Pencegahan Sakit Diabetes, Bagaimana ?

Pencegahan Sakit Diabetes, Bagaimana ?

 

 

Pencegahan Sakit Diabetes – Diabetes mellitus atau kencing manis merupakan penyakit yang ditandai oleh meningkatnya kadar gula darah (hiperglisemia) secara terus menerus, terlebih setelah makan. Terdapat tiga jenis diabetes yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan gestational diabetes, namun yang paling sering dijumpai adalah diabetes tipe 2.

Diabetes terjadi akibat gaya hidup tidak sehat seperti pola makan yang tidak sehat sehingga menyebabkan obesitas dan malas berolahraga. Penyakit diabetes atau kencing manis adalah penyakit yang diakibatkan oleh gangguan dalam metabolisme tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin yang sesuai kebutuhan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan sakit Diabetes, yaitu :

  1. 1.      Perbanyak aktivitas fisik
Pencegahan Sakit Diabetes, Bagaimana ?

Pencegahan Sakit Diabetes, Bagaimana ?

Pencegahan sakit diabetes ini dapat membantu tubuh meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang membantu kadar gula darah tetap normal. Jadi, berolahraga dengan latihan aerobik dan latihan ketahanan 3-4 kali seminggu secara teratur akan membantu kita mencegah diabetes.

  1. 2.      Turunkan berat badan

Sebanyak 80% diabetes mengalami kelebihan berat badan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan orang dewasa yang kegemukan, mengurangi risiko diabetes mereka sebesar 16 persen untuk setiap kilogram berat badan yang hilang. Jadi, upayakan berat badan dalam kisaran normal.

  1. 3.      Hindari merokok

Selain terkait dengan diabetes, merokok juga bisa memicu penyakit jantung dan kanker paru-paru. Merokok dapat menurunkan kemampuan tubuh kita untuk memanfaatkan hormon pengatur kadar gula darah.

  1. 4.      Cek Kesehatan

Pencegahan sakit diabetes selanjutnya adalah dengan cek kesehatan. Nggak ada salahnya jika kita selalu memeriksakan kondisi kesehatan. Mengecek kadar gula darah, dan tekanan darah membantu kita tahu kondisi kesehatan tubuh sendiri.

  1. 5.      Beralih ke gandum dan konsumsi biji-bijian

Para ahli juga sepakat bahwa karbohidrat olahan seperti tepung dan gula dapat meningkatkan risiko diabetes. Sebuah penelitian di Cina yang melibatkan 75.000 wanita, menemukan bahwa wanita yang makanannya memiliki indeks glikemik tinggi, berisiko 21% lebih besar terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang makanannya berindeks glikemik rendah.

  1. 6.      Makan sayuran

Para ahli berbeda pendapat soal makanan terbaik untuk pencegahan sakit diabetes, tetapi semua setuju Anda harus makan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga. Hindari lemak trans, bahan kimia, dan makanan olahan.

Pencegahan Sakit Diabetes, Bagaimana ?

Pencegahan Sakit Diabetes, Bagaimana ?

  1. 7.      Ganti daging merah dengan kedelai

Daging merah memang merupakan sumber protein, namun menurut sebuah penelitian di Boston menemukan bahwa makan daging merah meningkatkan risiko diabetes tipe 2 pada wanita. Oleh sebab itu, gantilah daging merah dengan kedelai. Rasanya tidak sulit untuk menemukan makanan berbahan dasar kedelai, karena tentu anda tidak asing dengan tempe ataupun tahu. Protein pada kedelai dapat membantu mengatur kadar glukosa dan insulin, mengontrol berat badan, dan menurunkan kolesterol.

  1. 8.      Hindari minuman manis

Sering minum minuman yang mengandung tinggi gula sangat berbahaya bagi kesehatan terutama orang yang rentan terhadap penyakit diabetes. Berbagai penelitian juga sepakat dengan hal ini. Minum lebih dari seporsi minuman manis setiap hari berisiko untuk mengembangkan diabetes. Soda diet juga sama saja efeknya, malah membuat anda semakin lapar dan ketagihan gula.

  1. 9.      Kurangi stres

Para ahli percaya bahwa stres memiliki hubungan dengan meningkatnya gula darah sehingga dapat mengembangkan risiko diabetes. Oleh sebab itu, hindari hal-hal yang menyebabkan anda stres untuk pencegahan sakit diabetes. Jikalau anda sedang dilanda stres, carilah solusi untuk mengatasi hal tersebut secepatnya, bisa dengan olahraga seperti renang atau mengonsumsi makanan-makanan yang dapat meredakan stres.

  1. 10.  Tidur cukup

Tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup akan meningkatkan rasa lapar, yang mengarah ke penambahan berat badan, dan selanjutnya meningkatkan risiko terkena diabetes. Tidurlah setidaknya 7 jam per malam untuk pencegahan sakit diabetes.

  1. 11.  Konsumsi kayu manis

Dalam sebuah studi tahun 2003, peneliti Pakistan bersama dengan Richard Anderson, seorang ilmuwan dengan Departemen Pertanian AS, menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram kayu manis setiap hari dapat mengurangi gula darah. Walaupun penelitian di Amerika masih ragu soal ini, namun para ahli diabetes tetap merekomendasikan kayu manis untuk dikonsumsi.

Terimakasih telah membaca artikel mengenai pencegahan sakit diabetes. Semoga artikel mengenai pencegahan sakit diabetes diatas dapat bermanfaat untuk anda … 🙂

Pencegahan Sakit Diabetes, Bagaimana ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*