Penyakit Diabetes Dan Cara Pencegahannya

Penyakit Diabetes Dan Cara Pencegahannya

Penyakit Diabetes –Penyakit Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling populer di seluruh dunia. Di Indonesia, jumlah pengidap penyakit diabetes di Indonesia menurut data WHO tahun 2009 mencapai lebih dari 8 juta jiwa. Angka yang cukup tinggi yang menempatkan Indonesia di posisi ke-4 sebagai negara dengan jumlah pengidap diabetes terbanyak di dunia.

Namun banyak penderita tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit diabetes, hingga saat mereka diperiksa oleh dokter atau berdasarkan hasil pemeriksaan ternyata kadar gula di dalam darah di atas ambang batas normal. Mengapa demikian? Karena umumnya penyakit diabetes tidak kentara, sehingga gejala-gejalanya dianggap sebagai gangguan kesehatan biasa yang tidak berbahaya. Namun diabetes tetap harus diwaspadai, karena penyakit ini dijuluki the sillent killer karena bisa menyebabkan kematian akibat komplikasi yang ditimbulkan penyakit ini.

Beberapa komplikasi akibat penyakit diabetes antara lain penyakit ginjal, serangan jantung, luka dan infeksi yang sulit sembuh hingga harus diamputasi, stroke, dan bahkan kematian akibat komplikasi-komplikasi tersebut. Tidak semua penderita penyakit diabetes menderita salah satu atau lebih komplikasi tersebut. Namun, bagaimanapun, sebaiknya penyakit diabetes dicegah sejak dini.

Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

Gejala Penyakit Diabetes

Sebelum membahas cara mencegah penyakit diabetes, ada baiknya kita mengetahui apa saja gejala diabetes. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Mudah capek. Umumnya penderita diabetes mudah merasa lelah dan lesu.
  • Mudah lapar. Penyebabnya karena pembakaran gula yang tidak sempurna sehingga tubuh tidak mendapat cukup energi sehingga tubuh memberi sinyal lapar.
  • Mudah haus. Para penderita diabetes sering merasa sangat haus.
  • Penurunan berat badan secara tiba-tiba. Penyebabnya karena sewaktu tubuh tidak dapat menyalurkan gula ke dalam sel-selnya, tubuh membakar lemak dan proteinnya sendiri untuk mendapatkan energi.
  • Sering buang air kecil
  • Lebih mudah tersinggung dan marah. Penyebabnya karena penderita diabetes sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil sehingga tidak dapat tidur nyenyak.
  • Sering kesemutan

Agar terhindar dari penyakit diabetes, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah :

  1. Terus bergerak

Aktivitas fisik dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik atau aktivitas fisik semacamnya dapat membantu mengendalikan diabetes. (ADA) American Diabetes Association merekomendasikan untuk latihan aerobik ringan seperti senam atau tenis setengah jam setiap kali latihan, 5 kali per minggu. Hal ini juga diperkuat dengan sebuah penelitian selama 16 tahun oleh Harvard School of Public Health yang menemukan bahwa jalan kaki setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 sebesar 30%.

  1. Beralih ke gandum dan konsumsi biji-bijian

Roti tawar, nasi putih, dan kentang tidak hanya menyebabkan lingkar pinggang membesar, namun makanan tersebut juga memiliki indeks glikemik yang tinggi, menyebabkan lonjakan gula darah dan kadar insulin. Para ahli juga sepakat bahwa karbohidrat olahan seperti tepung dan gula dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes. Sebuah penelitian di Cina yang melibatkan 75.000 wanita, menemukan bahwa wanita yang makanannya memiliki indeks glikemik tinggi, berisiko 21% lebih besar terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang makanannya berindeks glikemik rendah.

Anda disarankan untuk mengontrol pengonsumsian karbohidrat dan beralih ke gandum. Roti gandum, seral, dan makanan sejenisnya sangat baik untuk mencegah diabetes karena memperlambat penyerapan karbohidrat. Penelitian lain dari Harvard School of Public Health juga menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi rata-rata 2-3 porsi biji-bijian per hari, 30% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi biji-bijian.

  1. Cobalah cuka apel

Dua sendok makan cuka apel sehari dapat menurunkan lonjakan gula darah. Hal ini berdasarkan serangkaian penelitian oleh Carol Johnston, Ph.D., profesor dan direktur program gizi dari Arizona State University, yang menemukan bahwa cuka apel dapat menurunkan gula darah. Anda bisa menambahkan cuka apel pada makanan anda.

  1. Konsumsi kayu manis

Dalam sebuah studi tahun 2003, peneliti Pakistan bersama dengan Richard Anderson, seorang ilmuwan dengan Departemen Pertanian AS, menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram kayu manis setiap hari dapat mengurangi gula darah. Walaupun penelitian di Amerika masih ragu soal ini, namun para ahli diabetes tetap merekomendasikan kayu manis untuk dikonsumsi.

  1. Minum kopi

Sebuah penelitian yang melibatkan 125.000 peserta (84.276 adalah wanita) oleh Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa wanita yang minum kopi sebanyak enam cangkir atau lebih per hari dapat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 sebesar hampir 30 %, meskipun hal tersebut dapat menimbulkan risiko kesehatan lainnya. Jadi, konsumsilah kopi sesuai kebutuhan. Kopi kaya akan antioksidan, termasuk asam klorogenat dan magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*