Pengaruh Buruk Diabetes

Pengaruh Buruk Diabetes

 

Pengaruh Buruk DiabetesPengaruh Buruk Diabetes – Setelah kita makan dan minum, tubuh memecah gula dalam darah dan mengubahnya menjadi glukosa. Glukosa bekerja melalui aliran darah dan memberikan energi pada tubuh. Untuk mencapai hal ini, pankreas dalam tubuh harus menghasilkan hormon yang disebut insulin. Pada orang yang mengalami diabetes, pankreas yang baik menghasilkan terlalu sedikit insulin bahkan tidak sama sekali atau tidak dapat digunakan secara efektif. Hal inilah yang memungkinkan kadar glukosa meningkat sementara sel-sel oleh energi yang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Sehingga hal ini menyebabkan datangnya berbagai masalah yang hampir mempengaruhi setiap bagian dari tubuh.

 

Pengaruh Buruk Diabetes

Diabetes dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 merupakan gangguan sistem kekebalan tubuh, dimana pasien sendiri menyerang sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas. Dimana hidup pada penderita diabetes tipe 1 bergantung terhadap insulin. Diabetes tipe 1 biasanya sering menyerang pada anak atau remaja.

Sedangkan pada jenis diabetes tipe 2, dimana kondisi ini terjadi pada pankreas yang mulain ketat dalam memproduksi insulin. Namun sel-sel yang membutuhkan energi tidak merespon secara normal untuk memproduksi jumlah insulin. Selain itu, jenis diabetes tipe 2 lebih mempunyai sifat yang berbahaya bagi tubuh dibandingkan dengan diabetes tipe 1. Diabetes yang terjadi pada ibu hamil, mereka lebih dikenal dengan sebutan diabetes gestasional.

Sebagian besar penyakit diabetes dapat ditangani sejak dini, jika mereka melakukan pola hidup sehat. Dimana hal ini dapat dilakukan dengan sering berolahraga, menjaga asupan makanan yang baik dan lainnya.

 

Inilah beberapa Pengaruh Buruk Diabetes, diantaranya :

  1. Endokrin, Ekskresi, dan Sistem Pencernaan

Pengaruh Buruk Diabetes yang pertama yaitu berefek pada endokrin, ekskresi dan sistem pencernaan. Pankreas berperan dalam memproduksi dan melepaskan insulin untuk membuat energi dari gula. Jika pankreas menghasilkan insulin sedikit atau bahkan tidak, hal ini membuat hormon alternatif yang digunakan untuk mengubah lemak menjadi energi. Dimana Pengaruh Buruk Diabetes ini juga menciptakan tingkat tinggi bahan kimia beracun, termasuk asam dan badan keton yang dapat menyebabkan kondisi yang disebut ketoasidosis diabetikum. Ini adalah komplikasi serius yang dapat ditandai dengan gejala haus yang ekstrim, sering buang air kecil dan kelelahan. Bahkan jika mereka tidak ditangani dengan segera, maka Pengaruh Buruk Diabetes tersebut dapat menyebabkan hilangnya kesadaran bahkan kematian.

  1. Pengaruh Buruk Diabetes terhadap organ ginjal

Dimana Pengaruh Buruk Diabetes pada organ tubuh untuk menyaring produk limbah dari darah. Jumlah peningkatan protein dalam urin dapat menjadi salah satu tanda bahwa ginjal tidak berfungsi dengan baik. Penyakit ginjal yang terkait dengan diabetes disebut nefropati diabetik.

  1. Diabetes Hiperglikemik Hiperosmolar Syndrome (HHS) terjadi pada diabetes tipe 2

Dimana Pengaruh Buruk Diabetes ini melibatkan kadar glukosa darah menjadi sangat tinggi tetapi tanpa keton. Mereka sering ditandai dengan gejala dehidrasi dan kehilangan kesadaran. Kadar glukosa darah yang tinggi dapat membuat sulit bagi perut Anda untuk benar-benar kosong (gastroparesis). Pada gilirannya, penundaan menyebabkan kadar glukosa darah meningkat.  – Pengaruh Buruk Diabetes

  1. Sistem sirkulasi

Kadar glukosa darah yang tinggi dapat berkontribusi untuk pembentukan deposit lemak di dinding pembuluh darah. Seiring waktu, Pengaruh Buruk Diabetes ini dapat membatasi aliran darah dan meningkatkan risiko pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis). Kurangnya aliran darah dapat mempengaruhi tangan dan kaki. Sirkulasi yang buruk juga dapat menyebabkan nyeri pada betis saat Anda sedang berjalan (klaudikasio intermiten).

Orang dengan diabetes sangat rentan terhadap masalah kaki karena pembuluh darah menyempit di kaki dan kaki. Kaki Anda mungkin merasa dingin, dan Anda mungkin tidak dapat merasakan panas karena kurangnya sensasi. Pengaruh Buruk Diabetes juga dapat meningkatkan risiko mengembangkan infeksi atau ulkus kaki. Aliran darah yang buruk dan kerusakan saraf meningkatkan kemungkinan mengharuskan kaki untuk diamputasi. Diabetes meningkatkan risiko Anda terkena tekanan darah tinggi, Pengaruh Buruk Diabetes ini dapat memberikan tekanan pada jantung. Menurut National Information Diabetes Clearinghouse, orang dengan diabetes memiliki dua kali lipat risiko penyakit jantung atau stroke dibandingkan orang tanpa diabetes.

  1. Sistem integumenPengaruh Buruk Diabetes

Dimana Pengaruh Buruk Diabetes dapat mempengaruhi kondisi terhadap kulit. Kurangnya kelembaban dapat menyebabkan kulit pada kaki menjadi kering dan retak. Namun terlalu lembab, juga dapat memicu kulit rentan terhadap infeksi jamur atau ragi.    – Pengaruh Buruk Diabetes

  1. Sistem syaraf pusat

Pengaruh Buruk Diabetes juga dapat menyebabkan kerusakan saraf atau lebih dikenal dengan neuropati perifer yang dapat mempengaruhi persepsi Anda dari panas, dingin, dan rasa sakit, sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap cedera.

  1. Pengaruh Buruk Diabetes dapat berpengaruh terhadap mata

Pengaruh Buruk Diabetes ini biasanya menyebabkan pembengkakan dimana pembuluh darah bocor dimata atau lebih dikenal retinopati diabetik, dimana hal tersebut dapat menyebabkan kondisi kebutaan.

  1. Sistem reproduksi

Hormon-hormon kehamilan dapat menyebabkan diabetes gestational. Ini juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi (preeklampsia atau ecclampsia). Dalam kebanyakan kasus, diabetes gestasional mudah dikontrol, dan kadar glukosa kembali normal setelah bayi lahir. Pengaruh Buruk Diabetes pada wanita dengan diabetes gestasional mungkin memiliki bayi dengan berat lahir lebih tinggi, membuat pengiriman lebih rumit. Pengaruh Buruk Diabetes pada wanita yang telah memiliki diabetes gestasional harus dipantau, karena ada peningkatan risiko mengembangkan diabetes dalam waktu sepuluh tahun.   – Pengaruh Buruk Diabetes

 

Itulah sedikit informasi mengenai Pengaruh Buruk Diabetes, semoga informasinya bermanfaat ..

 

 

 

Pengaruh Buruk Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*