Penyebab Diabetes Melitus

Penyebab Diabetes Melitus

Penyebab Diabetes Melitus -Penyakit diabetes atau yang lebih dikenal masyarakat Indonesia sebagai penyakit gula ini adalah sebuah penyakit yang mempengaruhi orang dari segala usia, kelas atau bangsa. Insidensi diabetes telah menunjukkan rasio peningkatan yang mencemaskan pada saat ini. Gaya hidup yang berkecepatan tinggi dan penuh stress, nutrisi yang tidak tepat dan tidak cukupnya olahraga mempercepat perkembangan diabetes pada usia yang cukup dini. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab diabetes melitus dan mengetahui cara mengendalikan diabetes.

Diabetes atau gula darah yang tinggi adalah sebuah penyakit yang timbul jika terjadi kelainan pada fungsi-fungsi tubuh tertentu yang memanfaatkan karbohidrat, lemak dan protein dalam darah untuk memproduksi energi. Kekurangan suatu hormon yang disebut insulin atau kurangnya produksi insulin oleh pankreas menyebabkan penyakit diabetes muncul. Insulin mengatur kadar gula di dalam darah. Ketidak seimbangan pada jumlah insulin yang diproduksi dapat menyebabkan timbulnya diabetes.

Penyebab Diabetes Melitus

Apa Saja Penyebab Diabetes Melitus?

Penyebab diabetes melitus yang dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang menyebabkan gula darah tinggi (hiperglikemia) dapat disebabkan oleh :

1. Malas bergerak penyebab diabetes melitus

Gaya hidup pasif seperti kebiasaan duduk terlalu lama di depan televisi, komputer, memilih naik lift daripada naik tangga, dan jarang berolahraga merupakan penyebab diabetes melitus yang bisa memicu timbulnya diabetes. Karena semakin sedikit bergerak, semakin sedikit pula kalori tubuh kita yang terbakar. Penelitian di Harvard AS membuktikan jika kebiasaan menghabiskan banyak waktu di depan tv punya risiko menderita diabetes hingga 14 persen.

2. Sering makan-makanan yang di goreng atau gorengan

Makanan yang digoreng atau gorengan yang kita makan merupakan salah satu penyebab diabetes melitus. Ditambah apabila memiliki riwayat diabetes. Gula di dalam darah akan semakin terikat dengan minyak makanan. Minyak yang berubah menjadi lemak ini akan menghambat jalannya darah dan tentunya akan semakin meningkatkan laju gula darah terus meningkat.

3. Kurang Tidur

Penyebab diabetes melitus yaitu kurang tidur. Gaya hidup seperti pola & kualitas tidur yang tidak baik juga bisa memicu timbulnya diabetes. Penelitian menunjukkan, kurang tidur akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memetabolisme gula dengan benar, karena menurunkan kadar insulin dalam tubuh kita. Selain itu, masih ada efek buruk lainnya yang bisa kamu simak di sini .

4. Stres

Penyebab diabetes mellitus tidak hanya disebabkan karena makanan gula saja. Faktor psikologis seperti stress pun menjadi salah satu penyebab diabetes. Penelitian dari Harvard School of Public Health pun menyebutkan bahwa wanita yang depresi, presentase untuk terkena diabetes adalah 17 %.

5. Sering mengonsumsi makanan manis

Saat ini banyak sekali produk-produk makanan yang dijual dengan menggunakan bahan pengawet dan pemanis buatan. Ketika seseorang memiliki hobi ngemil makan-makanan yang bersifat manis. Tak menutup kemungkinan memiliki risiko terhadap penyakit diabetes. Di samping itu juga kadar lemak dalam darah pun meningkat.

6. Faktor Genetika

Pengaruh genetika atau keturunan, jika anda memiliki orang tua yang menderita penyakit Diabetes mellitus sebaiknya anda mulai menjaga kesehatan anda segera checkup pada dokter. Jika memang anda sudah terdeteksi menderita penyakit diabetes mellitus, anda harus segera rubah pola makan dan pola hidup anda menjadi lebih sehat. Atur makanan anda, jangan makan sembarangan dan biasakan olahraga dan juga sering cek ke dokter.

7. Obesitas

Penyebab diabetes melitus karena kelebihan berat badan. Hati – hati untuk anda yang memiliki berat badan lebih, jika anda terkena obesitas anda juga semakin mudah terserang penyakit diabetes mellitus. Kurangi berat badan anda dan mulai hidup sehat dengan makan yang sehat dan olahraga yang teratur.

Penyebab Diabetes Melitus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*