Penyakit Diabetes Dan Cara Mencegahnya

Penyakit Diabetes Dan Cara Mencegahnya

Penyakit Diabetes -Diabetes melitus adalah ketidakmampuan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi karena gangguan metabolisme yang terjadi dalam tubuh. Gangguan ini biasanya kronis, yaitu terjadi hingga beberapa waktu yang lama atau gejalanya tidak dapat diketahui dalam waktu yang singkat. Penyakit diabetes dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu penyakit diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan gestational diabetes.

Penyakit Diabetes Dan Cara Mencegahnya

Penyakit Diabetes Dan Cara Mencegahnya

Pada dasarnya tubuh mengolah gula dan karbohidrat dalam makanan untuk dijadikan glukosa. Glukosa adalah zat yang berguna untuk memberikan energi pada tubuh. Glukosa tersebut dikonversi menjadi energi dalam aliran darah dengan bantuan insulin dan hormon, sayangnya penderita penyakit kencing manis tidak bisa memproduksi insulin di pankreas dengan baik. Gangguan produksi indulin di pankreas ini membuat tubuh tidak bisa mengkonversi glukosa menjadi energi yang berguna bagi tubuh.

Glukosa yang tidak terkonversi menjadi energi tersebut bisa menumpuk dalam darah penderita diabetes, sehingga kadar glukosa menjadi sangat tinggi didalam darah. Penumpukkan gula darah ini yang notabene menjadi awalan penyebutan penyakit kencing manis di masyarakat. Penyakit ini akhirnya menjadi sebab terjadinya penyakit lain seperti gangguan ginjal, stroke, penyakit jantung, permasalahan pada indera penglihatan dan gangguan saraf di kaki.

Ciri-ciri yang biasa muncul pada penderita penyakit diabetes melitus diantaranya adalah :

  1. Sering merasakan ingin buang air kecil terutama pada malam hari.
  2. Mudah merasakan haus dan banyak minum.
  3. Mudah merasakan lapar.
  4. Penglihatan sedikit kabur.
  5. Mudah lelah dan sering mengantuk.
  6. Sering merasakan pusing dan mual.
  7. Jika penderita mengalami luka, penyembuhan lukanya buruk.
  8. Sering merasakan kesemutan pada tangan dan kaki.
  9. Koordinasi gerak anggota tubuh terganggu.
  10. Mengalami disfungsi ereksi pada pasien pria.
  11. Mengalami penurunan berat badan.

Penyebab Penyakit Diabetes

Makan yang berlebihan menyebabkan gula dan lemak dalam tubuh menumupuk secara berlebihan. Kondisi tersebut menyebabkan kelenjar pankreas terpaksa harus bekerja keras memproduksi hormon isnulin untuk mengolah gula yang masuk. Jika suatu saat pankreas tidak mampu memenuhi kebutuhan hormon insulin yang terus bertambah, maka kelebihan gula tidak dapat terolah lagi dan akan masuk ke dalam darah serta urine (air kencing). Data statistik di Amerika menunjukkan bahwa 70% dari total penderita penyakit diabetes mellitus, merupakan orang yang memiliki berat berlebih (obessitas).

Tips Mencegah Penyakit Diabetes

Kurangi Berat Badan

80% diabetes dialami oleh kelebihan berat badan. Di sebuah penelitian oleh para ahli mengatakan bahwa orang dewasa yang kegemukan, mengurangi resiko diabetes mereka sebesar 16% untuk setiap kilogram berat badan yang hilang. Jadi, upayakan berat badanmu dalam kisaran normal.

Porsi Makan yang Cukup

Saat makan cobalah untuk menseleksi makanan mana yang terbaik untuk anda makan, dan jangan terlalu berlebihan saat makanan. Dan cobalah untuk mengatur waktu makan anda seperti, 3 kali sehari.

Hindari Merokok

Selain berhubungan dengan penyakit diabetes atau kencing manis, merokok juga dapat memicu munlunya penyakit jantung dan kenker paru-paru. Dan merokokpun dapat menurunkan kemampuan tubuh kita untuk memanfaatkan hormon pengatur kadar gula darah.

Sering-sering Olahraga

Dengan melakukan aktivitas ini maka kadar gula yang ada di dalam tubuh anda, akan membantu untuk mengantarkan glukosa ke bagian-bagian tubuh yang memerlukan energi.

Ganti daging merah dengan kedelai

Pencegahan penyakit diabetes dengan mengganti daging merah dengan kedelai. Daging merah memang merupakan sumber protein, namun menurut sebuah penelitian di Boston menemukan bahwa makan daging merah meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2 pada wanita. Oleh sebab itu, gantilah daging merah dengan kedelai. Rasanya tidak sulit untuk menemukan makanan berbahan dasar kedelai, karena tentu anda tidak asing dengan tempe ataupun tahu. Protein pada kedelai dapat membantu mengatur kadar glukosa dan insulin, mengontrol berat badan, dan menurunkan kolesterol.

Penyakit Diabetes Dan Cara Mencegahnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*