Penyakit Diabetes Keturunan

Penyakit Diabetes Keturunan

Penyakit Diabetes Keturunan

Penyakit Diabetes -Pada tubuh yang normal, asupan makanan yang mengandung karbohidrat yang dikonsumsi akan diubah menjadi glukosa oleh sistem pencernaan yang nantinya zat tersebut akan diangkut oleh darah untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Glukosa ini nantinya akan terserap oleh sel-sel tubuh lalu diproses menjadi sumber energi. Insulin merupakan sejenis hormon yang dihasilkan oleh organ pankreas yang berfungsi untuk membantu proses penyerapan glukosa dalam sel. Pada saat sel-sel tubuh tidak dapat merespon hormon insulin, maka glukosa akan sulit bahkan tidak bisa diserap oleh sel-sel tersebut yang pada akhirnya dapat terjadi penumpukan glukosa dalam darah, dan pada akhirnya glukosa tersebut akan dikeluarkan melalui urine.

Apakah diabetes merupakan penyakit keturunan ? Dengan sangat menyesal saya harus menjawab bahwa banyak ahli menyimpulkan diabetes memang ada hubungannya dengan faktor keturunan. Seseorang yang kedua orang tuanya menderita diabetes sudah hampir dipastikan juga akan menderita penyakit diabetes keturunan.

Namun demikian kita tidak perlu terlalu khawatir dan berkecil hati, sebab sebenarnya tidak terlalu sukar mengatasi penyakit diabetes keturunan asal kita mempunyai tekad dan disiplin yang kuat mengatur gaya hidup, terutama pola makan dan olah raga. Penyakit diabetes keturunan memang tidak dapat disembuhkan, dikatakan ”penyakit seumur hidup” (lifelong disease), namun gejala dan komplikasi yang ditimbulkannya dapat diminimalkan asal kita dapat mengelolanya dengan baik. Istilahnya, hidup damai bersama diabetes.

Untuk dapat hidup aman dan damai bersama penyakit diabetes, kita harus rajin dan disiplin mengatur pola diet dan olahraga, di samping rutin memeriksakan kadar gula darah kita serta disiplin makan obat sebagaimana yang ditentukan dokter, penyakit diabetes keturunan.

Diet perlu dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat (berbagai jenis gula dan tepung termasuk nasi, kentang, ubi, singkong dan lain sebagainya), mengurangi makanan berlemak (daging berlemak, kuning telur, keju, dan susu tinggi lemak) serta memperbanyak makan sayur dan buah sebagai sumber serat, vitamin dan mineral. Sebagai sumber protein kita dapat memanfaatkan ikan, ayam (terutama daging dada), tahu dan tempe.

Tips Mencegah Penyakit Diabetes Keturunan

  1. Mengontrol Kadar gula

Dengan melakukan pengontrolan secara berkala terhadap kadar gula darah, dapat membantu menurunkan resiko berkembangnya penyakit diabetes. Pada saat seseorang telah divonis dokter memiliki kadar gula darah yang melebihi batas normal yaitu 150 mg/dl, maka sebaiknya ia segera berusaha untuk menormalkan kembali kadar gulanya.

  1. Melakukan kegiatan fisik

Seperti penjelasan diatas tadi bahwa seseorang yang kurang gerak dapat memiliki resiko yang tinggi akan penyakit diabetes. Untuk itu, sebaiknya jangan ragu lagi untuk melakukan berbagai macam kegiatan fisik seperti berolahraga secara teratur. Karena dengan berolahraga, dapat melindungi tubuh dari gangguan obesitas, penyebab stress, serta dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

  1. Menjaga pola makan

Pola makan yang buruk, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang terlalu manis, mengkonsumsi junk food, maupun jenis-jenis makanan yang banyak mengandung lemak dan makanan yang mengandung kolesterol dapat meningkatkan resiko berkembangnya penyakit diabetes. Maka sebaiknya pilihlah jenis-jenis makanan yang bersumber dari bahan-bahan alami, mengandung gula yang sederhana, mengandung banyak serat, rendah lemak, serta rendah kolesterol untuk menjaga agar sistem pencernaan dalam tubuh dapat berfungsi dengan normal.

  1. Menghindari rokok maupun minuman beralkohol

Bahaya merokok dan mengkonsumsi alkohol dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan hormon insulin dalam menyebarkan glukosa ke seluruh organ. Hal inilah yang dapat meningkatkan resiko seseorang untuk memiliki diabetes.

  1. Mendapatkan istirahat yang cukup

Kebiasaan begadang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti pekerjaan yang menumpuk, atau hanya sekedar untuk memenuhi gaya hidup yang pada akhirnya akan mengakibatkan tubuh kurang mendapatkan istirahat. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan serta dapat menimbulkan stress yang pada akhirnya dapat meningkatkan resiko diabetes. Untuk itu, sebaiknya kita memberikan jeda waktu agar tubuh dapat beristirahat setelah melakukan aktivitas fisik seharian. Usahakan untuk memberikan tubuh waktu +/- 7 hingga 8 jam untuk beristirahat setiap harinya.

Penyakit Diabetes Keturunan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*