Penyebab Diabetes Turunan

Penyebab Diabetes Turunan

Penyebab Diabetes Turunan

Penyebab Diabetes Turunan – Seseorang yang memiliki riwayat keluarga pengidap diabetes, dapat beresiko lebih tinggi untuk terkena diabetes penyakit keterunan, baik itu diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2. Namun tak semua anak yang memiliki orangtua dengan diabetes, akan mengembangkan penyakit yang sama dikemudian hari. Hal ini sangat tergantung pada faktor lain yang tak kalah penting yaitu faktor lingkungan serta kebiasaan gaya hidup yang kita jalani.

Meskipun seseorang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes, akan tetapi ia bisa menerapkan pola hidup yang dapat mencegah perkembangan penyakit ini. Maka kemungkinan besar orang tersebut tidak akan mengalami diabetes. Penyebab Diabetes Turunan tersebut diantaranya adalah:

 

  1. Berat badan

Penyebab Diabetes Turunan dapat terjadi pada orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas). Untuk itu, sebaiknya orang-orang yang beresiko terkena penyakit membahayakan ini selalu menjaga berat badannya agar tetap ideal. Hal ini dapat dilakukan dengan olah raga secara rutin, maupun mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, maupun biji-bijian.   – Penyebab Diabetes Turunan

 

  1. Pola makan

Faktor ini juga sangat berpengaruh padaPenyebab Diabetes Turunan besarnya risiko Penyebab Diabetes Turunan. Dimana seseorang yang rajin mengkonsumsi makanan maupun minuman yang terlalu manis, mengandung banyak lemak, serta kolesterol dapat beresiko lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes.

 

  1. Istirahat

Seseorang yang memiliki frekuensi dan kualitas istirahat yang buruk juga dapat mengembangkan risiko Penyebab Diabetes Turunan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya istirahat dapat mempengaruhi atau meningkatkan nafsu makan seseorang, sehingga pada akhirnya dapat menimbulkan bahaya obesitas.   – Penyebab Diabetes Turunan

 

  1. Stres

Stress yang berlebihan akan menimbulkan dampak terjadinya obesitas maupun tekanan darah tinggi (hipertensi) yang memicu peningkatan resiko Penyebab Diabetes Turunan. Dengan mendapatkan istirahat yang cukup, berolahraga, maupun melakukan refresing dapat membantu terhindar dari gangguan stress.

 

  1. Gerakan fisik

Seseorang yang kurang gerak dapat meningkatkan resiko Penyebab Diabetes TurunanPenyebab Diabetes Turunan. Karena kurang gerak dapat menyebabkan terjadinya obesitas, maupun tidak lancarnya peredaran darah dalam tubuh yang pada akhirnya dapat memicu stress maupun hipertensi. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk meluangkan waktu disela-sela kesibukan untuk melakukan latihan (olah raga) seperti aerobik, senam, jogging, berenang, maupun olah raga lainnya yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan jumlah maupun aktivitas insulin dalam tubuh.

 

Faktor Eksternal Penyebab Diabetes Turunan

Dalam sebuah buku yang berjudul “The Genetic Landscape of Diabetes”, para peneliti telah mengungkapkan hubungan faktor genetik sebagai salah satu Penyebab Diabetes Turunan. Dalam buku tersebut diungkapkan bahwa selain pemicu eksternal seperti diet dan infeksi, faktor keturunan juga memegang peranan dalam perkembangan diabetes.

 

  1. Faktor Resiko Penyebab Diabetes Turunan Tipe 1

Dalam tubuh manusia terdapat gen yang dinamakan gen HLA  yang mengodekan molekul yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Molekul-molekul ini bertindak sebagai rantai kecil asam amino pada permukaan sel. Ketika sel-sel kekebalan menemukan rantai yang tidak pantas, maka mereka akan mulai menyerangnya. Tanpa gen HLA, sel-sel kekebalan tubuh tidak akan menemukan rantai virus, bakteri, atau sel-sel tumor. Di sisi lain, dengan mewarisi jenis tertentu dari gen HLA dapat meningkatkan kemungkinan bahwa sel-sel kekebalan akan menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Ini adalah bagaimana IDDM1 berkontribusi terhadap serangan kekebalan sel beta sehingga tercipta diabetes tipe 1 (diabetes kering).

 

  1. Faktor Resiko Penyebab Diabetes Turunan Tipe 2

Jenis diabetes tipe ini bisa terjadi pada kalangan usia berapapun. Faktor lingkungan seperti asupan makanan dan olahraga memainkan peran penting dalam pengembangan penyakit ini. Mayoritas individu dengan diabetes tipe 2 memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Faktor diabetes penyakit keturunan juga memegang peranan penting dalam kasus ini, yaitu dengan keterlibatan beberapa gen yang didefinisikan dapat memperburuk kondisi.

Mutasi yang terjadi dari satu gen dapat mengakibatkan penyakit. Dan pada diabetes tipe 2 (diabetes basah), diduga banyak sekali gen yang terlibat. Salah satu metode yang digunakan untuk menemukan hubungan antara gen dengan kerentanan diabetes adalah dengan studi yang menghubungkan seluruh genom dari anggota keluarga yang terkena. Sampai saat ini hanya dua gen yaitu calpain 10 (CAPN10) dan hepatosit faktor nuklir 4 alpha (HNF4A) yang telah diidentifikasi dengan metode ini.

 

 

 

Penyebab Diabetes Turunan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*