Penyebab Diabetes, Apakah Itu ?

Penyebab Diabetes, Apakah Itu ?

    

Penyebab Diabetes – Diabetes mellitus adalah kumpulan gejala penyakit yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat penurunan sekresi insulin yang dapat dilatar belakangi oleh kerusakan sel beta pankreas dan resistensi insulin.

Apabila hormon insulin yang dihasilkan oleh sel beta pankreas tidak mencukupi untuk mengubah glukosa menjadi sumber energi bagi sel, maka glukosa tersebut akan tetap berada dalam darah dan kadar glukosa dalam darah akan meningkat sehingga timbullah penyakit yang dinamakan dengan diabetes mellitus (DM) atau penyakit kencing manis.

Penyebab diabetes melitus biasanya karena hasil insuli tidak cukup untuk mengakomodasi kadar gula dan sel-sel tubuh tidak merespon insulin. Dan ini biasanya terjadi karena kandungan lemak yang besar dalam tubuh tidak sempurna karena kurangnya aktivitas setiap hari. Dibawah ini adalah penyebab diabetes berdasarkan tipe – tipe diabetes :

Penyebab diabetes tipe 1

Pada diabetes tipe 1, sistem imun anda yang normalnya berfungsi untuk melawan bakteri atau virus malah menyerang hormon insulin. Kondisi ini membuat anda kekurangan atau bahkan tidak memiliki insulin.

Penyebab diabetes tipe 2

Sel menjadi resisten terhadap hormon insulin. Hal ini menyebabkan pankreas tidak mampu menghasilkan cukup insulin. Alih-alih mengalirkan ke dalam sel, gula akan menumpuk di dalam darah. Penyebab pastinya tidak diketahui meskipun kelebihan lemak dan perilaku pasif merupakan faktor penting.
Penyebab gestational diabetes

Penyebab  Diabetes, Apakah Itu ?

Penyebab Diabetes, Apakah Itu ?

Penyebab Diabetes, Apakah Itu ?

Anda pasti tahu jika tingkat kejadian diabetes selalu meningkat di seluruh dunia setiap tahunnya, termasuk juga Indonesia. Selain faktor genetik, tanpa kita sadari, kebiasaan buruk sehari-hari bisa menjadi penyebab diabetes mellitus. Agar kita bisa terhindar, ada baiknya anda mengenal dan mewaspadai penyebab diabetes. Dibawah ini beberapa penyebab diabetes lain yang umum terjadi :

  1. Malas bergerak

Gaya hidup pasif seperti kebiasaan duduk terlalu lama di depan televisi, komputer, memilih naik lift daripada naik tangga, dan jarang berolahraga bisa memicu timbulnya diabetes. Karena semakin sedikit bergerak, semakin sedikit pula kalori tubuh kita yang terbakar. Harvard  AS membuktikan jika kebiasaan menghabiskan banyak waktu di depan tv punya risiko menderita diabetes hingga 14 persen.

2. Banyak konsumsi karbohidrat sederhana

Makanan & minuman seperti sirup, air bersoda, roti dan cake memang sulit dihindari. Rasanya yang enak dan manis cenderung membuat kita untuk mengkonsumsinya lebih banyak. Padahal kita tidak tahu berapa banyak takaran gula yang terkandung di dalam makanan dan minuman tersebut. Karbohidrat sederhana itulah yang bisa membuat simpanan gula darah dalam tubuh kita berlebih.

3. Kurang Tidur

Gaya hidup seperti pola & kualitas tidur yang tidak baik juga bisa memicu timbulnya diabetes. Penelitian menunjukkan, kurang tidur akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memetabolisme gula dengan benar, karena menurunkan kadar insulin dalam tubuh kita.

4. Kebiasaan Merokok

Biasanya orang hanya tahu merokok hanya dapat membahayakan jantung, paru-paru, kehamilan dll. Namun, tanpa kamu sadari, merokok juga bisa merusak organ pankreas dan hati kamu. Padahal hormon insulin yang berkaitan langsung dengan diabetes ini diproduksi langsung di dalam kelenjar pankreas.

5. Stress atau depresi

Penyebab diabetes mellitus tidak hanya disebabkan karena makanan gula saja. Faktor psikologis seperti stress pun menjadi salah satu penyebabnya. Penelitian dari Harvard School of Public Health pun menyebutkan bahwa wanita yang depresi, presentase untuk terkena diabetes adalah 17 %.

6. Kurangnya insulin karena virus atau faktor gizi pada saat anak-anak tidak memadai.

7. Terjadinya obesitas

8. Tingginya kadar kortikosteroid

9. Adanya kehamilan yang membuat kurangnya kadar insulin dalam darah

10. Tubuh racun yang mempengaruhi kinerja insulin

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Angka triglycerid (salah satu jenis molekul lemak) yang tinggi
  3. Level kolesterol yang tinggi
  4. Kerusakan pada sel pankreas

Setelah tahu apa saja penyebab diabetes, anda juga jangan pernah ragu untuk rutin berolahraga seperti mengkonsumsi makanan sehat dan berserat. Jika tubuh sehat, kita sendiri kan yang akan merasakannya.

Terimakasih telah membaca artikel mengenai penyebab diabetes. Semoga artikel mengenai penyebab diabetes diatas dapat menambah pengetahuan anda mengenai penyakit diabetes dan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Penyebab Diabetes, Apakah Itu ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*