Penyakit Diabetes Adalah

Penyakit Diabetes Adalah

 

Penyakit Diabetes Adalah

Penyakit Diabetes -Penyakit diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Penyakit diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol.

Terkadang dalam satu porsi makanan terdapat kadar gula yang melebihi batas kewajaran, sehingga wajar saja jika peduduk di Indonesia menjadi penduduk yang banyak mengalami penyakit diabetes.bahkan diusia yang masih belia banyak muda-mudi yang terkena diabetes. Penyakit diabetes yang sering dialami oleh penduduk di Indonesia terjadi karena 2 faktor yakni faktor internal, dan faktor eksternal.

Faktor eksternal meliputi :

  • Obesitas atau kegemukan, hal ini biasanya terjadi pada usia kepala 4 atau 40an.
  • Pola atau gaya hidup yang cenderung tidak sehat, seperti seringnya mengkonsumsi makanan siap saji atau makanan instan. Yang memiliki kadar gula atau kalori yang terlalu tinggi.
  • Merokok terlalu sering dan stress berat
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara menggoreng
  • Makan yang terlalu berlebihan, menimbulkan lemak menumpuk, sehingga kelenjar pankreas harus bekerja ekstra 2 kali lipat utnuk memproduksi hormon insulin guna mengolah kadar gula yang masuk. Namun jika pankreas tidak dapat mengolah kadar gula yang masuk dalam tubuh maka kelebihan gula tersebut tidak dapat dicerna sehingga akan masuk kedalam darah dan urine (air kencing)

Sedangkan penyebab penyakit diabetes dari faktor internal adalah karena:

  • Faktor genetik atau dari keturuunan
  • Tingkat kolesterol yang tinggi pada tubuh
  • Tingginya Triglycerid yani salah satu molekul lemak yang sangat tinggi didalam tubuh
  • Rusaknya sel pankreas didalam tubuh

Apa Saja Penyebab Diabetes Melitus?

Penyebab penyakit diabetes melitus yang dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang menyebabkan gula darah tinggi (hiperglikemia) dapat disebabkan oleh :

  1. Malas bergerak

Gaya hidup pasif seperti kebiasaan duduk terlalu lama di depan televisi, komputer, memilih naik lift daripada naik tangga, dan jarang berolahraga merupakan penyebab diabetes melitus yang bisa memicu timbulnya diabetes. Karena semakin sedikit bergerak, semakin sedikit pula kalori tubuh kita yang terbakar. Penelitian di Harvard AS membuktikan jika kebiasaan menghabiskan banyak waktu di depan tv punya risiko menderita diabetes hingga 14 persen.

  1. Sering makan-makanan yang di goreng atau gorengan

Makanan yang digoreng atau gorengan yang kita makan merupakan salah satu penyebab penyakit diabetes melitus. Ditambah apabila memiliki riwayat diabetes. Gula di dalam darah akan semakin terikat dengan minyak makanan. Minyak yang berubah menjadi lemak ini akan menghambat jalannya darah dan tentunya akan semakin meningkatkan laju gula darah terus meningkat.

  1. Kurang Tidur

Penyebab diabetes melitus yaitu kurang tidur. Gaya hidup seperti pola & kualitas tidur yang tidak baik juga bisa memicu timbulnya penyakit diabetes. Penelitian menunjukkan, kurang tidur akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memetabolisme gula dengan benar, karena menurunkan kadar insulin dalam tubuh kita. Selain itu, masih ada efek buruk lainnya yang bisa kamu simak di sini .

  1. Stres

Penyebab penyakit diabetes melitus tidak hanya disebabkan karena makanan gula saja. Faktor psikologis seperti stress pun menjadi salah satu penyebab diabetes. Penelitian dari Harvard School of Public Health pun menyebutkan bahwa wanita yang depresi, presentase untuk terkena diabetes adalah 17%.

  1. Sering mengonsumsi makanan manis

Saat ini banyak sekali produk-produk makanan yang dijual dengan menggunakan bahan pengawet dan pemanis buatan. Ketika seseorang memiliki hobi ngemil makan-makanan yang bersifat manis. Tak menutup kemungkinan memiliki risiko terhadap penyakit diabetes. Di samping itu juga kadar lemak dalam darah pun meningkat.

Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah. Akan tetapi diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Makan makanan sehat rendah kalori dan lemak, lebih aktif secara fisik, khususnya dengan berolahraga, jaga berat badan ideal.

Penyakit Diabetes Adalah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*