Penyakit Diabet dan Pencegahannya

Penyakit Diabet dan Pencegahannya

 

Penyakit DiabetPenyakit diabet banyak menyerang kaum wanita (bukan tidak mungkin laki-laki) terutama yang sudah dewasa, karena faktor jarangnya memperhatikan makanan. Tetapi sekarang ini juga banyak penderita yang masih remaja seusia belasan tahun sudah mengidap penyakit ini. Oleh sebab itu bagi kita yang memiliki keluarga yang terkena penyakit diabet agar segera mewaspadainya sejak dini hari (keturunan yang mengidap penyakit tersebut misal anak dan cucu) agar jangan sampai setelah tua nanti baru merasakan akibatnya.

GEJALA PENYAKIT DIABET

  1. Sering buang air kecil (Dalam tiap jamnya)
  2. Selalu merasa haus (Padahal baru saja minum)
  3. Selalu merasa lapar (Padahal baru makan beberapa menit yang lalu)

MENCEGAH PENYAKIT DIABET

Penyakit diabet merupakan penyakit yang cukup mematikan. Lebih lagi penyakit diabet bisa dikatakan sebagai gerbang untuk penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung, penyakit kanker, dan penyakit berat lainnya. Anda pun  harus tahu bahwa biaya pengobatan penyakit diabet tidaklah murah. Jadi segera lakukan berbagai upaya untuk mencegah penyakit diabet.

Di bawah ini ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk mencegah Penyakit Diabet :

Penyakit Diabet dan Pencegahannya

Penyakit Diabet dan Pencegahannya

  1. Tahu apa itu diabetes. Sebelum memulai tindakan pencegahan terhadap penyakit, diabet sangat penting untuk mengetahui apa sebenarnya diabetes itu. Setelah Anda akrab dengan penyakit ini, Anda dapat memulai terapi pencegahan Anda dengan mudah.
  2. Terapkan pola hidup sehat. Buatlah hidup Anda teratur dan terjadwal didalam menjalankan aktivitas kehidupan. Ketidak teraturan dalam pola  hidup akan sengat mempengaruhi kerja berbagai organ dan kelenjar
  3. Jaga kondisi mental spiritual Anda. Jauhkan dari kondisi stres yang berkepanjangan, jauhi dari sikap suka marah, dan selalu menjalin hubungan dengan Tuhan dengan berbagai Ibadah dalam agama. Kondisi mental spiritual sangat berpengaruh terhadap kesehatan.
  4. Terus bergerak. Aktivitas fisik dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik atau aktivitas fisik semacamnya dapat membantu mencegah penyakit diabet.
  5. Jaga berat bandan pada batas ideal. Anda mengalami Obesitas atau kegemukan? Segera turunkan berat badan Anda. Obesitas memiliki faktor resiko yang sangat tinggi untuk seseorang terserang berbagai penyakit berat  seperti penyakit diabet, jantung koroner, kanker, dan penyakit berat lainnya.
  6. Jauhi rokok dan minuman beralkohol. Anda merokok dan suka minuman beralkohol? Hati-hati ! Anda telah menyiapkan masa depan yang sangat membahayakan terhadap kesehatan Anda. Anda sengat rentan untuk terserang penyakit diabetes dan penyakit berat lainnya dikemudian hari.
Penyakit Diabet dan Pencegahannya

Penyakit Diabet dan Pencegahannya

  1. 7. Konsumsi kayu manis. Mengonsumsi 1 gram kayu manis setiap hari dapat mengurangi gula darah. Walaupun penelitian di Amerika masih ragu soal ini, namun para ahli diabetes tetap merekomendasikan kayu manis untuk dikonsumsi.
  2. 8. Minum kopi. Wanita yang minum kopi sebanyak enam cangkir atau lebih per hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar hampir 30 %, meskipun hal tersebut dapat menimbulkan risiko kesehatan lainnya. Jadi, konsumsilah kopi sesuai kebutuhan. Kopi kaya akan antioksidan, termasuk asam klorogenat dan magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.
  3. 9.      Hindari minuman manis. Sering minum minuman yang mengandung tinggi gula sangat berbahaya bagi kesehatan terutama orang yang rentan terhadap penyakit diabet. Berbagai penelitian juga sepakat dengan hal ini. Minum lebih dari seporsi minuman manis setiap hari berisiko untuk mengembangkan penyakit diabet. Soda diet juga sama saja efeknya, malah membuat anda semakin lapar dan ketagihan gula.
  4. 10.  Penuhi kebutuhan akan vitamin D. Vitamin D yang bisa kita dapatkan dari paparan sinar matahari, berperan terhadap sensitivitas insulin dan sekresi, mencegah penyakit diabet, dan mengurangi komplikasi bagi mereka yang sudah didiagnosis. Vitamin D juga bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi susu rendah lemak, ikan, dan suplemen vitamin D.
  5. 11.  Tidur cukup. Tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup akan meningkatkan rasa lapar, yang mengarah ke penambahan berat badan, dan selanjutnya meningkatkan risiko terkena penyakit diabet. Tidurlah setidaknya 7 jam per malam.

Sekian tips mengenai Penyakit diabet dan pencegahannya. Semoga tips pencegahan penyakit diabet diatas dapat bermanfaat untuk anda … 🙂

 

Penyakit Diabet dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*