Mencegah Penyakit Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes

 

Mencegah Penyakit Diabetes -Perlu Anda ketahui, semakin luasnya penyebaran penyakit diabetes melitus tidak lepas dari semakin jeleknya pola hidup dan pola makan pada masyarakat kita saat ini. Tuntutan berbagai pekerjaan yang harus serba cepat menuntut seseorang tidak lagi memperhatikan pola hidup dan pola makannya. Mereka banyak mengalami berbagai tekanan kehidupan yang harus serba cepat sehingga pola makanpun harus serba cepat dan instan. Akibatnya mereka tidak lagi memperhatikan lagi asupan-asupan bagi tubuh mereka.

Ditambah lagi berbagai tekanan kehidupan dan pekerjaan, membuat mereka sering mengalami stres berat dan beban mental. Terjadilah ketidakseimbangan dalam berbagai sestem tubuh mereka. Akibatnya mereka mudah terserang berbagai penyakit berat di mana salah satunya adalah penyakit diabetes melitus dan penyakit jantung serta ginjal. Maka dari itu kita harus mencegah penyakit diabetes agar terhindar dari penyakit ini.

 

Mencegah Penyakit Diabetes

1. Mengurangi Makanan Yang Berlemak

Mencegah Penyakit DiabetesMengurangi makanan yang berlemak untuk mencegah penyakit diabetes. Jangan keseringan memakan-makanan junk food, karena junk food merupakan makanan yang sangat tinggi dengan lemak jenuh. jika Anda abaikan, hal ini membuat kadar kolestrol jahat di dalam tubuh semakin meningkat, yang lambat laun akan berpengaruh pada gula darah didalam tubuh Anda, maka dari itu kurangi makan junk food dari sekarang.

2. Olahraga Secara Rutin

Mencegah Penyakit DiabetesMencegah diabetes dengan olahraga secara rutin. Kebanyakan dari penderita diabetes adalah orang-orang yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas. Jadi jika anda ingin mengatasi penyakit tersebut anda bisa mulai dengan cara olahraga secara rutin dan mulai menjalami diet sehat agar penyakit tersebut bisa segera sembuh.

3. Pertahankan berat badan yang sehat.

Sebagian besar orang yang didiagnosis diabetes (biasanya tipe 2) memiliki berat badan lebih. Kelebihan berat dan lemak tubuh akan meningkatkan risiko terkena diabetes.

4. Hindari minuman manis

Sering minum minuman yang mengandung tinggi gula sangat berbahaya bagi kesehatan terutama orang yang rentan terhadap penyakit diabetes. Berbagai penelitian juga sepakat dengan hal ini. Minum lebih dari seporsi minuman manis setiap hari berisiko untuk mengembangkan diabetes. Soda diet juga sama saja efeknya, malah membuat anda semakin lapar dan ketagihan gula.

5. Mengonsumsi Sayuran

Mencegah Penyakit DiabetesMencegah  penyakit diabetes dengan mengonsusi sayuran. Jika Anda menyukai daging alangkah baiknya mengurangi mengkonsumsi makanan yang satu ini, mengkonsumsi sayuran lebih sehat dibandingkan dengan daging yang dapat meningkatkan resiko terkena diabetes.

6. Kurangi stres

Mencegah penyakit diabetes dengan mengurangi stres. Para ahli percaya bahwa stres memiliki hubungan dengan meningkatnya gula darah sehingga dapat mengembangkan risiko diabetes. Oleh sebab itu, hindari hal-hal yang menyebabkan anda stres. Jikalau anda sedang dilanda stres, carilah solusi untuk mengatasi hal tersebut secepatnya, bisa dengan olahraga seperti renang atau mengonsumsi makanan-makanan yang dapat meredakan stres.

7. Istirahat Yang cukup

Cukup tidur merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh Anda. selain untuk menjaga kebugaran tubuh, tidur selama 6 jam pada malam hari bisa membantu mencegah penyakit diabetes, sebab jika Anda kurang istirahat akan membuat hormon kortisol di dalam tubuh semakin meningkat, sehingga insulin semakin meningkat dan gula dara menjadi tidak seimbang

8. Biasakan sarapan setiap hari

Mencegah penyakit diabetes bisa dilakukan dengan cara mudah seperti kegiatan sarapan di pagi hari, hal ini dikarenakan sarapan dapat mengurangi resiko timbulnya diabetes. Selain itu sarapan juga dapat membantu konsumsi kalori yang berlebih di dalam tubuh. Jadi meskipun Anda sangat malas untuk sarapan, sebaiknya mulai hari ini biasakan aktivitas tersebut untuk mencegah penyakit diabetes yang bisa kapan saja menyerang Anda.

9. Lakukan pemeriksaan kesehatan.

Mencegah Penyakit Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes

Mencegah penyakit diabetes dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Setiap orang yang berusia diatas 45 tahun harus memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah setiap 3 tahun sekali. Namun, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia lebih dini.

 

Mencegah Penyakit Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*