Penyebab Diabetes Gestasional

Penyebab Diabetes Gestasional

Penyebab Diabetes Gestasional -Diabetes Gestasional adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan peningkatan gula darah tinggi yang menetap sewaktu kehamilan pada wanita yang sebelumnya tidak menderita diabetes sebelum hamil. Pada orang normal, kadar gula darah diatur oleh suatu hormon, insulin, yang membuat glukosa di dalam aliran darah dapat masuk ke dalam sel. Namun, sewaktu hamil, tubuh wanita memproduksi lebih banyak hormon, seperti progesteron dan estrogen, yang menyebabkan tubuh menjadi resisten terhadap kerja dari insulin.

GEJALA DIABETES GESTASIONAL

Biasanya diabetes gestasional tidak menunjukkan gejala sama sekali. Jika memang ada, maka gejala tersebut sangat ringan dan sering dihubungkan dengan situasi alamiah selama kehamilan. Level gula darah/glukosa pun akan kembali normal setelah melahirkan.

Gejala yang mungkin timbul adalah:

  • Pandangan kabur
  • Kelelahan
  • Sering mengalami infeksi pada daerah luka, kulit dan juga vagina
  • Sering buang air kecil
  • Mual hingga muntah
  • Merasa kehausan
  • Berat badan menurun, walaupun nafsu makan meningka
Penyebab Diabetes Gestasional

Penyebab Diabetes Gestasional

Pada saat seorang wanita hamil, perubahan hormon-hormon dalam tubuhnya membuat kerja insulin menjadi tidak efektif. Karena kerja insulin membantu penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh tidak efektif, akibatnya jumlah glukosa dalam darah meningkat dan penyebab diabetes gestasional lainnya adalah :

Kerusakan pada sel pankreas

Penyebab diabetes karena kerusakan pada sel pankreas. Infeksi mikroorganisme dan virus pada pangkreas juga dapat menyebabkan radang pankreas yang otomatis akan menyebabkan fungsi pankreas turun sehingga tidak ada sekresi hormon-hormon untuk proses metabolisme yubuh termasuk insulin. Penyakit seperti kolesterol tinggi dan displidemia dapat meningkatkan risiko terkena diabetes militus.

Pola makan

Penyebab diabetes karena pola makan yang buruk. Mengkonsumsi makanan yang berlebihan yang berarti jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh jumlahnya berlebih. Apabila konsumsi makanan yang berlebihan tidak diimbangi oleh sekresi insulin dalam jumlah yang cukup akan menyeababkan kadar gula dalam darah meningkat.

Kegemukan

Sebenarnya DM bisa menjadi penyebab dan akibat. Sebagai penyebab dibetes, obesitas menyebabkan sel beta ( yang mengsekresi insulin dalam darah) pankreas penghasil insulin hipertropi yang pada gilirannya akan kelelahan dan jebol sehingga insulin menjadi berkurang produksinya. Sebagai akibat pengguna insulin sebagai terapi diabetes melitus belebihan menyebabkan penimbunan lemak subkutan yang berlebian pula.

Bahan kimia dan obat-obatan

Penyebab diabetes karena bahan kimia dan obat-obatan. Bahan kimia tertentu dapat mengiritasi pakreas sehingga menyebabkan radang pankreas. Peradangan pada pankreas menyebaban pankreas tidak berfungsi secara optimal dalam mensekresikan hormon yang diperlukan untuk metabolisme tubuh, termasuk hormon insulin.

Mengkonsumsi karbohidrat berlebihan

Penyebab diabetes karena karbohidrat yang berlebihan. Tingginya konsumsi karbohidrat menyebabkan konsentrasi glukosa dalam darah meningkat. Jika jumlah insulin yang diproduksi tidak disekresikan oleh sel-sel beta ( yang mengsekresi insulin dalam darah) pankreas akibat beberapa gangguan dalam tubuh, glukosa darah tidak diubah menjadi energi dan tidak dapat diubah dalam bentuk glikogen. Hal ini menyebabkan kadar glukosa dalam darah tinggi, (melewati batas kesanggupan ginjal untuk menyaring glukosa karena konsentrasinya terlalu tinggi), glukosa akan dikeluarkan melalui urin sehingga terjadi glukosaria (glukosa dalam urin = kencing manis)

Faktor keturunan

Penyebab diabetes karena faktor genetis. Diabetes melitus dapat diwariskan dari orang tua kepada anak. Gen penyebab diabetes melitus akan dibawa oleh anak jika orang tuanya menderita diabetes melitus. Pewaris gen ini dapat sampai ke cucunya bahkan cicit walaupun resikonya kecil. Secara klinis, penyakit DM awalnya didominasi oleh resistensi insulin yang disertai defect fungsi sekresi. Tetapi, pada tahap yang lebih lanjut hal itu didominasi defect fungsi sekresi yang disertai dengan resistensi insulin. Kaitannya dengan mutasi DNA mitokondria yaitu karena proses produksi hormon insulin sangat erat kaitannya dengan mekanisme proses oxidative phosphorylation (OXPHOS) di dalam penkreas.

Penyebab Diabetes Gestasional

Faktor Stres dan merokok

Penyebab diabetes karena stres dan merokok. Ketika dalam keadaan stres, hormon-hormon stres ditubuh akan meningkat hal ini juga akan memicu naiknya kadar gula di dalam darah. Sedangkan merokok dapat memperberat gangguan sirkulasi darah di daerah ujung-ujung tubuh misalnya jari kaki, sehingga denga merokok dapat mempercepat proses pembentukan gangren.

Itu beberapa faktor penyebab diabetes gestasional. Diabetes Gestasional memang mengkhawatirkan dan perlu ditanggapi dengan serius, tetapi bersama dengan dokter Anda dan ahli diet, Anda dapat mengontrol gula darah Anda dan memiliki kehamilan yang sehat.

Penyebab Diabetes Gestasional

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*