Pantangan Diabetes yang Harus Dihindari

Pantangan Diabetes yang Harus Dihindari

 

 

 

 

Pantangan Diabetes – Diabetes Melitus merupakan salah satu penyakit mematikan nomor tiga setelah penyakit jantung dan penyakit kanker. Penyebab terjadinya Diabetes adalah tidak berfungsinya organ pankreas dalam memproduksi hormon insulin sehingga hormon insulin dalam tubuh berjumlah sangat terbatas.

Efek dari minimnya jumlah hormon insulin adalah tidak terkontrolnya kadar gula dalam darah yang terkandung dalam menu makanan yang dijkonsumsi setiap hari.  Makanan-makanan tertentu jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Oleh karenanya penderita penyakit diabetes harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Makanan pantangan diabetes tentunya makanan atau minuman yang mengandung aktor utama penyebab penyakit kencing manis yaitu gula.

Pantangan diabetes merupakan salah satu bagian penting yang harus dijalani oleh di penderita agar tetap dapat hidup normal dan sehat walaupun ini sangat memerlukan pengorbanan dan kerelaan hati yang luar biasa. Pengaturan pola makan dan minum yang benar dipercaya dapat meminimalisir naiknya gula darah sehingga kadar gula dalam tubuh dapat terus terkontrol.

PANTANGAN DIABETES MELLITUS

Berikut adalah beberapa pantangan diabetes mellitus:

Pantangan Diabetes yang Harus Dihindari

Pantangan Diabetes yang Harus Dihindari

  • Nasi. Nasi makanan pokok masyarakat Indonesia, Namun tidak bagi penderita diabetes. Justru Nasi adalah pantangan diabetes yang pertama. Kandungan karbohidrat sederhana pada nasi dapat menyembabkan lonjakan tinggi kadar gula darah.
  • Mie. Mie juga kaya akan kandungan karbohidrat sederhana. Mie akan membuat kenaikan kadar gula darah melonjak naik sangat cepat. Oleh karenanya, mie menjadi pantangan diabetes kedua setelah nasi. Untuk menjaga kestabilan kadar gula darah, sebaiknya mie dihindari.
  • Buah-buahan dengan kadar gula tinggi. Meski penderita diabetes memerlukan asupan serat, tetapi harus menghindari beberapa jenis buah yang mengandung kadar gula terlalu tinggi seperti durian, nangka serta manga. Untuk itu dianjurkan untuk memakan buah jeruk apel dan pir yang memiliki gula jauh lebih rendah dan aman.
  • Roti. Sebaiknya, ganti roti dengan makanan lain karena roti berbahan tepung bisa membuat kadar gula darah naik seperti halnya mengkonsumsi nasi dan mie.
  • Makanan yang mengandung gula. Makanan yang mengandung gula sudah jelas-jelas jadi pantangan diabetes. Karena tubuh sedang mengalami gangguan produksi insulin yang menyembabkan tidak ada lagi yang mengontrol kadar gula darah, Maka makanan yang mengandung gula tentu saja harus dikurangi.
  • Makanan Instan. Makanan instan tidak memiliki jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh, mengkonsumsi makanan instan secara terus menerus membuat tubuh jadi kekurangan nutrisi karena kebutuhan nutrisi tubuh tidak terpenuhi agar tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik.
Pantangan Diabetes yang Harus Dihindari

Pantangan Diabetes yang Harus Dihindari

  • Kafein dan Alkohol. Alkohol adalah minuman yang memperberat kinerja hati dan pankreas yang bertugas memproduksi hormon insulin. Hindari segala jenis minuman yang mengandung alkohol dan juga kafein. Dampak yang dibawa oleh kedua jenis minuman ini terhadap penyakit diabetes mellitus selalu buruk.
  • Makanan Berlemak. Makanan berlemak, makanan berminyak dan yang mengandung gula seringkali memberikan asupan kalori yang terlalu berlebihan. Sementara itu, kandungan nutrisinya malah lebih sedikit. Inilah yang menyebabkan pantangan diabetes, mengingat umumnya makanan tersebut menjadi pemicu obesitas dan seringkali memicu penyakit diabetes.
  • Olahraga terlalu berat. Olahraga memang disarankan bagi penderita diabetes agar mereka dapat menjaga kestabilan gula darah mereka. Namun mengingat kondisi fisik mereka yang lemah akibat kadar gula darah mereka, disarankan agar melakukan olahraga ringan dan tidak berlebihan. Jika tidak, ditakutkan tubuh akan mengalami dehidrasi dan itu hanya akan memperburuk kondisi kesehatan mereka. Pantangan makanan untuk penderita diabetes

Bagi penderita diabetes perbanyaklah makan Sayuran. Bagi penderita Diabetes Melitus bisa memperbanyak porsi sayuran setiap hari karena manfaatnya yang sangat baik untuk tubuh. Konsumsi sayur-sayuran sangat penting untuk mengontrol tubuh dengan serat yang dapat mengikat karbohidrat untuk diabetes. Sayuran menyediakan sumber besar serat, mineral dan vitamin. Adapun sayur-sayuran yang sangat dianjurkan adalah kubis, bayam, brokoli, buncis, wortel, tomat dan paprika.

Itulah sedikit informasi yang dapat kami berikan mengenai pantangan Diabetes melitus. Semoga informasi mengenai pantangan diabetes melitus diatas dapat bermanfaat untuk anda … Selamat mencoba 🙂

Pantangan Diabetes yang Harus Dihindari

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*