SAMBILOTO OBAT DIABETES

SAMBILOTO OBAT DIABETES

Sambiloto obat diabetes

SAMBILOTO OBAT DIABETES -Daun sambiloto memiliki beberapa kandungan baik didalamnya seperti laktone, andrographolide, deoxy-andrographolide, 14-deoxy-11, neoandrographolide, 12-didehydroandrographolide dan homoandrographolide, serta kandungan flavonois, alkane, ketone dan aldehyde.
Manfaat Dan Khasiat Daun Sambiloto Obat Diabetes
Daun Sambiloto adalah deretan tanaman yang mengantongi khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh , tanaman ini sebenarnya sudah banyak di manfaatkan untuk mengobati penyakit pada tubuh kita , dan sudah banyak di konsumsi dan diproduksi sebagai obat jamu tradisional / jamu gendong , pada jamu gendong tanaman sambiloto sudah merupakan hal utama untuk pembuatan jamu tradisional dan sangat diandalkan untuk mengobati / menjawab keluhan penyakit yang pasien keluhkan kepada dokter jamu gendong .
Tanaman Sambiloto sangat membantu sebagai obat herbal utama yang bisa diandalkan untuk membasmi penyakit dalam tubuh kita , dengan tanaman herbal ini sangat meminimalkan efek samping yang terjadi pada tubuh , saat mengkonsumsi dan mengobati , dan bahkan survey membuktikan tanaman herbal ini dapat dikonsumsi setiap hari , karena khasiat dari tanaman herbal ini di percaya bisa membantu dan membasmi penyakit yang sangat menakutkan di tubuh kita , contoh penyakit yang selalui menghantui kita adalah Diabetes. Sebagai salah satu obat herbal tanaman ini bisa dikonsumsi dalam jangka panjang , dibanding dengan obat kimia yang nantinya berefek Samping pada organ tubuh lainnya.
Kandungan Zat Aktif Daun Sambiloto : Andrographolide, glukosida diterpen
Mekanisme Kerja : Andrographolide merupakan zat aktif utama dalam sambiloto yang berfungsi untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah.
Hasil Penelitian Daun Sambiloto :
Menurut penelitian Munawara dkk dari Fakultas Farmasi UGM tahun 2004 bahwa rebusan daun sambiloto mampu menurunkan kadar glukosa darah tikus jantan.
Soedigdo dkk, ITB melalui percobaannya pada kelici menyatakan bahwa andrographolide dalam ekstrak sambiloto terbukti mempunyai efek hipoglikemik (menurunkan kadar gula dalam darah).
Minggawati, tahun 1990, Fakultas Farmasi, Universitas Widya Mandala, melalui percobaannya menyatakan bahwa campuran ekstrak sambiloto : kumis kucing = 7 : 3 yang diberikan secara oral mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Kencing manis (Diabetes mellitus) merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi nilai normal, akibat tubuh kekurangan insulin baik absolut maupun relatif.

Berikut cara meracik daun sambiloto :
Daun Sambiloto – Sebagai obat diabetes, ambil sambiloto sebanyak kira-kira 5 gram daun segar, seduh dengan 1 gelas air panas (matang), setelah dingin lalu disaring. Hasil saringan kemudian diminum sehari 2 kali sama banyak, pagi dan sore setelah makan.

Berikut Juga Berbagai Tanaman Yang Memiliki Khasiat Sebagai obat tradisional diabetes melitus, diantaranya :
1. Gandum dan oatmeal : setengah cangkir oatmeal, menambah serat larut sebanyak 3 gram, dan 1 cangkir oatmeal masak mengandung 2gr serat larut, 1 saset oatmeal instan menambah 1gr serat.
2. Beberapa jenis buah : Apel, mangga, prem, kiwi, pir, beri hitam, strawberry, rasberri, persik, aprikot, jeruk, anggur. Merupakan buah-buahan yang kaya akan serat, dan sangat membantu penderita diabetes.
3. Produk biji Psilium : Satu sendok teh penuh sebagian besar produk psilium akan memberikan sekitar 3 gram serat larut.
4. Buncis : setengah kacang merah rebus, kacang kranberi, butterbean, kacang panggang kaleng, kacang hitam, kacang navy, lentil, kacang pinto. kacang great northern, kacang polong, kacang belah, dan kacang lima.
5. Gandum Hitam : Gandum jenis ini biasanya ada di wilayah Amerika, dan biasanya di masak sebagai sup.
Beberapa jenis sayuran : Articok, umbi seledri, ubi, par-snip, lobak china, labu acorn, kentang, kubis brussel, kubis, kacang polong, brokoli, wortel, kacang hijau prancis, kembang kol, asparagus, but.
Selain itu Tanaman herbal Sambiloto juga mengantongi berbagai khaisiat, Kashiat lain dari tanaman herbal Sambiloto dapat membantu menyembuhkan : Disentri basiler, diare, Disentri Herba krokot segar (Portulaca oleracea), Influenza, Sakit K epala, Demam, Batuk Rejan (pertusis), Radang paru, radang mulut, Hidung Berlendir (rinorea),Infeksi Telinga Tengah (OMA), Kencing manis,Tifus,Radang tenggorokan, Obat malaria
Sambiloto adalah deretan dari sekian tanaman herbal yang harus di manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit dari tubuh kita. Sekian artikel mengenai Sambiloto Obat Diabetes. Semoga artikel Sambiloto Obat Diabetes ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

SAMBILOTO OBAT DIABETES

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*