 Makanan Untuk Penderita Diabetes

Diabetes mellitus merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Diabetes juga dapat dikatakan sebagai penyakit yang disebabkan oleh suatu kelainan dari reaksi kimia dalam hal pemanfaatan yang tepat atas karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan karena tidak cukupnya pengeluaran atau kurangnya insulin.

Insulin adalah suatu hormon yang dihasilkan oleh pankreas untuk mengatur jumlah gula di dalam darah. Gula darah tinggi adalah jika kadar gula darah pada saat berpuasa lebih dari 126 mg/dl dan pada saat tidak berpuasa lebih dari 200 mg/dl. Kadar gula darah biasanya kurang dari 120-140 mg/dl pada 2 jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula maupun karbohidrat lainnya. Kadar gula darah yang normal cenderung meningkat secara ringan tetapi progresif setelah usia 50 tahun, terutama pada orang-orang yang tidak aktif secara fisik.

 

Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja. Sedangkan banyak penderita diabetes tipe 2 yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengidap diabetes selama bertahun-tahun karena gejalanya cenderung tidak spesifik. Beberapa gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 meliputi:

  • Sering merasa haus.
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  • Rasa lapar yang ekstrem.
  • Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Berkurangnya massa otot.
  • Terdapat keton dalam air seni. Keton adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup.
  • Kelelahan.
  • Pandangan yang kabur.
  • Luka yang lama sembuh.
  • Sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih.

 

Jenis makanan apa saja yang dapat membantu menyembuhkan diabetes? Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang dialami banyak orang, faktor utama penyebab diabetes biasanya pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mencegah dan mengobati penyakit ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan juga sambil melakukan aktivitas olahraga secara rutin setiap hari. Bagi anda yang ingin mengobati diabetes dengan dengan obat herbal, anda dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang akan saya bahas pada postingan dibawah ini. Berikut ini merupakan beberapa makanan untuk penderita diabetes yang sangat baik, diantaranya yaitu ;

 

  1. Kacang-kacangan

Menyembuhkan diabetes dengan konsumsi makanan untuk penderita diabetes ini menurut dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwasanya mampu mempercepat masa penyembuhan diabetes secara signifikan. Selain itu, mengkonsumsi kacang kacangan juga dapat mencegah penyakit jantung. Jenis kacang yang baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes yaitu kacang mete, almond dan kacang kenari.

 

  1. Polong-polongan

Jenis makanan untuk penderita diabetes ini juga sangat baik untuk dikonsumsi, ini dikarenakan mengkonsumsi polong-polongan dapat membantu dalam mengontrol kadar gula dalam darah dan mempercepat masa penyembuhan. Hal ini dikarenakan polong-polongan memiliki kandungan yang kaya akan karbohidrat, protein tanpa lemak dan juga serat larut. Makanan tersebut terdiri dari kacang polong, kacang kedelai, kacang merah, lentil dan kacang hijau.

 

  1. Oatmeal

Makanan untuk penderita diabetes yang baik lainnya yaitu oatmeal, makanan ini mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan beta-glukan yang terbukti efektif dalam mencegah dan mengobati penderita diabetes. Selain itu, oatmeal memiliki sarat larut yang dapat memperlambat proses penyerapan glukosa dari makanan yang ada dalam perut.

 

  1. Sayuran hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau sangat disarankan bagi mereka yang menderita diabetes, ini dikarenakan sayuran hijau mampu mengontrol kadar gula dalam darah dan juga menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2. Jenis sayuran yang dapat dikonsumsi yaitu seperti brokoli, bayam, kubis, sawi, kale dan juga salada. Jenis sayuran tersebut rendah kalori dan karbohidrat, sehingga makanan untuk penderita diabetes tersebut sangat baik.

 

  1. Buah jeruk

Menurut dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang menderita penyakit diabetes, cenderung memiliki kadar vitamin C yang sangat rendah di dalam tubuhnya. Maka dari itu, makanan untuk penderita diabetes buah jeruk dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

 

  1. Putih telur

Makanan untuk penderita diabetes ini sangat baik untuk dikonsumsi, karena kandunga proteinnya yang sangat tinggi dan rendah akan kandungan karbohidrat, sehingga dapat membantu dalam mencegah dan mengatasi penyakit yang dideritanya.

 

  1. Yoghurt rendah lemak

Makanan untuk penderita diabetes yoghurt rendah lemak dan gula setiap hari juga dapat membantu dalam mencegah dan mengontrol kenaikan kadar gula dalam darah, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi mereka yang menderita penyakit diabetes.

 

Itulah beberapa jenis makanan untuk penderita diabetes yang dapat membantu dalam proses mengobati diabetes.

 

Makanan Untuk Penderita Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*