Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

 

Penyakit Diabetes Dan PencegahannyaPenyakit diabetes merupakan penyakit kronis yang sering muncul dengan tanda ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin. Penyakit ini memiliki tanda awal berupa meningkatnya kadar gula yang ada di dalam darah, akibatnya ada gangguan system metabolism dalam tubuh. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan namun anda dapat mengatur kadar gula darah agar tetap terkontrol. Diabetes ini bisa terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan salah satu zat yang dihasilkan pankreas untuk dapat mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi suatu energy. Beberapa gejala yang umum dialami oleh penderita penyakit diabetes meliputi sering buang air kecil, anda sering merasakan haus dan juga lapar, serta badan anda terasa lemas dan juga ngantuk.

Gejala Penyakit Diabetes

Dibawah ini adalah beberapa gejala penyakit diabetes yang harus diwaspadai :

  • Penderita ingin buang air kecil terus-menerus. Biasanya dengan jumlah urin yang lebih banyak daripada orang normal.
  • Penderita cepat merasa lelah dan biasanya tidak mampu melakukan pekerjaan berat.
  • Badan lemah, lesu, serta tidak bersemangat, selalu merasa mengantuk dan ingin tidur.
  • Penderita kencing manis berat badannya turun drastis tanpa alasan yang jelas, padahal penderita tidak sedang berdiet.
  • Nafsu makan yang meningkat. Penderita gula darah mudah merasa lapar kapan saja.
  • Selalu merasa haus dan ingin minum air terus, seperti terkena dehidrasi.
  • Nyeri kesemutan pada tangan dan kakinya.
  • Penglihatan terganggu dan mulai rabun.
  • Permukaan kulit mudah terkena infeksi.
  • Ketika penderita diabetes mengalami luka di permukaan kulitnya, biasanya luka tersebut sangat sukar untuk disembuhkan.
  • Gatal-gatal pada permukaan kulit.
  • Gejala diabetes terakhir adalah terjadinya pembengkakan di kaki.

Beberapa penyebab penyakit diabetes melitus pada umumnya adalah :

Faktor Genetika

Pengaruh genetika atau keturunan adalah salah satu penyebab diabetes melitus, jika Anda memiliki orang tua yang menderita penyakit Diabetes mellitus sebaiknya anda mulai menjaga kesehatan anda segera checkup pada dokter. Jika memang anda sudah terdeteksi menderita penyakit diabetes melitus, anda harus segera rubah pola makan dan pola hidup anda menjadi lebih sehat. Atur makanan anda, jangan makan sembarangan dan biasakan olahraga dan juga sering cek ke dokter.

Banyak Konsumsi Karbohidrat Sederhana

Salah satu penyebab penyakit diabetes melitus lainnya adalah banyak mengkonsumsi karbohidrat. Makanan & minuman seperti sirup, air bersoda, roti dan cake memang sulit dihindari rasanya yang enak dan manis cenderung membuat kita untuk mengkonsumsinya lebih banyak. Padahal kita tidak tahu berapa banyak takaran gula yang terkandung di dalam makanan dan minuman tersebut. Karbohidrat sederhana itulah yang bisa membuat simpanan gula darah dalam tubuh kita berlebih.

Malas Bergerak

Gaya hidup pasif seperti kebiasaan duduk terlalu lama di depan televisi, komputer, memilih naik lift daripada naik tangga, dan jarang berolahraga bisa memicu timbulnya diabetes, penyebab diabetes melitus. Karena semakin sedikit bergerak, semakin sedikit pula kalori tubuh kita yang terbakar. Penelitian di Harvard  AS membuktikan jika kebiasaan menghabiskan banyak waktu di depan tv punya risiko menderita diabetes hingga 14 persen.

Kurang Tidur

Gaya hidup seperti pola & kualitas tidur yang tidak baik juga bisa memicu timbulnya diabetes, penyebab diabetes melitus. Penelitian menunjukkan, kurang tidur akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memetabolisme gula dengan benar, karena menurunkan kadar insulin dalam tubuh kita, penyebab diabetes melitus. Selain itu, masih ada efek buruk lainnya yang bisa kamu simak di sini (Akibat Kurang Tidur)

Kebiasaan Merokok

Penyebab diabetes melitus adalah kebiaasan merokok. Biasanya orang hanya tahu merokok hanya dapat membahayakan jantung, paru-paru, kehamilan dll. Namun, tanpa kamu sadari, merokok juga bisa merusak organ pankreas dan hati kamu. Padahal hormon insulin yang berkaitan langsung dengan diabetes ini diproduksi langsung di dalam kelenjar pankreas.

Obesitas

Penyebab diabetes melitus karena kelebihan berat badan. Hati – hati untuk anda yang memiliki berat badan lebih, jika anda terkena obesitas anda juga semakin mudah terserang penyakit diabetes mellitus. Kurangi berat badan anda dan mulai hidup sehat dengan makan yang sehat dan olahraga yang teratur, penyebab diabetes melitus.

Stress atau depresi

Penyebab penyakit diabetes mellitus tidak hanya disebabkan karena makanan gula saja. Faktor psikologis seperti stress pun menjadi salah satu penyebab diabetes melitus. Penelitian dari Harvard School of Public Health pun menyebutkan bahwa wanita yang depresi, presentase untuk terkena diabetes adalah 17 %.

Mencegah Penyakit Diabetes Melitus

Dari faktor-faktor penyebab diabetes melitus diatas kita dapat menyimpulkan bagaimana cara mencegah penyakit diabetes melitus tersebut atau meminimalisir resiko terkena penyakit diabetes melitus dengan cara menghindari faktor-faktor diatas serta memperbaiki pola hidup dan pola makan menjadi lebih sehat lagi agar dapat terhindar dari resiko terkena serangan diabetes melitus, bahkan untuk orang yang memiliki riwayat keluarga penderita penyakit diabetes melitus pun dapat terhindar dari resiko terkena serang diabetes melitus ini, asalkan dapat merubah dan memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat lagi serta rajin berolah raga.

Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*