Penyebab Diabetes Tipe 2

Penyebab Diabetes Tipe 2

Penyebab Diabetes Tipe 2

Penyebab Diabetes Tipe 2 – Diabetes merupakan jenis penyakit serius di mana kadar gula darah tinggi adalah sebagai penandanya dan penyakit ini termasuk penyakit jangka panjang yang sulit untuk disembuhkan secara total. Dua jenis utama dari diabetes adalah diabetes tipe 1 dan 2, namun yang paling umum diderita oleh masyarakat Indonesia adalah yang tipe 2 dan bisa dibilang presentasenya adalah 80%. Resistensi terhadap insulin adalah yang dialami pada diabetes tipe 2 ini dikarenakan adanya produksi insulin dalam tubuh yang menurun maka menyebabkan fungsi menjadi tak maksimal.

Kepekaan tubuh terhadap insulin juga berkurang karena hal tersebut. Kalau diabetes tipe 1 akan diderita oleh anak-anak atau dari usia yang sangat muda, diabetes tipe 2 ini justru diidap lebih banyak oleh orang-orang yang usianya bahkan sudah lebih dari 40 tahun walaupun kini banyak juga yang masih muda. – Penyebab Diabetes Tipe 2

Gaya hidup yang kurang baik tentu menjadi salah satu pemicunya dan etnis Asialah yang lebih sering mengalami diabetes tipe 2 jika Anda membandingkannya dengan etnis lain.

Hormon kita sebut dengan insulin sebenarnya diproduksi oleh organ pankreas kita dan inilah bagian yang membuat glukosa diubah oleh sel-sel dari makanan yang kita konsumsi sehingga bisa menjadi energi. Untuk penderita diabetes tipe 2, insulin masih bisa dihasilkan, tidak seperti diabetes tipe 1 yang sudah sulit untuk memroduksi insulin; hanya saja, sel-sel tubuh tak dapat menggunakan sesuai dengan yang seharusnya. Inilah kondisi yang dinamakan resistensi insulin oleh para dokter. – Penyebab Diabetes Tipe 2

 

Penyebab Diabetes Tipe 2

Pada dasarnya, ada insulin lebih yang diproduksi oleh pankreas untuk supaya sel-sel bisa mengubah glukosa, namun karena sel-sel tersebut tak dapat berfungsi atau bekerja seperti biasanya, akhirnya tak bisa mengikuti lagi. Hasilnya, gula pun mengalami penumpukan di dalam darah dan berikut ini adalah Penyebab Diabetes Tipe 2, diantaranya :

  1. Kegemukan. Kegemukan memang menjadi pemicuPenyebab Diabetes Tipe 2 banyak penyakit serius, tak hanya penyakit jantung, kolesterol tinggi, darah tinggi, atau bahkan stroke. Penyebab Diabetes Tipe 2 juga bisa berawal dari berat badan berlebih yang menyebabkan adanya resistansi insulin. Kini bahkan penyakit ini tengah mengincar mereka yang masih muda (anak dan remaja), tidak hanya orang dewasa yang mengalami obesitas.
  2. Gen. Para ilmuwan rupanya sudah melakukan penelitian soal ini di mana ditemukan bahwa potongan-potongan berbeda dari DNA bisa memengaruhi bagaimana tubuh Anda bisa menghasilkan insulin.
  3. Komunikasi buruk antar sel. Sel-sel inilah yang menjadi masalah sebab terkadang sinyal yang dikirimkan bahkan tidak benar dan sel pun tak menerima pesan secara salah. Penyebab Diabetes Tipe 2 juga disebabkan oleh adanya masalah ini karena sel-sel akan dipengaruhi akan produksi dan penggunaan insulin maupun glukosa.
  4. Sindrom metabolik. Penyebab Diabetes Tipe 2 juga karena resistensi insulin yang dialami oleh orang-orang akan membuat penderitanya mempunyai kondisi gula darah tinggi, bagian pinggang yang memiliki ekstra lemak, trigliserida dan kolesterol tinggi, begitu juga dengan tekanan darah tinggi.
  5. Kerusakan sel beta. Apabila jumlah yang dikirimkan oleh sel-sel pembuat insulin salah dan juga bukan di waktu yang tepat, maka ini sama saja dengan proses pembuangan gula darah. Sel-sel akan menjadi rusak akibat dari gula darah yang berkadar tinggi dan akan menjadi Penyebab Diabetes Tipe 2.
  6. Glukosa terlalu banyak yang berasal dari liver. Penyebab Diabetes Tipe 2 juga bisa terjadi karena gula darah Anda rendah, glukosa akan diproduksi dan dikirim, dan saat Anda selesai makan, organ hati akan menjadi melambat sewaktu gula darah meningkat dan glukosa pun akan disimpan untuk kemudian. Itu yang seharusnya, namun pada beberapa orang hati tidak berfungsi seperti yang seharusnya.
  7. Faktor usia. Usia juga bisa menjadi Penyebab Diabetes Tipe 2 dan ini masih ada hubungannya dengan bertambah gemuknya badan dan semakin jarangnya aktivitas fisik yang dilakukan. Seperti yang sudah disebutkan, orang-orang dengan usia lebih dari 40 tahun akan lebih berisiko menderita diabetes tipe 2 walau kini penyakit diabetes tak pandang umur targetnya.
  8. Faktor etnis. Penyebab Diabetes Tipe 2 rupanya malah lebih sering terjadi pada orang-orang yang beretnis Asia. Bahkan penyakit jantung juga dihubung-hubungkan dan disebut-sebut sebagai risiko komplikasi dari diabetes tipe 2. Penyakit jantung pun sama di mana orang-orang beretnis Asialah yang lebih banyak terserang bahkan di usia yang tergolong muda.
  9. Faktor keturunan. Faktor Penyebab Diabetes Tipe 2 yang utama adalah faktor keturunan. Artinya, jika Anda mempunyai anggota keluarga dengan penyakit diabetes, otomatis risiko Anda untuk terkena penyakit tersebut semakin tinggi, khususnya jika yang pernah menderita adalah saudara kandung, ibu atau ayah yang merupakan keluarga inti. Anak-anak yang ibu atau ayahnya Penyebab Diabetes Tipe 2menderita diabetes tipe ini pun juga akan berisiko terserang diabetes sepertiga lebih tinggi.
  10. Jarang berolahraga. Obesitas atau bahkan kebiasaan makan terlalu banyak bila tak diimbangi dengan olahraga akan bisa menjadi Penyebab Diabetes Tipe 2.

 

Penyebab Diabetes Tipe 2 lainnya yaitu :

  1. Kebiasaan merokok
  2. Tidur terlalu sering atau kurang tidur
  3. Mengalami stres

 

Itulah beberapa Penyebab Diabetes Tipe 2, semoga dengan membaca apasaja penyebab dari diabetes tipe 2 kita menjadi tau dan bisa mencegah sebelum terlambat. 🙂

 

 

Penyebab Diabetes Tipe 2

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*