Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

 

Penyakit Diabetes – Gaya hidup sehat yang seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang membuat timbulnya penyakit yang merugikan kesehatan tubuh. Berbagai penyakit itu muncul dengan berbagai macam faktor dan salahsatunya adalah asupan makanan yang tidak seimbang selain itu gaya hidup sehat yang sering diabaikan oleh banyak orang menjadi faktor utama banyak orang terserang bermacam-macam penyakit.

Penyakit Diabetes atau gula merupakan salahsatu penyakit yang menyerang tubuh manusia juga kerap dialami oleh banyak orang, penyebabnya antara lain dari keturunan dan juga kebiasaan hidup sehari-hari yang mungkin kurang simbang sehingga penyakit ini timbul dan menyerang tubuh seseorang tersebut.

Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

Gejala Awal Penyakit Diabetes

Pencegahan secara dini perlu Anda ketahui dengan memahami gejala-gejala awal yang timbul dari penyakit diabetes ini. Apalagi penyakit ini tidak hanya menyerang orang tua dan juga bisa menyerang anak-anak hingga remaja. Adapun gejala diabetes adalah sebagai berikut:

  • Mudah lelah. Perlu diwaspadai jika seseorang mudah merasa lelah ketika melakukan aktivitas harian
  • Permasalahan pada salah satu organ tubuh manusia.
  • Berat badan yang terus menurun tanpa diketahui sebab pastinya.
  • Sering merasa kehausan tanpa tahu penyebab pastinya karena tubuh kehilangan banyak cairan karena seringnya buang air kecil.
  • Warna kulit menjadi gelap terutama di bagian sekitar leher. Hal ini disebabkan karena insulin yang direspon oleh tubuh banyak menghasilkan pigmen.
  • Penglihatan melemah. Hal ini disebabkan karena glukosa dalam darah meningkat sehingga penglihatan sering tidak fokus.
  • Sering kelaparan (polifagia)
  • Jika terjadi luka pada tubuh, lama untuk mengering atau sembuh.
  • Fungsi saraf menurun

Penyebab Diabetes Penyebab diabetes tipe 1

Pada diabetes tipe 1, sistem imun anda yang normalnya berfungsi untuk melawan bakteri atau virus malah menyerang hormon insulin. Kondisi ini membuat anda kekurangan atau bahkan tidak memiliki insulin. Alih-alih dihantarkan ke dalam sel, gula akan menumpuk di dalam aliran darah.

Penyebab prediabetes dan diabetes tipe 2

Pada kondisi prediabetes – yang dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe 2 – dan penyakit diabetes tipe 2, sel menjadi resisten terhadap hormon insulin. Hal ini menyebabkan pankreas tidak mampu menghasilkan cukup insulin. Alih-alih mengalirkan ke dalam sel, gula akan menumpuk di dalam darah. Penyebab pastinya tidak diketahui meskipun kelebihan lemak dan perilaku pasif merupakan faktor penting.

Penyebab gestational diabetes

Saat kehamilan, plasenta memproduksi hormon untuk menopang kehamilan. Hormon ini membuat sel lebih resisten terhadap insulin. Seiring pembesaran plasenta pada tiga bulan kedua dan ketiga, maka hormon tersebut semakin banyak dihasilkan.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes adalah penyakit serius yang kasusnya meroket dalam beberapa tahun terakhir. Jutaan orang di dunia didiagnosis terjangkit penyakit diabetes karena gaya hidup tidak sehat dan kurang berolahraga. Sebelum terlambat, berikut adalah cara mencegah diabetes melitus :

  1. Mengetahui apa itu penyakit diabetes

Sebelum mengetahui cara mencegah penyakit diabetes melitus, sangat penting untuk mengetahui apa sebenarnya diabetes itu. Setelah Anda akrab dengan penyakit ini, Anda dapat memulai terapi pencegahan Anda dengan mudah.

  1. Mengurangi porsi makan

Mengurangi porsi makan salah satu cara mencegah diabetes melitus. Dengan Mengurangi porsi makan setiap hari bisa menjadi cara terbaik untuk pencegahan penyakit diabetes.

  1. Olahraga

Cara mencegah penyakit diabetes melitus dengan berolahraga setiap hari membantu menjaga berat badan yang sehat, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas Anda terhadap insulin. Jadi, berolahragalah setiap hari selama minimal 30 menit untuk menjaga tingkat gula darah dalam rentang normal.

  1. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan cara mencegah diabetes melitus. Berat badan berlebih dapat menjadi memperbesar risiko seseorang terkena diabetes. Jadi, pastikan bahwa Anda dapat menurunkan berat badan dan menjaganya tetap normal.

  1. Sarapan sangat penting

Sarapan sebagai cara mencegah diabetes melitus. Tidak peduli seberapa bencinya Anda pada sarapan, sangat penting untuk sarapan setiap hari. Hal itu membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Makan sarapan yang sehat tidak hanya membantu mengontrol nafsu makan, tetapi juga membantu mengontrol konsumsi kalori.

  1. Hindari makanan berlemak

Hindari makanan Junk food dan makanan yang biasa Anda beli di jalan umumnya tinggi lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Ini pada gilirannya juga dapat mempengaruhi tingkat gula darah dalam tubuh. Jadi, hindari junk food dan makanan berlemak lainnya.

  1. Hindari minuman manis

Soda, minuman ringan atau berperasa dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Semua minuman berpemanis merupakan sumber gula yang tak terlihat, yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*