Penyakit Diabetes Kering

Penyakit Diabetes Kering

Penyakit Diabetes Kering – Penyakit Diabetes Kering adalah ciri fisik yang juga terlihat dari seseorang penderita diabetes. Mengapa demikian disebut penyakit diabetes kering? Karena seorang penderita memiliki tubuh yang jauh lebih kurus dibandingkan sebelumnya. Tubuh yang menjadi kurus dikarenakan tubuh mengambil lemak untuk diolah menjadi tenaga, bukan kadar gula lagi. Walaupun kurus, penderita diabetes kering akan selalu merasa lapar dan tetap kurus walaupun sering makan banyak.

Penyakit diabetes kering merupakan penyakit yang cukup menonjol diantara penyakit-penyakit lain, seperti jantung dan pembuluh darah serta penyakiy kanker. Bahkan pasien penyakit diabetes kering kini mencapai 2.1% dari seluruh penduduk dunia (171 juta orang penderita penyakit diabetes kering pada tahun 2000 menurut WHO). Penyakit diabetes ini dikenal dengan penyakit kencing manis, penyakit gula, penyakit gula darah.

Penyakit ini bisa terjadi dikarenakan kadar gula darah dalam tubuh seseorang sehingga gula dalam darah tesebut tidak dapt digunakan oleh tubuh. Karbohidrat yang terdapat dalam makanan yang dimakan akan dirubah menjadi gula/glukosa dan diedarkan ke seluruh tubuh dan dijadikan energi dengan bantuan insulin.

Penyakit Diabetes Kering ini merupakan jenis Diabetes yang banyak di derita dikalangan masyarakat , masyarakat sering menamai Penyakit Diabetes Kering karena biasanya penderita penyakit diabetes kering ini mempunyai penampakan badan yang kurus dan kering , Sebenarnya pada istilah kedokteran tidak ada diabetes dengan jenis diabetes kering dan basah hanya saja pada istilah kedokteran diabetes terbagi pada 2 bagian yaitu Diabetes tipe 1 dan tipe 2 .

Penyakit Diabetes Kering

Penyakit Diabetes Kering

Penyebab diabetes kering

Salah satu penyebab penyakit diabetes kering ialah sebagai berikut :

  1. Pola makan yang tidak beraturan

Karena pola makan yang tidak beraturan seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung rasa manis secara berlebihan, makan makanan ringan terlalu banyak, soft dirink dan makanan lainnya.

  1. Obesitas

Orang yang mengalami obesitas akan lebih rentan timbulnya penyakit daibetes kering dalam tubuh.

  1. Faktor genetik atau faktor turunan :

Penyakit yang diturunkan orang tua kepada anaknya

  1. Obat-obatan kimia:

Obat-obatan berbahan kimia akan mengakibatkan terjadinya diabetes kering

  1. Pola Hidup

Pola hidup yang tidak sehat dapat memicu timbulnya diabetes kering seperti kurang tidur, badab tidak digerakan dan terlalu banyak duduk.

Gejala Penyakit Diabetes Kering

  1. Peningkatan rasa lapar, Hal ini terjadi akibat glukosa darah yang terus dibuang tanpa disalurkan ke sel-sel tubuh.
  2. Peningkatan rasa haus dan seringnya buang air kecil, Hal ini terjadi akibat pembuangan glukosa dan air ke dalam urin secara terus menerus tanpa melalui proses penyaringan yang normal (dehidrasi).
  3. Mulut kering akibat dehidrasi.
  4. Napas berbau buah, Hal ini terjadi akibat pembentukan keton (zat yang baunya menyerupai buah-buahan) sebagai hasil proses pembakaran lemak dengan aseton sebagai sumber energi.
  5. Penglihatan yang kabur, Hal ini terjadi akibat kadar gula darah yang tinggi yang membuat perubahan lensa mata.
  6. Pegal otot akibat dehidrasi.
  7. Sensitif, Hal ini karena fluktuasi gula darah yang membuat mood berubah-ubah.
  8. Gatal yang juga akibat kadar gula darah yang tinggi.
  9. Berat badan yang turun drastis akibat dehidrasi dan pembakaran lemak terus menerus.

PANTANGAN PENYAKIT DIABETES KERING

Penderita penyakit diabetes kering harus menghindari mengkonsumsi gula, makanan yang manis-manis,dan makanan yang banyak tepung.

Dianjurkan mengkonsumsi jus sayuran, seperti kobis, wortel, paprika, dan kacang panjang. Jika memungkan , dianjukan minum rebusan lidah buaya.

Hal-hal yang harus diketahui dan dilakukan penyandang penyakit diabetes kering pada saat sakit sebagai berikut :

Memeriksakan glukosa darah lebih sering dari biasanya. Jika perlu dan jika memungkinkan setiap 4 jam sekali.

Jika memungkinkan, tetap makan teratur.

Jika muncul mual dan muntah, dianjurkan mengkonsumsi makanan lunak dan cair dalam porsi kecil tetapi sering dengan jumlah kalori totalnya sama seperti biasa. Cobalah minum 400 cc cairan setiap satu jam, misalnya teh, jus buah, atau minuman soda diet.

Minum banyak cairan bebas kafein setiap jam untuk mencegah kekurangan cairan tubuh. Minum sedikit demi sedikit secara perlahan akan membantu jika terdapat rasa sakit dibagian lambung (ulu hati).

Periksa suhu tubuh empat kali sehari jika tubuh terasa lebih hangat dari pada biasanya.

Simpan daftar nomor telepon untuk menghubungi dokter, perawat, rumah sakit dan Ambulan.

Cari pertolongan medis jika penyakit tidak bisa diatasi atau bertambah parah.

Penyakit Diabetes Kering

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*