Pantangan Diabetes Kering

Pantangan Diabetes Kering

Pantangan Diabetes Kering – Diabetes kering adalah penyakit yang menyerang tubuh akibat kadar gula darah yang terus mengalami lonjakan. Kadar gula darah yang terus merangkak naik sangat mengganggu cara kerja anggota tubuh untuk membantu memberikan ketahanan yang baik dan optimal bagi tubuh. Selain beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes juga harus menghindari beberapa macam makanan yang dipantangkan untuk anda konsumsi. Makanan dan minuman Pantangan diabetes kering antara lain :

  1. Nasi Merah.

Pantangan Diabetes Kering -Bagi kita yang tidak mengidap penyakit diabetes nasi merah sangat baik dikonsumsi dengan kadar glikemiks yang relatif tinggi. Namun bagi penderita diabetes glikemiks yang tinggi harus dihindari, karena nasi merah mengandung glikemiks tinggi maka penggunaannya dilarang bagi penderita diabetes kering.

  1. Buah pisang, semangka, papaya.

Pantangan Diabetes Kering -Buah ini dilarang karena mengandung kadar gula tinggi sehingga menjadi segolongan buah yang patut anda hindari.

  1. Jus yang manis.

Pantangan diabetes kering -Jus buah memang menyehatkan tubuh karena banyak mengandung vitamin. Penderita penyakit diabetes memang tidak dilarang mengonsumsi buah namun penderita diabetes juga harus memperhatikan buah apa yang dimakannya. Buah ada yang boleh dikonsumsi dan ada juga yang dilarang penggunaannya bagi penderita diabetes. Mengapa jus dilarang?. Jus dilarang karena kandungan gula dalam jus sangat tinggi sehingga mampu memberikan efek merangkak naiknya kadar gula penderita.

  1. Coklat

Pantangan diabetes kering -Coklat adalah makanan yang banyak terdapat didaerah yang bersuhu baik. Di kota Lumajang coklat dapat mudah kita temui di daerah sekitar desa Dampar, kecamatan Pasirian. Coklat tergolong makanan favorit setiap orang, utamanya wanita. Tidak jarang wanita yang senang sekali mengonsumsi buah coklat terjebak dalam kasus penyakit diabetes. Mengapa?, karena coklat memiliki rasa manis yang begitu nikmat sehingga tergolong makanan yang berkadar gula tinggi. Lemak yang dikandung coklat juga menjadi resiko obesitas pada penggemar setianya.

  1. Keranjingan soda
Pantangan Diabetes Kering

Pantangan Diabetes Kering

Dari penelitian yang dilakukan oleh The Nurses’ Health Study II terhadap 51.603 wanita usia 22-44 tahun, ditemukan bahwa peningkatan konsumsi minuman bersoda membuat berat badan dan risiko diabetes melambung tinggi. Para peneliti mengatakan, kenaikan risiko itu terjadi karena kandungan pemanis yang ada dalam minuman bersoda. Selain itu, asupan kalori cair tidak membuat kita kenyang sehingga terdorong untuk minum lebih banyak.

  1. Teh manis
Pantangan Diabetes Kering

Pantangan Diabetes Kering

Tingginya asupan gula menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi. Belum risiko kelebihan kalori. Segelas teh manis kira-kira mengandung 250-300 kalori (tergantung kepekatan). Kebutuhan kalori wanita dewasa rata-rata adalah 1.900 kalori per hari (tergantung aktivitas). Dari teh manis saja kita sudah dapat 1.000-1.200 kalori. Belum ditambah tiga kali makan nasi beserta lauk pauk. Patut diduga kalau setiap hari kita kelebihan kalori. Ujungnya: obesitas dan diabetes.

  1. Gorengan atau makanan yang digoreng

Pantangan Diabetes kering -Karena bentuknya kecil, satu gorengan tidak cukup buat kita. Padahal gorengan adalah salah satu faktor risiko tinggi pemicu penyakit degeneratif, seperti kardiovaskular, diabetes melitus, dan stroke. Penyebab utama penyakit kardiovaskular (PKV) adalah adanya penyumbatan pembuluh darah koroner, dengan salah satu faktor risiko utamanya adalah dislipidemia. Dislipidemia adalah kelainan metabolisme lipid yang ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol total, LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida, serta penurunan kadar HDL (kolesterol baik) dalam darah.

  1. Rokok

Pantangan diabetes kering -Sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita menemukan bahwa risiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22 persen. Disebutkan pula bahwa naiknya risiko tidak cuma disebabkan oleh rokok, tetapi kombinasi berbagai gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan dan olahraga.

9. Kafein

Pantangan Diabetes Kering -Beberapa penelitian, salah satunya yang berjudul “Diabetes Care” ditulis oleh Hudson Lee dan Kilpatrick pada 2005 menunjukkan kafein memiliki dampak negatif pada penderita diabetes. Untuk itu, akan lebih jika Anda mengurangi minuman yang mengandung kafein.

Pantangan Diabetes Kering

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*